Keindahan yang dipancarkan dari alam kita memang luar biasa. Tak ubahnya sebuah surga yang tersembunyi di sudut bumi namun memukaunya keterlaluan, bahwa benar jika hidup itu terlalu singkat untuk tidak menikmati secuil keindahan alamnya nanti.

Cobalah buka mata kamu dan berikan sedikit kesempatan buat tubuh kamu untuk turut merasakan kemewahan alam terlebih jika kamu pergi bersama orang yang sungguh kamu kasihi, percayalah, kenangan yang akan kamu buat pasti lebih manis penuh makna.

Nah jikapun kamu adalah seorang traveler yang baik hati, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal yang menyebalkan seperti di bawah ini, simak ya!

1. Mengabaikan Larangan di Tempat Wisata

Taati aturan biar wisata tenang via https://www.thetripcorner.com

Seolah “cuek” terhadap berbagai larangan yang sudah ditulis dan dibuat di berbagai wisata alam yang dilestarikan kamu tidak mau mendengar dan menuruti. Sikap seperti ini sangat tidak wajib dimiliki oleh seorang traveler bijaksanan seperti kamu. Masih tega kah kamu merusak alam yang selama ini dijaga sepenuh hati oleh penduduk lokal demi egoisme kamu yang tinggi?

2. Buang Sampah Sekehendak Hati Bisa Buat Greget Setangah Mati!

Buang sampah pada tempatnya, dimanapun itu! via https://cahyahikarihamzah.files.wordpress.com

Nah ini kebiasaan yang semakin mengakar di budaya kita. Budaya yang jelek dan tidak patut dilestarikan. Sama halnya jika kamu mengunjungi berbagai wisata yang ada di Lembang misalnya, jangan pernah kamu membuang sampah di tempat wisata bukan hanya merusak alam yang kamu kunjungi namun juga menunjukkan siapa pribadi kamu yang sebenarnya. Dan jika kamu masih seperti ini, maka fix kamu tidak layak menikmati indahnya pesona alam yang dititipkan secara sukarela oleh Sang Pencipta. Begitu juga jika kamu menginap di hotel di Lembang nanti, tetap jaga kebersihan dimana pun kamu berada!

3. Vandalisme, Ancaman Serius dari Kaum Alay

Advertisement

Keindahannya mulai hilang kan? via https://jejakbocahilang.files.wordpress.com

Hal yang belakangan dikhawatirkan oleh beberapa kaum pencinta alam adalah vandalisme. Sebuah kejahatan yang sungguh mengancam keindahan alam kita yang mempesona. Juga sebuah kebodohan yang masih dianut oleh sebagian kaum yang lebih akrab dikenal dengan “alay”. Coba pikir untuk apa mencorat-coret monumen, bebatuan bahkan bangunan, ditulis dengan lambang nama dan yang lebih parah tulisan yang katanya melambangakan rasa cinta kamu kepadanya, cuiih!

4. Narsis Berlebihan

Narsis harus tetap ada batasnya via http://www.mobilelikez.com

Update status di sosial media kamu memang tidak ada salahnya, namun jika kamu selalu mengupdate dimanapun kamu berada sekarang bukan malah membuat para netizen kagum namum muak dan mual dengan semua traveling yang sudah kamu jalani. Jangan-jangan kebahagian kamu itu semu, tak lebih dari meminta belas pujian di sosial media. Jadi mulai sekarang lebihlah bijaksana apapun yang akan kamu update di sosial media kesayangan kamu nanti.

5. Rela Cari Mati Demi Ekstensi

Tetap safe saat narsis via http://www.afrioke.xyz

Narsis adalah salah satu ritual yang wajib untuk dilakukan ketika berwisata. Namun narsis bisa membawa keburukan juga lho. Seperti kejadian yang sudah-sudah, maka ketika ritual ini dilaksanakan maka pilihlah tempat yang aman, yang tidak membahayakan diri sendiri, teman atau tidak menyebabkan kerusakan terhadap fasilitas.

Kan sayang kalau bunga-bunga yang indah itu terinjak-injak hanya karena sedang kegirangan berselfie narsis, bahkan ketika diatas gunung pun tetap berhati-hati ya.