Sering gak sih liat temen atau malah kamu sendiri yang suka minta ini minta itu gratisan ke temen, minta oleh-oleh lah minta traktir lah dan segala macam budaya minta-minta yang konon katanya hanya sekedar basa-basi. Basa-basi kamu emang basi banget ya. Coba deh dipikirkan kembali kebiasaan ini sambil menimbang betapa repotnya orang yang anda minta-mintai sesuai keinginan kamu itu. Nah apabila ditelisik lebih dalam dan kita kaji ulang inilah beberapa akibat dari budaya minta-minta itu. 

 

1. Minta Oleh-oleh

oleh-oleh bikin beban

oleh-oleh bikin beban via https://www.facebook.com

Bagi kalian yang suka asal nyeplos minta oleh-oleh pas temen lagi liburan ke luar kota atau ke luar negeri dengan alasan basa-basi itu ga patut dilakukan lagi guys. Karena temen kamu bisa aja kepikiran dan gak tenang buat liburan, buat temen yang cuek-cuek aja ya mungkin gak akan kepikiran.

yang minta oleh-oleh juga seharusnya memikirkan dahulu apakah temanmu memang memiliki cukup uang? Atau malah temen kamu cuma punya waktu terbatas di sana dan sudah cukup repot untuk mengatur jadwal liburannya. Atau malah dia juga sudah repot karena membelikan oleh-oleh untuk keluarganya. Jadi dari pada membebani temen, lebih baik kita menawarkan bantuan kendaraan ke bandara, atau mencarikan tiket murah serta hal-hal yang memudahkan teman kita dalam melakukan persiapan sebelum pemberangkatan.

2. Minta Harga Sahabat Ke Temen Yang Jualan

minta gratis

minta gratis via https://www.facebook.com

Temen kamu jualan dan kamu malah minta harga temen? Jualan pulsa harga 7rebu dan kamu minta harga 3rebu dan kadang juga kamu pura-pura lupa ingatan dan gak bayar. Hayo siapa yang sering gini? Apa lagi kalo yang dia jual bentuknya karyanya dia sendiri, misal dia jual lukisan dan kamu beli dengan maksa-maksa minta harga teman, kalo gak dikasih malah dibilang pelit. Minta buku gratisan mentang-mentang temen kamu penulis, temen kamu punya clothing

Kamu : bisa kali nih gue di endorse

Temen : (dalam hati) emang lo udah ngartis di instagram yang punya followers bejibun minta endorse-endorsan.

Please deh guys justru kalo kamu "teman" kamu akan hargai dia lebih dari orang lain dong. Dari pada kamu numpukin utang yang mulai bejibun di lapak dagangan temenmu, lebih baik kamu ikut promosiin dagangannya biar lebih laku. Bantuin temen kan pahala, apa lagi nanti kalo udah laris manis dengan iklas dia pasti bakal ngasih gratis dagangannya mengingat kamu udah bantuin dia.

Friends will ask for discount prices, true friends will pay full price, to support you, your time and your work.

3. Yang Ulang Tahun Siapa Yang Minta Traktir Siapa

minta traktir

minta traktir via http://www.nyunyu.com

Ulang tahun beli kue sendiri, tiup lilin sendiri

Siangnya ditagih traktiran sekampung

Dengan budaya yang ada sekarang, ulangtahun bukan menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu lagi, tapi berubah menjadi hari yang sangat horor bahkan melebihi horornya malam jumat kliwon. Ya jelas sebelum ulangtahun kamu mesti nyisihin uang mulai mikir siapa aja yang ditraktir, yang ulangtahun malah beban.

Seharusnya kan kalian kalau ngaku "temenan" patungan buat beli kue, yang ulangtahun jadi gak beban malah bahagia. Harga kue juga gak seberapa kan dari pada patungan buat beli tepung, telor, terasi, kopi, dan hal-hal ga jelas lainnya. Patungan cuma buat ngerjain, udah gitu minta traktir pula, yang ulang tahun tinggal ngelus dada aja tu.

4. Minta Traktir Pas Temen Gajian

abis gajian

abis gajian via https://www.facebook.com

Masih kuliah tapi punya temen yang udah kerja sambil kuliah. Nah ada nih temen yang tukang minta-minta makan gratisan kalo lagi tanggal muda. Pokoknya tau aja dimana bau-bau temen yang lagi gajian, minta deh traktiran, dengan rayuan dan kesan yang seakan membanggakan 

cieee tanggal muda cieee udah gajian, traktir dong bos

padahal loh guys di balik kata-kata kalian yang suka minta traktiran dan melihat uang yang bergelimangan setelah gajian itu justru ada hutang yang membelit. Kalian kan gak tau entah temen kalian itu harus bayar cicilan motor cicilan kost-lostan, beli makan minum, belum lagi pulsa kuota, mereka udah capek-capek kerja, capek ngatur waktu kuliah, abis gajian mikir hutang dan kamu dateng-dateng minta traktiran? Hellaawww.

5. Apalagi Kalo Temen Punya Acara

minta gratisan mulu

minta gratisan mulu via https://www.facebook.com

Ketika ada temen yang jadi panitia pensi yang udah susah payah ngundang band-band tanah air dan kamu malah bilang

Kerja keras lo berhasil juga ye.. Bangga gue sama lo. Gue pasti dateng ke pensi sekolah lo. Sisain free pass satu yah. Plis plis

Kamu sadar gak sih dia jadi panitia itu susah payah, kejar target waktu, belum lagi handle orang sana-sini, meeting sampe malem biar acaranya bagus bikin orang tertarik buat dateng dan beli tiketnya. Kamu yang gak ngapa-ngapain cuma modal temen doang gak malu bilang kaya gitu? Mikir gak sih kalo kamu notabennya temen baiknya dia? Dia pasti dilema tuh, mau ngasih tapi gak iklas gak dikasih takut kamunya gak dianggap spesial, jadi mulai sekarang stop budaya minta-minta gratisan ke temen, dan ambil langkah bijak untuk menghargai semua usaha yang udah temen kamu lakuin.