"Udah gede kok masih demen anime".

Mungkin kamu adalah salah satu anak muda beranjak tua yang masih demen sama yang namanya Anime, kartun bergerak bikinan jepang. Mendengar komentar orang disekitarmu seperti di atas, kamu mungkin pernah sebal:

"Apaan dah, nonton anime kan nggak ngerugiin orang lain"

Ya, nonton anime memang tidak merugikan orang lain dan itu sah-sah saja. Kamu juga jangan sedih hati begitu karena ternyata menonton anime mempunyai banyak keuntungan.

Meski gelombang Korean wave terus berdatangan, nyatanya kepopuleran anime di Indonesia masih tetap diperhitungkan. Anime menjadi alternatif hiburan bagi mereka yang jenuh dengan kehidupan nyata. Beragam genre anime dan bentuk serta karakter tokoh anime yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Banyak penggemar yang berasal tak hanya dari kawula muda, kaum dewasa pun tak sedikit yang menyukai anime. Apakah kamu sendiri penggemar anime? Berbanggalah kamu sebab menggemari dunia ini ternyata memiliki manfaat yang tak sedikit:

1. Walau nggak selevel Mahasiswa Sastra Jepang, pasti sedikit banyak kamu bisa Bahasa jepang.

"Widih dia bisa bahasa jepang?!!, keseringan nonton anime nih" via http://keywordsuggest.org

Anime yang berasal dari negeri sakura, Jepang, memang menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa konten. Penggemar anime secara tidak langsung termotivasi mempelajari bahasa jepang untuk memahami jalan cerita dari komik tersebut. Meski saat ini sudah banyak situs penyedia komik terjemahan, nyatanya anime lovers sendiri terkadang merasa bingung terhadap terjemahan yang berbeda beda antara penerjemah satu dan lainya. Akhirnya, anime lovers menerjemahkan sendiri konten komik tersebut. Selain itu, memahami bahasa jepang membuat penggemar anime bisa merasakan kedekatan secara batin dengan karakter tokoh dalam anime. Senggaknya, walau tidak semahir Mahasiswa Sastra Jepang, seorang anime lovers pasti tahu makna kosa kata sederhana negara matahari terbit ini

2. Selain bahasanya, sedikit banyak penggemar anime tahu budaya Jepang.

Budaya minum teh yang sebagai ciri kas Jepang via http://www.buddhateas.com

Selain bahasa, penggemar anime sedikit banyak tahu tentang budaya Jepang. Hal ini disebabkan kebiasaan para komikus jepang yang memasukkan unsur unsur budaya Jepang ke dalam komik. Sebut saja pohon sakura, kimono, mie ramen, sampai penamaan marga. Mau tidak mau penggemar anime akan mencari tahu istilah suatu hal yang berkaitan dengan budaya Jepang. Contohnya saja penggunaan mie ramen dalam komik naruto yang membuat banyak warga indonesia tergerak untuk menicicipi. Contoh lain yaitu budaya minum teh yang sering ada dalam anime.

3. Dari pada keluar luntang luntung, lebih baik nonton anime. Selain hemat, bisa menghindarkan diri dari pergaulan bebas.

"Mendingan nonton anime dah…" via https://www.reddit.com

Advertisement


Ketimbang clubbing lebih baik nonton episode baru lah.


Adalah sekian kemungkinan pernyataan dari seorang anime holic. Mereka bisa merasa betah hanya dengan berada di depan pc atau televisi demi marathon episode terbaru. Penggemar anime lebih merasa asyik streaming episode terbaru dari pada keluar jalan-jalan yang menghabiskan uang. Eits, namun tidak berarti mereka kurang sosialisasi lo ya,, anime lovers tetap punya kehidupan sosial mereka.

4. Kebiasaan menunggu episode terbaru membuat mereka punya imajinasi dan daya analisa tinggi.

"Episode kedepan kayaknya si A gabung pasukan jahat..hii" via https://www.linkedin.com

Seorang penggemar anime tentu memiliki imajinasi yang bermacam macam akibat sering menonton anime kesukaan. Biasanya nih, sesama anime lovers tentu sering berdiskusi tentang segala hal yang terkait dengan episode terbaru yang telah ditonton. Nggak jarang juga sebelum episode mendatang rilis, mereka juga membuat prediksi kecil-kecilan tentang hal hal yang kemungkinan bakal terjadi. 

Ibarat sebuah laga pertandingan bola, di mana kemungkinan kemungkinan mendatang dibicarakan, penggemar anime juga aktif mendiskusikan prediksi hal apa yang akan terjadi di episode mendatang. 

5. Mendadak punya banyak kenalan.

"eh minta epsiode terbaru boleh lah"… via http://www.sheknows.com

Menjadi seorang penggemar anime membuat hardisk pc penuh dengan koleksi episode lama maupun terbaru. Secara nggak langsung banyak penggemar anime yang dulunya nggak dikenal ngajakin kamu kenalan. Mereka biasanya diawal meminta koleksi episode terbaru atau hanya sekedar cuap-cuap kecil tentang anime yang di tonton. Memang sih, menonton anime nggak lengkap rasanya kalau nggak ditemani teman diskusi yang siap mengomentari jalan cerita.

Nah, dari aktifitas barter episode sampai diskusi kecil tersebut, terciptalah lingkaran pertemanan baru bagi penggemar anime.

6. Jalan cerita anime yang inspiratif membuatnya mudah memotivasi penonton.

"Yeahhh, Ganbate!" via http://www.thehippocket.com.au

Kebanyakan anime memiliki jalan cerita tentang perjuangan meraih mimpi. Banyak juga quote inspiratif dari karakter anime yang berguna untuk membangkitkan semangat, rasa percaya diri, dan mimpi. Di anime sendiri, tidak hanya tokoh baik yang sanggup menginspirasi. Tokoh jahat juga biasanya ditunjukkan sisi baik mereka pada suatu episode. Biasanya seorang anime holic akan akan mengambil hikmah dari kebaikan karakter anime tersebut. Mereka menerapkan jalan pikiran karakter anime tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari. Di saat sedang sedih, mereka termotivasi dan terinspirasi perjuangan karakter anime dalam menghadapi masalah. Quote inspiratif tokoh anime menjadi senjata ampuh yang dapat digunakan sebagai pengingat dalam menghadapi masalah.