Keterbatasan finansial tidak seharusnya membuat kamu kurang kreatif, tapi seharusnya malah sebaliknya. Jangan biarkan kreativitas kamu terpenjara. Tahukah kamu, bahwa Tuhan menganugerahkan akal agar manusia mau berpikir? Ada banyak sekali benda di sekitar kita yang dapat kita sulap menjadi benda yang berharga mahal, walau benda itu berasal dari sampah sekalipun.

Mulai deh lihat benda apa yang ada di sekitarmu, lalu pikirkan apa yang bisa kamu buat menggunakan benda tersebut. Benda yang unik dan tidak terpikirkan banyak orang, bisa jadi malah akan menjadi populer.

 

1. Telur bisa jadi ladang rezeki buat kamu

Banyak yang kurang familiar mengenai telur yang dijadikan bahan kerajinan tangan. Tapi ada baiknya kamu coba membuatnya jika kamu tertarik. Tekniknya, pilih telur yang dalamnya masih cair dan kemudian keluarkan isinya menggunakan suntikan. Tusuk jarum suntik ke dalam cangkang telur, lalu dorong sampai udara menekan isinya keluar. Setelah isinya keluar, telur siap dilukis!

2. Kayu bekas ini mungkin menjadi sampah, tapi bisa kamu ubah menjadi gantungan

Gantungan baju kayu

Gantungan baju kayu via http://kerajinantangankita.com

Kayu bekas bukan hanya sekadar untuk kayu bakar saja. Ia bisa kamu sulap menjadi gantungan baju yang mempunyai nilai artistik. Celana sobek-sobek pun pernah ngetrend, apalagi gantungan baju dengan kesan klasik seperti ini!

3. Limbah botol plastik? Sulap menjadi kesukaan anak-anak

Botol ceria

Botol ceria via http://homicraft.com

Botol bekas? Langsung eksekusi aja! Kamu bisa menjadikan botol-botol bekas tersebut manjadi primadona anak-anak. Kamu bisa menyulap botol plastik bekas menjadi tempat pensil atau tempat permen seperti pada gambar. Atau kamu bisa menggunakan ide kamu sendiri untuk mengolahnya.

4. Tutup botol pun bisa menjadi miniatur yang menakjubkan

Tutup botol tidak ketinggalan, ia bisa kamu jadikan miniatur yang unik. Seperti contoh gambar tutup botol di atas, yang dibuat menjadi miniatur meja dan kursi. Unik sekali bukan? Setelah kalian membuat karya, coba foto dan upload ke akun pribadimu. Di zaman sekarang, kamu mudah sekali menggunakan sosial media untuk mempromosikan barang-barang yang kamu buat bukan? Salah satunya dengan meng-upload di Instagram.

5. Kerajinan bambu juga banyak sekali peminatnya, terutama hotel

Kerajinan bambu

Kerajinan bambu via http://kerajinantangankita.com

Khusus yang satu ini, saya sendiri pernah mengunjungi pengrajin yang membuatnya. Ternyata tidak begitu sulit seperti yang dibayangkan. Banyak sekali hotel yang menginginkan kerajinan bambu seperti ini untuk mempercantik hotelnya. Indonesia memang membutuhkan industri kreatif, lagipula industri kreatif di Indonesia juga cepat berkembang. Gunakan akalmu wahai generasi muda Indonesia. Jangan kalah dengan bangsa lain karena sejatinya bangsa kita ini adalah orang yang kreatif dan pintar!