Kalimantan Barat terkenal dengan sebutan provinsi ‘seribu sungai’, dimana banyak ditemui ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dilayari. Kondisi geografis Kalimantan Barat yang dipenuhi aliran sungai dan juga efek dari erosi vertikal, menyebabkan banyaknya air terjun tersebar di provinsi ini. Terdapat puluhan air terjun dengan berbagai macam keunikannya terhambur di sekitar Sintang, Bengkayang, Ngabang dan beberapa daerah lainnya.

1. Riam Pangar

Kalo kamu bosan dengan liburan yang itu-itu aja, kamu bisa maen kesini. yap, Riam Pangar. Sebuah Tempat yang menghadirkan pemandangan indah sekaligus memicu adrenalinmu. Riam Pangar terletak di Desa Pisak, Kecamatan  17, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Dari Ibukota Kalbar Pontianak anda bisa berkendara menggunakan sepeda motor / mobil kurang lebih sekitar 5 jam perjalanan. Secara tingkatan, Riam Pangar sebenarnya berada di atas Riam Berasap /Merasap (akan di bahas di listicle berikutnya) yang sebelumnya sudah terkenal menjadi objek wisata warga Bengkayang. Namun di Riam Pangar, pengelola memberikan rasa berbeda. Permainan arung jeram dibuka. Untuk menggiatkan hal tersebut, dibentuklah Kelompok Sadar Wisata di desa Pisak ini. Riam yang terlihat lebih indah di musim penghujan karena arusnya yang deras dan tumpahan airnya yang besar. gimana? Kira-kira berminat gak?

2. Riam Merasap

Riam Merasap via https://www.instagram.com

Nah, di listicle pertama udah kita bahas sedikit tentang Riam Pangar yang posisinya di atas Riam merasap. Jadi Riam Merasap dan Riam pangar berada pada satu jalur, dan kalo kamu berkunjung kesini, kamu bisa menikmati dua riam dalam 1 hari. Riam Merasap memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar sekitar 8 meter dengan air jernih yang mengalir disana dan panorama rimba tropis khas Kalimantan yang membuat air terjun ini semakin indah. Pemerintah setempat memanfaatkan air terjun ini sebagai sumber listrik sehingga dibangun PLTA, dikarenakan debit air yang tinggi. Katanya, katanya Riam ini sering disebut sebagai miniatur Air Terjun Niagara.
Buat kamu yang mau liburan bareng keluarga juga bisa main ke Riam ini karena mudah di jangkau dan tidak ada biaya untuk masuk, alias gratis. Kamu cuma perlu siapin duit Rp. 5.000,- buat ongkos parkir aja.

3. Riam Batafsa

Riam Batafsa / Bahatafsa via https://www.instagram.com

Advertisement

Riam Batapsa / Bahatapsa
Masih di wilayah kabupaten Bengkayang. Sebuah riam atau patahan sungai yang terletak di desa Madi, kecamatan Lumar Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Menempuh perjalanan pergi selama 5 jam dari ibukota propinsi Kalimantan Barat, kemudian dilanjutkan dengan pendakian sekitar 4 jam. Dengan jalur pendakian melewati sisi tebing bebatuan cadas dan tanah yg sewaktu-waktu bisa saja longsor , dengan ketinggian 10-30 meter. Riam Batapsa atau Bahatapsa setinggi 300m dan memiliki 23 tingkat pada 1017mdpl di dalam awan yang mana riam ini adalah bagian eksotis jika kamu sedang bereksplore ke gunung Bawang. mulai di kunjungi wisatawan pada tahun 2015 lalu meski dengan medan yang bisa di katakan cukup memegalkan otot kaki. hehehe
Selama perjalanan menuju riam Batapsa, akan dijumpai puluhan patahan sungai kecil juga beberapa riam lain seperti riam Batu Timah, dan riam Makamok. Flora dan fauna hujan tropis menambah lengkap sensasi alam disini. Dilengkapi dengan gigitan lintah-lintah cantik penghisap darah yang yang menjadi fauna khas hutan kalimantan yang basah. Berminat kesini?

4. Riam Dait

Riam Dait 7 Tingkat via https://www.instagram.com

Jauh di pelosok timur laut Kota Pontianak, tersembunyi 7 tingkat air terjun yang terbentuk dari patahan Sungai Dait. Riam Dait namanya, atau sering disebut Air Terjun Remabu oleh warga sekitar. Air terjun unik ini berlokasi di Desa Skendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Dapat diakses dari Kota Ngabang atau bisa juga melewati Kecamatan Tayan.

Lokasinya yang berada jauh di pelosok Kota Pontianak, sehingga membutuhkan waktu yang lumayan panjang untuk sampai di air terjun 7 tingkat ini. Sekitar 6 jam waktu yang diperlukan para pengunjung jika memulai perjalanan dari Kota Pontianak. Perlu diketahui, jika dibandingkan dengan jarak dari Pontianak, letak air terjun ini jauh lebih dekat dari Entikong yang merupakan perbatasan NKRI dengan Malaysia.

Sampai di areal tingkat pertama air terjun ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan lanskap alam yang masih sangat asri. Sebuah air terjun menjulang tinggi dengan rimbunnya pepohonan yang mengelilingi riam tersebut akan membuat mata berdecak kagum. Selain itu, di sekitarnya terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu ditemui di air terjun lainnya. Tentunya akan lebih seru jika berkemah di areal ini, sensasinya hampir sama dengan berkemah di pantai karena pasir putihnya. Pilihan berkemah juga sangat tepat, karena dengan itu bisa menjelajahi 6 riam lainnya dengan waktu yang lebih fleksibel.

Untuk bisa sampai di tingkat berikutnya, terdapat trek yang masih agak tertutup dan beberapa tebing pendek yang mengharuskan para pengunjung untuk memanjat. Yang paling mudah terjangkau adalah air terjun tingkat 2 dan 3, mulai dari tingkat 4 hingga tingkat 7 treknya mulai sukar karna masih jarang didatangi. Percikan airnya membuat Pasir Pesona Riam Dait serta rimbun pepohonan hijau disekelilingnya akan membuat mata para pengunjung berdecak kagum. (Rizal/www.indonesiakaya.com)

5. Riam Bedawant

Riam Bedawant via https://www.instagram.com

See! Salah satu destinasi Air terjun favorit karena yang orang-orang bilang tentang air terjun ini (surga tersembunyi di Kalimantan Barat) bener banget. Sebuah air terjun / Riam yang terletak di Desa Dange Aji, Kecamatan Air Besar, Serimbu, kabupaten Landak. Kurang lebih sekitar 5-6 jam dari Kota Pontianak. Kecamatan yang terkenal dengan keindahan alam berupa air terjun. Dari desa Dange aji kamu bisa melanjutkan perjalanan – trekking sekitar 4-5 jam. Tergantung fisik masing-masing. hehehe
Sepanjang perjalanan menuju Riam Bedawant akan kamu temui bermacam jenis anggrek. Ikan hampala yang berlimpah di sungai yang jernih, kamu bisa jalan-jalan sambil mancing. dan kalau beruntung masih ada spesies enggang yang sesekali terlihat di hutan ini. Jalur yang lumayan cadas menuntut kehati-hatian karena kanan kiri yang kita jelajahi bukan sekedar hutan tapi juga tebing curam yang lumayan mengerikan apalagi kalau perjalanan dilakukan pada malam hari (berdasarkan pengalaman).
Di atas riam bedawant ada puncak tertinggi dari riam yang kata penduduk setempat dinamakan Unga yang dapat di tempuh sekitar setengah sampai satu jam pendakian. 

So, buat kamu yang doyan jalan ke hutan sambil camping menikmati Alam ciptaan Tuhan. Boleh dah mampir ke tanah Borneo. Ada puluhan Air terjun yang bisa kamu kunjungi, dan yang pasti ADA AKU yang mau menemani!