Di era serba modern seperti sekarang ini, kegiatan mendaki tidak lagi hanya didominasi oleh kaum pria, tetapi juga wanita. Kegiatan mendaki ini tentu juga membutuhkan beberapa peralatan penting yang wajib dibawa demi menjaga keselamatan kamu ya, ladies. 

Selain seperangkat tas Carrier, sleeping bag dan yang kita bawa dipunggung, berikut list benda-benda yang penting buat kamu bawa selama mendaki. 

1. Jas Hujan

Benda satu ini mahapenting ya ladies. Mengapa? Karena setiap perjalanan pendakian kita tidak bisa menebak apakah selama pendakian kita akan diguyur hujan atau tidak. Salah-salah terlalu senang ingin mendaki, lupa membawa jas hujan, malah jadinya sakit.

2. Kompas Untuk Membantu Menemukan Jodoh, Eh Arah.

Penting bagi kita mengetahui rute yang harus kita lewati itu bagaimana. Kamu bisa menanyakan pada teman yang pernah mendaki untuk menggambarkan denah pendakian serta untuk mengetahui dimana letak pos-pos penting sebagai tempat untuk beristirahat. Dan jangan lupa belajar membaca kompas agar kamu tidak buta arah selama melakukan pendakian.

3. Obat-obatan Pribadi

Advertisement

Tidak perlu banyak, tapi bawalah obat yang biasa menjadi obat andalanmu saat kamu sakit. Bawa juga obat anti alergimu agar tidak merepotkan orang lain jika tiba-tiba kamu terserang alergi. Sediakan space pada tas carriermu untuk sekotak obat-obatmu itu. Jangan lupa juga membawa minyak angin dan handwash yang praktis demi menjaga kebersihan dirimu selama di gunung.

4. Gula Merah

Gula Merah via http://infospesial.net

Untuk mereka yang sering mendaki atau tergabung dalam organisasi pecinta alam, sudah pasti tau membawa gula merah penting. Kadang ketika kita sudah sampai pada tempat mendirikan tenda, belum sempat memasak, dan perutpun lapar, kamu bisa memakan gula merah sebagai pengganti glukosan untuk energimu.

5. Bawa Plastik Yaaa

Kantong Plastik via http://industri.bisnis.com

Membawa plastik sangat penting hukumnya agar kamu tetap menghargai alam dengan segala kemurnian dan kebersihannya. Nggak mau kan mengotori gunung padahal kamu sudah capek-capek mendaki?

6. Scarf Untuk Menghangatkan Leher dan Wajah

Scarf via @prapalaaws via http://instagram.com

Scarf atau bisa juga syal buat kamu yang nggak mau kedinginan dipuncak. Scarf sekarang juga banyak dijual dengan plihan motif dan warna serta dengan harga yang terjangkau.

7. Sandal atau Sepatu Gunung

Dua benda ini vital fungsinya selama pendakian. Nggak mungkin banget kan kamu jatuh atau tergelincir karena salah memakai jenis sepatu ketika mendaki? Sandal gunung bisa memudahkan kamu selama perjalanan pendakian, ladies 🙂

8. Senter Buat Nerangin Hatimu, Eh Jalan Ding 😛

Bayangin saja kamu mau jalan di rute pendakian yang mulai gelap tanpa cahaya? Bisa kesasar kan. Nah sebaiknya bawa senter demi membantu keamanan untuk mencapai tujuan pendakian.

Nah mungkin diantara teman-teman ada yang mau berbagi mengenai barang-barang apa saja yang penting untuk dibawa selama mendaki, Yuk sharing 🙂