Tidak terasa sudah hampir setengah tahun sejak tren Pokemon Go melanda Indonesia. Dulu, banyak orang yang bermain Pokemon Go dari anak kecil sampai om-om. Video game smartphone itu juga sempat menjadi buah bibir masyarakat. Media tidak henti-hentinya menulis berita tentang Pokemon Go. Bahkan, orang yang belum mengenal Pokemon jadi mengenalnya dan mulai bermain Pokemon Go.

Namun, sekarang kondisinya berubah 180 derajat. Pokemon Go sudah tidak seheboh dulu lagi. Banyak orang sudah menghapus aplikasi itu dari smartphone mereka. Selain itu, media juga sudah jarang sekali menulis berita tentang video game itu. Layaknya tren-tren lain, Pokemon Go datang dan pergi begitu saja.

Walau begitu, sebenarnya di Indonesia dan dunia, hal yang berbau Pokemon bukan hanya Pokemon Go. Masih ada hal berbau Pokemon lainnya yang belum diketahui banyak orang seperti Pokemon Sun dan Pokemon Moon di konsol 3DS. Meski harga bisa bikin dompet menangis, masih saja ada banyak orang menikmati hal-hal tersebut. Mereka adalah Pokefan, atau penggemar franchise Pokemon.

Seperti apa sih ciri-ciri Pokefan? Yuk, simak 5 ciri Pokefan berikut!

1. Main video game RPG Pokemon

Pokemon RPG via https://i.ytimg.com

Kalau ibarat sayur nggak lengkap tanpa garam, Pokefan nggak lengkap tanpa video game RPG (Role Playing Game) Pokemon. Dari tahun 90'an, jenis video game Pokemon yang satu ini sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Selain itu, jutaan orang sudah memainkannya, mulai dari Pokemon Red dan Pokemon Blue hingga Pokemon Sun dan Pokemon Moon.

Di game ini, player bisa memberi tokoh utama dan pesaingnya nama, membuat game ini terkesan sebagai petualangan si player sendiri. Selain itu, Pokemon liar yang ada bisa ditangkap dan dijadikan teman untuk menjadi Pokemon Champion, membuat game ini penuh dengan kemungkinan yang exciting. Nggak mengherankan kalau game ini digandrungi Pokefan.

2. Hafal semua nama dan karakter Si Pokemon pastinya!

Hingga saat ini, jumlah Pokemon ada 802. Wah, banyak ya. Tapi, tunggu sebentar. Pasti diantara kalian ada yang berpikir "Wah, nggak mungkin hafal Pokemon segitu banyaknya!" Percaya atau nggak, sudah ada banyak orang di dunia yang tahu semua pokemon, lho. Itu karena mereka sudah mengenal dan menyukai Pokemon sejak masa kanak-kanak. Walau begitu, bukan berarti seorang Pokefan harus mengafal semua Pokemon. Paling tidak, mengetahui banyak jenis Pokemon saja sudah cukup membuat mereka layak disebut Pokefan.

3. Nggak lupa nonton Pokemon versi animenya, hehehe

Advertisement

Selain video game, Pokemon juga punya anime yang bisa dinikmati para Pokefan. Animenya sudah ada sejak akhir tahun 90'an. Ash Ketchum (Satoshi, di bahasa Jepang atau Ali, saat pertama kali tayang di TV Indonesia), berkelana bersama Pikachu, sang maskot Pokemon, untuk menjadi Pokemon trainer terhebat. Buat yang lahir di awal tahun 90'an, biasanya sudah pernah menontonnya di TV. Sampai sekarang pun, animenya masih dibuat dan dinikmati banyak Pokefan di seluruh penjuru dunia.

4. Punya macam-macam merchandise Pokemon adalah kewajiban

Pernak-pernik pokemon via https://ecs7.tokopedia.net

Sebagai franchise yang mendunia, Pokemon juga punya pernak-pernik yang bisa dikoleksi para Pokefan. Mulai dari boneka sampai mainan. Harganya pun bermacam-macam, dan tidak jarang ada harga yang bisa membuat dompet menangis. Walau begitu, sudah banyak Pokefan yang membeli pernak-pernik untuk menunjukkan kegemaran mereka. Nah, kalau kamu punya pernak-pernik pokemon di kamarmu, kesanmu sebagai Pokefan akan semakin kuat.

5. Punya Pokemon idola terfavorit pastinya

Pokemon favorit via http://cdn.bulbagarden.net

Kalau penggemar bola punya tim favorit, Pokefan punya Pokemon favorit!

Pokemon, seperti binatang, punya banyak jenis. Selain itu, jumlah pokemon juga makin bertambah seiring berjalannya waktu, karena generasi Pokemon terus berlanjut. Karena itu, Pokefan punya banyak pilihan. Alasan memilih pun juga beragam dari tiap Pokefan, mulai dari karena imut sampai kuat.

Jadi, kalian punya berapa ciri Pokefan?