Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Macam-macam jenis ikan hias air tawar aquarium jumlahnya tak terhingga. Di Indonesia sendiri nama-nama ikan hias air tawar ini ada sekitar 20 ikan hias yang populer dan mudah dipelihara. Yang kesemuanya dapat Anda rawat dan pelihara di dalam wadah aquarium baik kecil mini maupun besar.

Jenis ikan hias dan harganya tergantung dari perkembangbiakan di darah masing-masing sobat. Jika permintaan besar, maka harga ikan hias tersebut akan naik. Dari semua jenis dan harga ikan hias ada juga yang dapat Anda pelihara dalam satu wadah dan ada juga jenis ikan hias air tawar aquarium yang hanya khusus satu jenis saja, jadi kalau dicampur, maka akan perang, berkelahi. Berikut ini macam-macam jenis ikan hias air tawar aquarium beserta gambarnya.

Salah satu ikan hias yang mempunyai harga termahal adalah jenis ikan hias terindah. Yang mana sangat sulit untuk dipelihara maupun budidaya. Akan tetapi rata-rata yang dijual merupakan ikan hias aquarium mini yang kecil dan cantik dan menghemat tempat.

Sifat-Sifat Ikan Hias Akara

Di dalam aslinya blue acara hidup dan banyak ditemukan di perairan tenang dan tergenang. Ikan akara ini tergolong agresif oleh karena itu, ia kurang cocok ditempatkan dalam akuarium ukuran kecil, lebih-lebih bila dicampur dengan ikan lain yang kurang sepadan dengannya.

Meski agak galak blue acara tetap digemari. Disamping bentuknya tubuhnya yang menarik, ikan hias ini tergolng jenis ikan yang mudah dipijahkan  tanpa persyaratan yang ribet. Untuk keturunannya, sang indukan terkenal sayang. Tak heran jika banyak para pembudidaya ikan hias mempercayai perawatan anak-anaknya.

Sifat Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)

Longfin barb ini dikenal juga ikan yang suka damai. Bila ingin dipelihara dalam akuarium panjang, ia aman dicampur dengan jenis ikan lain meski ukurannya lebih kecil. Kelebihan, jika ikan ini dicampur beberapa ekor lain sekaligus, mereka sering bertingkah aneh-aneh, misalnya membentuk barisan dan berjalan beriringan.

Di alamnya sana, ikan hias arulius ditemukan pada jenis air yang mengalir deras. Gerakannya lincah dan agresif tetapi tidak membahayakan keselamatan ikan lain. Hanya saja semasa mudanya ikan ini kurang menawan, akan menawan setelah dewasa terlebih lebih si jantan.

Ia membutuhkan akuarium yang berukuran besar dan luas  karena si jantan ini sering bertindak aneh-aneh misalnya mengotori air akuarium.akuarium itu sendiri hendaknya diisi batu batuan yang agak kehitaman serta di beri ornamen lain,ornamen ini bisa berupa kayu dan tanaman air yang di tanam didalam akuarium.

Ikan ini membutuhkan ruang luas untuk berenang. Selain itu juga menuntut air segar,maka usahakanlah pergantian air di dalam akuarium. Ketentuannya air baru itu harus sama temperaturnya dengan yang ada di dalam akuarium. Jika tidak, bisa membawa malapetaka baginya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Arwana
Nama latin Arwana Irian yaitu Scleropages Jardini, alternatif para penjual juga menyebutnya dengan nama ikan arwana Jardini. Dalam bahasa asingnya populer juga dengan sebutan Northern spotted, Gulf Saratoga Barramundi, Australian Pearl arwana, Australian arwana, Silver Barramundi, dan Northern Barramundi.

Mengapa Dinamakan Arwana Irian? Yang tak lain pastinya mengacu pada tempat Arwana ini ditemukan. begitu juga dengan pemberian Luar seperti di Australia. Jenis ikan hias air tawar ini sudah banyak beredar di pasaran tradisional maupun internasional seperti jenis ikan arwana lainnya.

Arwana ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang mampu tumbuh sampai 1 M, dengan berat kisaran 17 kg. Ikan arwana Irian dan Akrab dengan sebutan Arwana Jardini ini mudah sekali dalam pembudidayaannya serta merawatnya.

Sama halnya dengan jenis ikan arwana lainnya, memang kala itu belum terlalu banyak para petani yang budidaya ikan Jardini Irian ini, tapi untuk sekarang semakin banyak yang mencari buat koleksi maka ada yang memanfaatkan untuk bisnis ikan hias dengan cara budidaya ikan Arwana Irian ini,

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium via http://infoikan.com

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Umum Dipelihara dan Populer dijual Di daerah Indonesia Ini

2. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara via http://infoikan.com

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Walaupun bagi Pemula dan Harga Ikan Hias Sekarang Ini

3. Jenis Ikan Hias dan Harganya

Jenis Ikan Hias via http://infoikan.com

Advertisement

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Umum Dipelihara dan Populer dijual Di daerah Indonesia Ini

4. Jenis Ikan Hias dengan Termahal

Ikan Hias dan Harganya via http://infoikan.com

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Umum Dipelihara dan Populer dijual Di daerah Indonesia Ini

5. Jenis Ikan Hias yang Bisa di Campur dalam Satu Wadah Akuarium

Ikan Hias Kecil dan Cantik tahan Lama via http://infoikan.com

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Umum Dipelihara dan Populer dijual Di daerah Indonesia Ini