Kamu berpikir bahwa hobi menonton anime adalah hobi yang kekanak-kanakan? Kamu pikir tidak ada yang bisa dipelajari dari menonton anime? Artikel ini bisa membuatmu berpikir ulang! Jika kamu tidak berani menanggung risikonya, maka hentikan membaca artikel ini.

Oh ya, dan kami yang hobi menonton anime cukup dewasa untuk memahami bahwa hobi dan kedewasaan itu tidak ada hubungannya.

anime yang ada dalam artikel ini adalah murni anime favorit penulis sepanjang masa.

 

1. Kamu Bisa Jadi Sangat Iri Pada Luffy dan Kru Bajak Laut Topi Jerami Dalam Berpetualang Mengelilingi Dunia

Straw Hat Pirates via http://viz.com

Siapa yang tahu ada petualangan apa saja yang menantimu di luar sana? Luffy akan menarik tanganmu untuk bergabung dengan kru bajak lautnya. Berlayar ke pulau-pulau misterius dengan penduduk yang aneh-aneh, menantang! Tanpa kamu sadari, jangan-jangan esok harinya kamu akan menemukan dirimu mengepak barang-barang dan melangkahkan kaki ke luar rumah. Kamu siap berpetualang mencari One Piece-mu sendiri!

2. Kamu akan terinspirasi oleh Naruto yang tidak pernah menyerah untuk bekerja keras agar dirinya diakui

Naruto Uzumaki via http://adultswim.com

Tidak masalah jika kamu bodoh atau merasa dirimu tidak berbakat. Naruto membuktikan bahwa bekerja keras dan tidak menyerah adalah jalan terbaik untuk membuat semua orang mengakui keberadaanmu. Kamu juga akan terdorong untuk bisa mengalahkan sisi lain dirimu yang dipenuhi dengan sifat negatif, seperti kebencian Kyubi, dan belajar untuk berdamai dengannya. Di sudut hatimu juga barangkali akan muncul keinginan untuk punya teman seperti Naruto, yang tidak pernah menyerah untuk membawa Sasuke kembali ke jalan yang benar.

"Aku tidak akan menarik kata-kataku. Itulah jalan ninjaku!"

Bagaimana jalan ninjamu?

3. Meskipun keberadaanmu tipis, kamu akan tahu bahwa selalu ada tempat untukmu seperti Kuroko

The Basketball Which Kuroko Plays via http://newdalls.blogspot.com

Apakah kamu merasa dirimu tidak pintar, tidak berbakat, dan keberadaanmu tidak banyak dirasakan oleh orang lain? Kamu tidak perlu khawatir. Lihatlah Kuroko Tetsuya yang mengikhlaskan dirinya untuk jadi pemain bayangan di tim basket sekolahnya yang diisi orang-orang jenius.

Kamu akan tahu, dengan bekerja keras, kamu bisa membuat tempat bagi dirimu sendiri dalam masyarakat tanpa perlu mengisi atau menggantikan posisi orang lain. Kamu akan belajar untuk menemukan gaya mainmu sendiri seperti dalam Basketball Which Kuroko Plays (Kuroko no Basuke). Gaya yang hanya bisa dilakukan olehmu, A Life Which Only You Can Do!

4. Elric Brothers akan mengajarimu bahwa tidak ada sesuatu yang bisa dicapai tanpa usaha yang setara

Fullmetal Alchemist via http://pinterest.com

Di semesta berlaku pertukaran setara. Jika kamu menginginkan sesuatu, maka kamu harus siap mengorbankan hal lain yang setara, yaitu usaha. No one can gain without sacrificing something. Edward Elric mengorbankan kemampuan alchemy-nya demi meraih tujuannya, yaitu mengembalikan tubuh adiknya.

Elric bersaudara akan mengajarimu untuk belajar bangkit dari kejatuhan terburukmu dan berusaha berdamai dengan dirimu sendiri untuk bisa terus melangkah maju. Setelah menonton Fullmetal Alchemist, kamu akan bertanya pada dirimu sendiri, apa yang sudah kamu usahakan sebagai bayaran untuk mendapatkan cita-citamu? 

5. Gundam akan membuatmu sedikit memahami alasan perang yang terjadi di dunia ini

Gundam Seed Destiny via http://ani-maze.blogspot.com

Setelah menonton Gundam, yang manapun serinya, yang pertama terpikir mungkin adalah kamu ingin punya robot sepeti Strike Freedom atau Strike Justice. Lalu setelah merenungi ceritanya beberapa saat, kamu akan sadar there's no single certain reason behind a war. Konflik dan perang di Gundam seperti gambaran sederhana tentang berbagai situasi perang yang terjadi di bumi ini. Semua pihak adalah benar menurut sudut pandang masing-masing dan kebenaran itu diperjuangkan mati-matian. Pada akhirnya, mana pihak yang salah atau benar tergantung siapa tokoh utamanya.