Sekilas pasti kamu bingung, kok ada ya jurusan kuliah yang prospek nya bisa lebih dari Kedokteran, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi? Di dunia ini nggak ada yang nggak mungkin mas mba! Mungkin kalian awal nya akan berpikir bahwa 5 jurusan teknik ini akan bikin bingung dan berpikir 2 kali untuk ngambilnya. Namun yang perlu kalian tau bahwa kelima jurusan teknik ini secara enggak langsung bakal bikin kamu sangat disegani oleh orang lain.

Nah, kuliah dengan mengambil jurusan sesuai minat bisa bikin kita sangat happy dan bahagia karena apa yang kita minati bakal bikin kita merasa nyaman tapi seiring berjalan nya waktu, industri semakin banyak dan meningkat, persaingan kerja dan lulusan semakin ketat, mungkin 5 jurusan Teknik ini bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang mau karir nya gemilang dengan Prospek yang Gahar. Apa aja sih 5 jurusan itu? jadi penasaran deh. makanya simak dulu deh nih dibawah ulasan lengkapnya!

 

1. Industrial Robotics Design

Univeral Startup Robotics

Univeral Startup Robotics via http://pdsahabat.com

Hmm, jurusan yang ke-1 ini bisa dikatakan termasuk populer karena penggemar akan Robotik terbilang banyak peminatnya. Termasuk kamu yang kreatif, mengutamakan produktivitas, kualitas produk, efektivitas dan efisiensi produk untuk sistem produksi berbasis robot dengan kata lain ialah segala produksi yang ada diperusahaan dilakukan oleh robot.

Pada jurusan ini kamu bakal dibekali sangat banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan atau kemampuan dalam perancangan robot yang canggih serta produktif dengan banyak kelebihan yang belum tentu bisa dilakuin oleh orang lain dan termasuk mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri.

Yang wajib kamu tau bahwa dijurusan ini kamu bakal dapet mata kuliah yang jumlah nya 21 jenis dan bakal bikin kamu berpikir sangat kreatif dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan dituangkan menjadi dalam konsep pembuatan robot yang super canggih. kalo kamu minat dengan jurusan ini maka kamu bisa kerja diberbagai bidang industri contohnya otomasi proses produksi pada manufaktur mobil, kemasan makanan dan minuman, industri kosmetik dan farmasi, industri desain, dll.

Nah ini nih, Apanya mas? Prospek nya lah. Prospek nya tuh yakin dan bisa saya pastiin kamu bakal bikin jadi seorang yang punya banyak talent yaitu pastinya Spesialis Robotik, Mekanik Mesin Industri berbasis robot, programmer peralatan yang dikontrol oleh Komputer Numerik, Ahli Teknik Mesin, Ahli Teknik Elektronik, Ahli Mekatronik, Programmer Komputer, hingga Ahli Robotik! Keren banget bukan?

2. Teknik Telekomunikasi

Telekomunikasi Engineering. Tenang bisa diatur lewat komputer!

Telekomunikasi Engineering. Tenang bisa diatur lewat komputer! via http://nextdigital.co.id

Mungkin sebagian dari kamu pasti udah tau tentang jurusan ini, tapi juga masih banyak juga yang belum tau gimana prospek kenyataan dari jurusan ini bukan? Bagi kamu penghobi akan dunia digital, perkembangan teknologi bidang telekomunikasi ya termasuk seluler maka udah cocok deh buat kamu ambil.

Teknik Telekomunikasi ini termasuk jurusan yang populer, kalo kamu mau tau ya jurusan ini tuh udah terkenal sejak tahun 90-an lho. yang greget nya lagi, pas jaman-jaman nya telepon rumah lagi dikembangkan nah banyak banget dibutuhin Sarjana Telekomunikasi!

Banyak yg akan kamu pelajari dari jurusan ini mulai dari cara ngebangkitin pengolahan, penyaluran, dan penyebaran informasi digital secara efektif dan efesien dengan memakai Metode Sains dan Rekayasa Digital! sedangkan Prospek kerja tuh mencenangkan lho yakni kamu bisa jadi Teknisi Mekanik Radio, Operator Radio bahkan kamu bisa jadi seorang Spesialis Teknik Telekomunasi yang hebat dengan gaji gede!

3. Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika

Industri Manufaktur Mobil, nggak bikin cape operatornya!

Industri Manufaktur Mobil, nggak bikin cape operatornya! via http://acwahana.com

Jurusan ini cocok bgt bagi kamu yang suka sama bermain Logika. Bukan cuma logika tapi cocok juga untuk kamu yang punya hobi bikin proyek engineering dan dunia industri yang bergelut dibanyak bidang. Yang perlu kamu tau tentang jurusan ini ialah jurusan yang perpaduan ilmu nya banyak bgt! Mulai dari Teknik Listrik, Informasi, Sistem kendali dalam pembuatan sistem otomatis yang digunakan oleh perusahaaan manufaktur.

Bukan cuma itu doang, tapi Jurusan ini juga bakal bikin kamu makin jadi orang yakni kamu akan menangani keterbatasan manusia yang sifat kerja berulang-ulang dengan dihasilkan dari integrasi aplikasi dan beberapa perangkat elektronik, menyediakan layanan kendali sistem otomatis untuk industri manufaktur sendiri, elektronika, agro, tekstil, pengolahan makanan dan minuman, dan peralatan elektronik rumah sakit bahkan industri pertambangan juga bisa!

Kalo kamu mau menekuni jurusan ini, dipastikan prospek kerja nya gahar banget. Gimana nggak gahar, kamu bakal jadi seorang Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Mesin bahkan Ahli Matematika!

4. Oseanografi

Pengamatan bawah Laut, Enak lho!

Pengamatan bawah Laut, Enak lho! via http://www.dealermobiltoyota.co.id

Bagi kamu yang suka akan fenomena-fenomena di dunia ini terutama fenomena tentang kelautan, maka jurusan ini cocok untuk kamu. Karena bisa kamu Aplikasikan fenomena yang kamu temukan ke dalam lingkungan, Rekayasa keilmuan, bencana laut yang terjadi, kehidupan perikanan dibawah laut, dan mitigasi bencana yang terjadi di laut. Walaupun jurusan ini nggak populer, tapi kamu akan punya pengetauan dan kemampuan yang nggak banyak orang miliki.

Proses kerja dari jurusan ini juga ternyata bakal bikin kamu ya cepet merid dah karena setelah kamu lulus maka kamu bakal jadi seorang Manajer Akuakultural. Dengan masih banyak akan perubahan Iklim dan dinamika kelautan maka peluang untuk kamu untuk mempelajari nya pun sangat besar.

5. Rekayasa Hayati

Mengenal lebih jauh tantang Tumbuhan deh

Mengenal lebih jauh tantang Tumbuhan deh via https://kasual.id

sSTeknologi. Saya baru paham ternyata teknologi banyak buanget bidang nya gila! Jika kamu adalah orang yang suka akan Ilmu Biologi, Senyawa Bioproduk, dan juga termasuk Teknologi bahkan kalo kamu mau lebih dalam mempelajari akan senyama kimia lebih lengkap dan rekayasi hayati akan tumbuhan maka jurusan ini udah cocok banget buat kamu deh.

Kenapa bisa cocok mas? Karena dipastikan kamu bakal pelajarin yang namanya sistem produksi dengan agen hayati berupa tumbuhan secara detail. Yang perlu kamu tau bahwa prinsip dari jurusan ini mirip banget kaya prinsip Teknik Kimia. Yang membedakan yaitu objek nya, karena objek dari jurusan ini adalah Agen Hayati. Kalo kamu minat maka ITB, dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati adalah kampus yang sangat tepat. Prospek kerja nya juga jos banget, kamu bakal bergelut dibidang Teknologi Pertanian, Kesehatan, Pangan yang membutuhkan Produksi Senyawa Bioproduk dengan Industri berskala besar yakni industri biofuel, biodegradable material, bahkan farmasi!

Nah, bagaimana dengan ulasan 5 Jurusan Teknik diatas? apakah kamu minat dari salah satu nya? Coba kamu pikirkan deh bagaimana dengan prospek kerja nya yang gahar itu. Semoga bermanfaat!