Berikut ini adalah beberapa contoh jurusan perkuliahan tentang Transportasi khususnya transportasi darat 🙂
Mohon maaf sebelumnya apabila ada kesalahan penulisan ya :).

 

1. D4 Transportasi Darat

D4 Transportasi darat

D4 Transportasi darat via http://sttd.ac.id

Jurusan ini terletak di STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) Bekasi. Jurusan ini mengajarkan kepada mahasiswanya tentang segala jenis transportasi darat, mulai dari LLAJ, Perkeretaapian, ASPD dan lain-lain.
Jurusan D4 TransDar dapat ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun masa pendidikan.
Mahasiswa yang lulus dari program ini mendapatkan gelar S.ST

2. D3 LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan)

D3 LLAj

D3 LLAj via http://sttd.ac.id

Sama dengan jurusan sebelumnya, jurursan ini juga terletak di STTD Bekasi dan khusus mempelajari tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kegiatan belajar mengajar yang sering dilakukan oleh jurusan ini adalah survey tentang keefektifan penggunaan jalan raya. Simulator kendaraan bermotor juga ada di jurusan ini untuk mendukung proses belajar mengajarnya. Jurusan D3 LLAJ dapat ditempuh selama 6 semester atau 3 tahun masa pendidikan.
Mahasiswa yang lulus dari program ini mendapatkan gelar A.Md LLAJ

3. D3 Perkeretaapian

samping kelas D3 Perkeretaapian

samping kelas D3 Perkeretaapian via http://sttd.ac.id

berikutnya adalah jurusan tentang transportasi dengan jalan besi atau perkeretaapian. Disini para mahasiswa diberikan pelajaran tentang peraturan tentang perkeretaapian, spesifikasi sarana  dan prasarana perkeretaapian dan masih banyak lagi ilmu yang hampir seluruhnya menyangkut tentang perkeretaapian. Terdapat pula beberapa laboratorium untuk mendukung proses belajar mengajar para mahasiswanya seperti, laboratorium mini simulator kereta api, simulator lokomotif, laboratorium persinyalan, dan laboratorium LAA (Listrik Aliran Atas). Jurusan D3 Perkeretaapian  sama dengan jurusan D3 LLAJ yang dapat ditempuh selama 6 semester atau 3 tahun masa pendidikan.
Mahasiswa yang lulus dari program ini mendapatkan gelar A.Md KA

4. D2 PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor)

Mobil survey

Mobil survey via http://Beritatrans.com

Sama dengan Jurusan sebelumnya, jurusan D2 PKB juga terletak di Bekasi. Jurussan ini mempelajari tentang pengujian yang dilakukan terhadap kendaraan khusussnya kendaraan roda 4 atau lebih sebelum dinyatakan laik digunakan. Jurusan D2 PKB Berbeda dengan jurusan D3 LLAJ maupun D3 Perkeretaapian yang keduanya ditempuh selama 6 semester atau 3 tahun masa pendidikan, sedangkan D2 PKB hanya 4 semester atau 2 tahun masa pendidikan.
Mahasiswa yang lulus dari program ini mendapatkan gelar A.Ma PKB

5. D3 LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan)

Berbeda dengan Jurusan sebelumnya yang berlokasi di Bekasi Jurusan ini berada di kota Palembang, Sumatra Selatan. Konsentrasi Jurusan ini adalah mengenai segala hal yang mberhubungan dengan penyeberagan lintas pulau. 
Mahasiswa yang lulus dari program ini mendapatkan gelar A.Md LLASDP