Siapa yang punya masalah dengan wajah berjerawat? Ah yang jelas, aku menjadi salah satu korban dari masalah yang menyebalkan ini. Entah berawal dari mana, tiba-tiba saja wajahku itumbuhi dengan penyakit kulit ini. Yang bikin aku tambah kesal karena ada oknum yang tidak bertanggung jawab secara gamblang nge-jugde "makanya rajin dong cuci muka, jalan males-malesan." Hei! please lah buat kalian para oknum seperti ini jangan suka men-jugde orang tanpa mengetahui apa yang sudah dia lakukan untuk merawat wajahnya. Seberapa besar usahanya untuk merawat kulit khususnya wajah.

Banyak orang yang merasa kurang percaya diri karena adanya jerawat di wajahnya termasuk aku. Untuk itu buat kalian yang sedang memiliki nasib kurang beruntung sepertiku, kalian bisa coba 5 jenis minyak dibawah ini untuk membantu menghilangkan jerawat.

 

1. Minyak bunga mawar

minyak dari bunga mawar

minyak dari bunga mawar via http://www.skclinic.co.uk

Bunga mawar memiliki keindahan yang sering digunakan sebagai hiasan. Sebagian besar orang hanya mengenal bunga mawar dengan keindahan bentuk dan warnanya ini. Tapi, siapa sangka di balik keindahan fisiknya, bunga mawar juga menyimpan khasiat yang luar biasa dalam menghilangkan jerawat. Minyak ini didapatkan dari bunga mawar yang sudah layu, jadi ketika kalian mendapati bunga mawar layu maka jangan langsung membuangnya karena di dalamnya bisa ditemukan minyak yang berkhasiat dalam mengatasi jerawat.

Air mawar memiliki sifat anti inflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, air mawar juga sudah terkenal dalam berbagai produk toner karena mampu membersihkan wajah dari debu, kotoran dan polusi penyebab jerawat.

Cara penggunaan jenis minyak untuk menghilangkan jerawat satu ini pun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air mawar untuk cuci wajah. Lakukan hal ini secara rutin untuk mencegah timbulnya jerawat baru dan dapat menghilangkan jerawat lama.

Selain itu cara penggunakan minyak bunga mawar ini adalah dengan cara mengoleskan minyak bunga mawar ke wajah yang berjerawat, lakukan hal ini tiga kali sehari. Biar steril gunakan cotton bud untuk mengolesnya.

2. Minyak almond

minyak almond untuk wajah berjerawat

minyak almond untuk wajah berjerawat via https://www.nowfoods.com

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat kacang almond yang begitu luar biasa. Kacang almond ternyata memiliki kandungan minyak yang berguna untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Selain itu, minyak ini juga dapat menghambat penuaan pada kulit. Yang kayak gini nih yang asyik langsung dapat dua khasiat.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A dan vitamin B yang mampu mencegah datangnya guratan halus dan mencegah penuaan dini. Tidak sampai disitu saja, minyak ajaib ini juga dapat mencegah iritasi dan peradangan, bahkan dapat menyingkirkan sel kulit mati.

Namun, sebelum menggunakan minyak almond ini, ada baiknya jika mengoleskannya pada sebagian belakang leher untuk mengetahui apakah kulit kalian termasuk kulit yang alergi dengan minyak almond. Jika dalam beberapa jam tidak terjadi gejala apa-apa maka kalian dapat menggunakan minyak tersebut pada jerawat di kulit wajah.

3. Minyak kayu putih

khasiat minyak kayu putih

khasiat minyak kayu putih via http://www.ruggedlygroomed.com

Minyak kayu putih adalah salah satu minyak yang sudah tekenal di kalangan masyarakat. Namun, minyak ini lebih dikenal karena khasiatnya dalam mengatasi perut kembung, rasa gatal akibat gigitan nyamuk dan masuk angin. Sebenarnya, minyak ini bersifat anti inflamasi sehingga dapat mengatasi jerawat dan bekas jerawat yang masih tertinggal di wajah.

Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan mencampurkan minyak kayu putih 2 sampai 3 tetes dengan gel lidah buaya secukupnya. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada kulit yang mempunyai bekas jerawat dengan sebelumnya membersihkan wajah terlebih dahulu. Lakukan cara ini secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan wajah terbebas dari bekas jerawat.

4. Minyak kelapa

minyak kelapa murni

minyak kelapa murni via https://magicalbutter.com

Sebagian besar orang hanya mengenal minyak kelapa sebagai minyak goreng karena bersifat non-kolesterol sehingga lebih baik untuk kesehatan tubuh. Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah.

Vitamin E inilah yang bertugas untuk melembutkan kulit agar terbebas dari bekas jerawat yang mengganggu. Selain itu, kandungan vitamin E juga mampu menutrisi kulit wajah sehingga kesehatannya pun juga akan terjaga. Kulit yang segar berarti regenerasinya cepat terjadi sehingga bekas jerawat yang tertinggal di wajah bisa segera digantikan oleh jaringan kulit yang baru dan bekas jerawat pun akan menghilang atau memudar.

Di kutip dari Harian Gadis, cara menggunakan minyak kelapa ini adalah dengan menuangkan beberapa tetes minyak kelapa kedalam wadah kecil, lalu celupkan kapas bersih kedalam minyak dan tempelkan kepada wajah berjerawat diamkan sekitar 15-20 menit atau sampai minyak kelapa mengering setelah itu bilas dengan air bersih. Kalian bisa melakukan ritual ini 2-3 seminggu.

5. Minyak zaitun

manfaat minyak zaitun untuk jerawat

manfaat minyak zaitun untuk jerawat via https://tsmc.com.au

Minyak ini memang sudah terkenal di seluruh dunia karena khasiatnya yang luar biasa. Minyak zaitun sudah sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan yang akan memberikan hasil efektif pada kulit wajah. Salah satu khasiat dari minyak zaitun ini adalah menghilangkan bekas jerawat dan mencegah jerawat timbul lagi. Minyak untuk mengatasi jerawat ini bersifat antioksidan alami sehingga mampu menyembuhkan peradangan pada kulit akibat jerawat.

Selain itu, dengan menggunakan minyak zaitun ini maka kalian akan mendapatkan khasiat yang lain untuk kulit, seperti mengatasi kulit kusam, flek hitam, dan berkerut. Tidak hanya mengandung aktioksidan yang tinggi, minyak zaitun juga dikenal bersifat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya infeksi, membantu mengeluarkan racun, menutrisi kulit dengan berbagai vitamin, dan juga melembabkan kulit. Ini sih mantap jiwa.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak pada wajah sebelum tidur agar khasiatnya lebih maksimal. Simple banget kan caranya tapi hasilnya gak santai.

Nah gimana tipsnya? semoga bisa membantu kalian ya. Buat kalian yang sudah pernah coba menggunakannya comment dong dibawah, biar semakin banyak yang terbantu untuk mengatasi masalah jerawatnya. Kalian juga bisa nambah saran di kolom comment. Fitghting!