Bagi kalian yang sedang atau akan menjadi jomblo janganlah risau. Hadapi masa-masa itu dengan semangat untuk berkarya dan menikmati hidup. Menjadi jomblo tidak seburuk yang dibayangkan, dalam kehidupan ini banyak hal yang bisa dilakukan.
Sudah tahu hal-hal enak ketika menjadi jomblo?
Baca juga:
Hal-hal enak ini bisa dimiliki oleh para jomblo; Serius masih ga mau jadi jomblo? Hahaha

Beberapa orang umumnya pernah mengalami masa-masa menjadi jomblo, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti misalnya mendekatkan diri dengan keluarga, membantu kegiatan orang tua, menambah wawasan dengan membaca, menulis karya, meningkatkan skill dan lain-lain. Namun ada juga yang malah galau di kamar, murung dimana-mana. Apasih yang perlu dimurungin?
Kalau kamu anggep jomblo itu sebagai suatu masalah, mungkin kutipan dari Kapten Jack Sparrow bisa membuatmu agak memikirkan masalahmu apa sebenarnya.

The problem is not the problem. The problem is your attitude about the problem. Do you understand?

Pastinya kamu tidak ingin ‘kan menyikapi waktu jomblo kalian hanya dengan galau, dengan bersedih, dan dengan hal buruk lainnya? Menurutku itu sih hanya akan sia-siakan waktu jomblomu.
Berikut tips agar menjadi jomblo yang tidak menyia-nyiakan waktu

 

1. Memantapkan diri dengan niat

Diniatkan bahwa ketika menjadi jomblo, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu akan benar-benar memaksimalkan diri kamu. Dan untuk urusan pasangan? Udah deh, jadikan aja nomor ke sekian. Niatkan untuk menjadi jomblo yang berkualitas.

2. Menambah agenda kegiatan harian

Kalau tadinya misal waktu masih pacaran kamu tidak sempat untuk menulis, inilah saatnya. Waktu menjomblomu bisa digunakan untuk menulis karya. Curahkan perasaanmu dalam bentuk tulisan. Kan lumayan daripada galau ga jelas ga dapet apa-apa. Atau misal tadinya tidak ada waktu buat menekuni musik, waktu jomblo kamu bisa untuk maksimalin diri belajar musik.
Olahraga juga penting, mungkin waktu masih pacaran, kamu terlalu memikirkan pasanganmu sehingga kurang merawat diri sendiri, sekarang kamu harus tambahin agenda harian kamu dengan olahraga.
Ingat

“Mens sana in Corpore sano”

Advertisement

Menurutku galau itu masuk ke dalam bentuk lemahnya jiwa! So, sehatkan tubuhmu agar jiwamu kuat!
Terus tambahin kegiatan yang positif, jangan lewatkan begitu saja masa-masa jomblomu itu!

3. Cari tahu potensi diri

fotografer via https://pixabay.com

Mungkin ada yang udah lama hidup di dunia tapi masih bingung,

"apa sih bakatku sebenarnya? aku passionnya sih dimana?"

Nah waktu jomblo gini kamu bakal lebih fokus ke dirimu sendiri, so bisa kamu maksimalkan untuk menggali potensimu, apakah di musik? atau di fotografi? Atau desain grafis?
Coba-coba hal baru, dan coba tekuni. Barangkali itu adalah bakat terpendam yang kamu punya.

4. Membuka diri ke lingkaran sosial

Jadi jomblo jangan cuma galau di kamar, sekali-sekali keluar lah ngobrol ama temen kek. Atau sama tukang siomay, ya siapapun lah. Ikuti kegiatan-kegiatan sosial yang ada di lingkungan rumah, atau di sekolah. Cobalah lebih peka ke lingkungan sosial kamu, agar pikiranmu lebih terbuka. Dalam hidup ini ada banyak hal yang bisa dilakukan, dipelajari, dinikmati. Ga melulu soal pasangan!

5. Menemukan seseorang yang tepat

Kalau kamu jadi jomblo karena diputusin oleh seseorang, bisa jadi karena kamu sebenarnya tidak cocok dengan seseorang itu, ada orang lain di luar sana yang mungkin salah satunya lebih cocok untukmu.
So, inilah saatnya menemukan seseorang yang cocok untukmu. Tambah aja terus teman ngobrolmu, teman mainmu. Barangkali nanti ternyata ada yang cocok.
Namun jika kamu masih ingin menjadi jomblo, nikmati dulu aja waktu jomblomu.
Jangan terburu-buru mencari pasangan. Tingkatkan mental dan kemampuan untuk menjalin hubungan selanjutnya.

Sekian tips agar menjadi jomblo yang tidak menyia-nyiakan waktu, semoga bermanfaat.
Jika kamu punya tips tambahan bisa tulis di komentar.