Setelah berbulan-bulan pacaran, atau bahkan hingga bertahun-tahun, kadang sebuah hubungan memang harus berakhir karena satu dua sebab yang memang tidak bisa dihindari lagi. Tentunya akan banyak memori yang tercipta antara kamu dan mantan, entah itu memori bahagia atau memori yang menguras air mata. Masalah baru yang akan kamu temui setelah putus yaitu melupakan memori serta perasaan pada dia yang sudah pergi sekarang. Agar kamu bisa melanjutkan hidup dan memulai hubungan yang baru, kamu perlu untuk move on terlebih dahulu.

Sayang banyak orang yang salah strategi untuk move on. Untuk itu kamu perlu menghindari hal-hal berikut ini :

1. Stalking akun sosial media mantan

stalking akun sosial media mantan via https://www.inovasee.com

Stalking mantan di sosial media sangat haram untuk dilakukan. Paham sih setelah putus pasti akan ada saatnya kamu rindu sama mantan yang biasanya mengisi hari-harimu. Atau kamu cuma penasaran apakah mantan sudah menemukan gandengan yang baru atau belum. Tapi please, itu harus segera dihentikan. Makin lama kamu cari-cari tahu tentang mantan, semakin lama proses move on. Kamu harus bebas dari rasa penasaran tentang mantan sesegera mungkin.

2. Pasang status galau di sosial media

pasang status galau di sosial media via http://www.gambar-katakata.com

Merasa sedih dan marah setelah putus memang hal yang wajar. Namun curhat di sosial media tentang perasaanmu bukan hal yang tepat. Status-status galaumu di sosial media tidak akan membuat perasaanmu lebih baik ataupun menyelesaikan masalah yang ada. Hal itu hanya akan membuat kamu terlihat kekanak-kanakan dalam menghadapi masalah.

3. Mendengarkan lagu yang menyimpan kenangan

mendengarkan lagu yang menyimpan kenangan via http://shaidysworld.com

Advertisement

Musik memang bisa membawa kamu mengingat lagi memori-memori bersama seseorang di masa lalu, entah itu memori indah maupun memori sedih. Untuk itu hindarilah mendengarkan lagu-lagu yang menyimpan memori bersama mantan. Mending ganti playlist kamu dengan lagu-lagu yang bisa menambah semangat. Karena selain bisa membangkitkan memori, musik juga bisa membuat mood seseorang berubah dengan cepat tanpa disadari. Perbaiki moodmu dan jalani harimu dengan bahagia.  

4. Cari pelarian yang salah

cari pelarian yang salah via http://barcelona-home.com

Saat kamu ingin cari kesibukan sebagai pelarian dari rasa sedihmu, ingatlah untuk memilih kesibukan yang tidak merugikanmu. Shopping sepuas-puasnya atau makan sepuas-puasnya adalah bentuk pelarian yang salah. Kamu akan banyak kehilangan uang, tenaga, serta waktu, namun hal itu sama sekali tidak akan membawa kebaikan apapun buatmu. Carilah pelarian yang akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik lagi. Misalnya travelling ke tempat-tempat baru dan mengenal banyak orang-orang baru. Atau tekuni hobimu untuk menyibukanmu dan membuatmu lupa akan rasa sedih.

5. Langsung cari pacar baru

langsung cari pacar baru via http://prod.static9.net.au

Kesalahan  yang paling sering dilakukan ketika seseorang ingin move on adalah segera mencari pengganti dari pacar sebelumnya. Memang tidak salah, tapi kamu harus memperhatikan cara dan waktunya juga. Kamu harus melakukan pertimbangan yang matang, sharing bersama sahabat dan minta saran dari keluarga. Karena kalau hanya terburu-buru agar supaya kamu tidak kesepian atau hanya untuk status saja, hubungan baru itu malah hanya akan menyakitimu dan mengecewakanmu lagi. 

6. Balas dendam pada apa yang dilakukan mantan

balas dendam pada apa yang dilakukan mantan via http://www.hoopercoaching.com

Rasa sakit karena diselingkuhi atau disakiti memang sulit untuk pergi. Terkadang rasanya pengen untuk membalas apa yang sudah dilakukan mantan padamu. Tapi ingatlah bahwa itu hanya akan menunjukkan kelemahanmu.Tidak ada yang lebih menjengkelkan bagi orang yang menyakitimu untuk tahu bahwa kamu ternyata baik-baik saja setelah usaha mereka untuk menghancurkanmu. Lakukan yang terbaik untuk menjalani harimu seperti biasa. Tunjukkan padanya bahwa ada atau tanpa dirinya, kamu mampu menikmati hidup. 

7. Menutup hati dari orang baru

menutup hati dari orang baru via http://therefinementblog.com

Jangan biarkan hatimu sakit terlalu lama. Belajarlah untuk membuka hati dengan cara mempersiapkan diri dan hati untuk memulai berkenalan dengan sosok baru. Pastikan untuk tidak langsung menutup hati jika memang ada gejolak yang muncul antara kamu dan sosok baru tersebut hanya karena trauma dengan hubungan yang sebelumnya. Saat hati sudah mulai terisi dengan sosok baru, pastinya hal itu dapat membantumu untuk move on dari mantan.