Menyerah.

Ada beberapa alasan orang-orang akhirnya memutuskan untuk menyerah. Mulai dari alasan sepele karena adanya rasa malas untuk berjuang, hingga yang paling kronis karena sudah tidak ada lagi yang diperjuangkan.

Tapi, untuk kamu yang tengah berjuang mati-matian dalam segala hal. Baik yang lagi berjuang agar proposal skripsinya mendapat ACC dari dosen, ataupun yang berjuang demi sesuap nasi untuk masa depan keluargamu, mungkin 5 lagu ini akan membuat semangatmu naik lagi.

Ingat, karena hidup adalah perjuangan. Jadi sudah semestinya kamu mencari sedikit moodboster agar terhindar dari kata menyerah. Salah satunya adalah dengan mendengarkan lagu.

Berikut ini 5 lagu yang mungkin bisa menjadi pemacu untuk kamu biar nggak menyerah dulu.

1. The Script – Superheroes

Superheroes learn to fly… via http://4.bp.blogspot.com

Band asal Irlandia ini merilis lagu Superheroes pada tahun 2014. Liriknya yang sederhana namun sarat akan makna betapa hidup butuh keringat perjuangan. Dalam video klipnya, lagu Superheroes ini menggambarkan seorang ayah yang akan berangkat bekerja, lengkap dengan setelan jas dan tas kantornya. Namun apa yang terjadi selanjutnya? Ternyata sang ayah bekerja di tempat pemungutan sampah. Ia meniti keringat demi keberlanjutan hidup anaknya. Betapa perjuangan orangtua sangatlah berat. Mereka mau melakukan apa saja untuk anak-anaknya.

All the kicks and all the blows

He will never let it show

Cause he’s stronger than you know a heart of steel start to grow

2. The Script – Hall of Fame

You can be the greatest via https://i.ytimg.com

Advertisement

Lagi-lagi, lagu milik The Script ini layak untuk dijadikan lagu penyemangat. Di lihat dari setiap liriknya yang mengajak kita untuk bisa karena kita mampu dan mau, dengan segala potensi dan kesempatan yang ada. Ritmenya yang menghentak akan membuatmu merasa lebih segar dan membuat kamu lebih percaya diri, karena…

You can be the master don’t wait for luck

Dedicate yourself and you can find yourself

Standing in the hall of fame!

And the world’s gonna know your name

Cause you burn with the brightest flame…

Percaya deh, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

3. Shakira – Try Everything

Try everything via https://i.ytimg.com

Bagi kamu yang pernah nonton film Zootopia, kamu akan terpikat dengan suara Shakira saat lagu ini diputar secara penuh di akhir film. Liriknya yang lugas, ditambah dengan irama yang menghentak membuat kamu terbuai. Apalagi, di dalam Zootopia, diceritakan Judy, yang mewakili kaum biasa saja, bisa meuwujudkan impiannya, walaupun ia sempat berada pada titik hampir menyerah. Dari lagu tersebut, kamu dapat menarik sebuah moral value yang apik, nikmati prosesnya, hasil adalah sebuah bonus!

Birds don’t just fly, they fall down and get up

Nobody learns without getting it won

I wont give up no I wont give in

Till I reach the end and then I’ll start again

No I wont leave I wanna try everything

I wanna try even though I could fail

4. Linkin Park – Iridescent

Mungkin kamu belum tahu kalau Linkin Park tidak hanya mempunyai lagu dengan beat yang cepat dan scream saja. Ada satu lagu di album A Thousand Suns yang dirilis tahun 2010, yang memiliki beat yang syahdu dan lirik yang tidak kalah puitis dari puisi-puisi satir yang mungkin pernah kamu buat. Iridescent menceritakan tentang apa yang bisa kamu lakukan setelah perjuanganmu sudah mencapai di titik puncak kegagalan. Apa yang bisa kamu lakukan apabila ternyata kerja kerasmu selama ini kurang sepadan dengan hasil yang kamu dapatkan. Dan yang bisa kamu lakukan adalah ikhlas.

You build up hope but failure’s all you’ve known

Remember all the sadness and frustation

And let it go…let it go…

5. Maher Zain

I’ll neer give up via https://i1.imgiz.com

Meskipun ini bukan momen ramadhan, tidak ada salahnya kan, apabila mendengarkan lagu-lagu ciamik dari Maher Zain? Lagu Peace Be Upon You ini mempunyai alunan piano yang cukup menenangkan, serta lirik yang mengandung puji-pujian untuk Nabi Muhammad SAW. Apabila kamu (yang beragama Islam tentunya) mengalami sebuah kegagalan dalam berjuang dan setitik lagi akan menyerah, lagu ini cocok untuk kamu dengerin dulu. Lagu ini menceritakan bahwa di dalam setiap langkah, sebagai umat muslim sudah seharusnya kita mengamalkan ajaran beliau. Cobaan yang kamu lalui di dunia mungkin hanya secuil cobaan yang Beliau alami pada masanya. So, dari kisah hidupnya, mungkin kamu dapat mengencangkan lagi ikat pinggangmu dan berjuang lebih keras lagi.

The reason I forgve as long as I live

In a world spinning out of control

The reason I love I’ll never give up

And I’ll always follow you’re your way…

Dari kelima lagu di atas mana lagu favoritmu untuk menaikkan lagi semangatmu? Atau kamu punya lagu andalan yang sering kamu putar saat kamu lagi menghadang kegagalan? Share di sini, yuk! Tuliskan judul lagu favorit kamu di kolom komentar ya!

Yuk mari berjuang dan kata menyerah harus dibuang!