Kamu masih merasa bahwa kamu orangnya biasa-biasa saja? Yang hanya bisa diam dan termenung dalam malu, hanya bisa bermimpi tentang hidup di mana kamu menjadi bintang yang bersinar, berada di tempat tak biasa, menjadi luar biasa?

Duh, rugi sekali masa mudamu kalau begitu! Padahal kamu bisa meraih apapun juga dalam hidupmu, lho.

1. Berbicara soal diri sendiri saat ini adalah bicara tentang impian masa depan

menatap masa depan via http://google.com

Setiap orang memiliki impiannya masing-masing. Meskipun sebenarnya kamu tahu jauh sekali tuk menggapainya, namun kamu harus percaya diri. Karena itu satu-satunya cara yang harus kamu lakukan di usia mudamu saat ini.

Tentu saja kamu ingin berada di tempat seharusnya kamu berada, membiarkan sinar matahari menyinarimu, menjadi bintang yang bersinar, dan melepaskan semua belenggu. Menemukan siapa kamu yang sesungguhnya, melepaskan siapapun yang mengekangmu, yang selama ini menghalangimu "mau jadi apa".

2. Cogito Ergo Sum yang berarti: saya berpikir maka saya ada

saya berfikir maka saya ada via http://tumblr.com

Advertisement

Sebuah ungkapan yang barangkali sudah sering kita dengar Cogito Ergo Sum" yang berarti saya berpikir maka saya ada, merupakan ungkapan oleh seorang filsuf, Rene Descartes.

Ya. Bagi manusia, eksistensi diri itu penting. Eksistensi diri adalah manifestasi dari kualitas diri, seseorang tidak akan diakui eksistensinya apabila ia tidak memiliki kualitas yang secara mencolok berbeda atau lebih dari orang lain.

Bukan asal berbeda, tetapi juga harus berkualitas. Misal Anak Baru Gede, yang biasanya akan mencari jati diri dengan mengekspresikan dirinya sekedar untuk menunjukkan bahwa dia sudah bukan anak-anak lagi. Mereka ingin diakui eksistensinya sebagai anak yang sudah mulai dewasa dengan ciri khasnya masing-masing.

Sesungguhnya eksistensi adalah sesuatu yang inheren pada diri seseorang. Memang tidak perlu menonjol-nonjolkan diri kalau memang memiliki suatu kelebihan, karena orang lain akan mengakui kelebihan tersebut dengan sendirinya, kalau memang ada. Sekarang tinggal kamunya akan diarahkan ke mana kehidupannya?

3. Temukan seseorang yang akan menjadikanmu orang yang “sempurna”

wanita sempurna via http://wikipedia.com

Kamu harus mulai menemukan potongan hatimu yang hilang; mulailah berpikir untuk siapa kamu mempersiapkan diri selama ini, dan untuk siapa juga kamu ingin menjadi perempuan yang sempurna kelak.

Kamu harus memulai sejak saat ini, memahami dan mencoba menggapai semua mimpi, menemukan alasan mengapa kamu harus berada di tempat tersebut. Kamu masih muda, berhentilah menghabiskan waktu dan terpaku pada masa lalumu!

Tempat yang seharusnya bagimu adalah berada dengan orang yang tepat. Namun jika belum kamu temukan, ya bersabarlah. Sebab setelah hari di mana kamu temukan dia yang lebih baik, kamu akan berterimakasih pada masa lalumu.

Silahkan tinggalkan ketakutanmu dan ayo kembali letupkan semangat! Berusahalah cari tempat yang lebih baik karena dunia akan terus berputar dari hari ke hari.

Move on atas apapun yang telah lalu, tenang dalam bahagia, dan bergembiralah karena kamu adalah pemenang untuk seseorang.

4. Bertepuk tanganlah untuk dirimu sendiri

Kamu kan kuat jadi kamu pasti bisa kok via http://google.com

Maka mari bertepuk tangan untuk diri sendiri, sembari menunggu waktu di mana kamu bisa berdiri di tempat yang kamu inginkan dan membuat peraturan hidupmu sendiri.

Duniamu akan lebih baik karena kamu tahu kamu tahu mau jadi apa, karena kamu sudah tak lagi malu tuk katakan pada dunia bahwa kamu punya impian.

Selama ini kamu masih sendiri saja dalam mencari yang disebut bahagia itu? Maka kamu perlu menyemangati dirimu sendiri, dengan berusaha menjadi sang motivator. Menunggu teraihnya impian menggunakan kenekatan, karena kamu 'kan punya kemauan dalam profesi apapun yang kamu jalani hari ini?

5. Masih muda masih bisa terus berjuang dan berlelah-lelah

Perempuan itu kuat via http://google.com

Kamu percaya perjalanan hidupmu saat ini telah membawamu agar bisa lebih realistis melihat betapa beratnya hidup, namun bagaimanapun juga, itulah hidup yang tetap harus dijalani.

Dulu, waktu kecil kamu sering belajar dari film betapa manis dan romantisnya kisah para putri dan pangeran dalam dunia dongeng fantasi. Namun sekarang, setelah ada dalam lingkunganmu berada, kamu mulai menyadari betapa tidak nyambungnya sebuah kenyataan dengan apa yang ada dalam dunia kerajaan itu.

Apapun profesimu saat ini, semua tak semudah di negeri dongeng. Bagaimanapun jalan hidup saat ini, tetaplah merasa selalu ikhlas menerimanya, tetaplah merasa bebas dan tidak terbebani. Dengan penuh keyakinan dan menerima pula kejutan-kejutan manis, hidup saat ini seharusnya semakin membuatmu merasa bahwa impian yang ingin kamu raih masih bisa kamu raih.

Kamu pun tak perlu takut menjadi pemimpi, asal kamu mau menerima jalan hidupmu sendiri.

6. Ketika kamu bersungguh-sungguh meraih impian, maka kamu akan mampu mendapatkannya

Apapun impianmu, raih itu via http://tumblr.com

Orientasi setiap orang memang berbeda; ada kekayaan, ketenaran, kepuasan bahkan kebahagiaan. Tapi kebahagiaan inilah yang menuntun setiap orang agar menjadi lebih matang dalam kehidupan, jika dibandingkan dengan orang yang mengaku sukses dengan hal lainnya.

Jangan pernah salahkan apapun jalan hidupmu! Apapun profesimu, siapapun orang-orang yang telah hadir, karena Tuhan ciptakan jalan yang demikian itu untuk kamu lalui, dan agar kedepannya kelak kamu lebih mampu mensyukuri nikmat-Nya karena telah diberi hidup sampai detik ini.

Sadarilah betapa berharga hidup yang telah kamu lalu. Dengan tetap meyakini janji Tuhan bahwa ketika kamu bersungguh-sungguh meraih impian, maka kamu akan mampu mendapatkannya!