Korupsi merupakan tindakan penyelewengan atau penyalahgunaan aset tertentu untuk kepentingan pribadi. Berdasarkan jenisnya, korupsi tak selalu identik dengan uang atau materi. Ada banyak perbuatan penyelewengan yang sebenarnya masuk dalam kategori korupsi. Tahukah kamu jenis korupsi apa sajakah itu? 

1. Korupsi Waktu

Stop Terlambat! via http://mercusuar.uzone.id

Dalam dunia pemerintahan, 'korupsi waktu' diartikan sebagai penyalahgunaan waktu dinas untuk kepentingan pribadi. Dalam keseharian pun, tak jarang kita melakukan korupsi waktu. Hobi telat saat kuliah adalah salah satu contohnya.  Jika dilihat alasannya, mungkin kamu telat karena ketiduran. Sebenarnya, penting mana antara kuliah sama tidurmu? Waktu kuliah kamu pakai untuk tidur, giliran waktu tidur, malah di pakai untuk keluyuran

2. Korupsi Ide

Jangan Suka Mencontek via http://upstation.unipin.co.id

Pernah dengar tukang contek, penjiplak, atau istilah plagiarisme? Ini adalah julukan untuk mereka yang sudah mencuri ide orang lain, dan mengakui ide tersebut sebagai ide mereka. Kamu pasti sering menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga aja kamu tidak termasuk dalam koruptor jenis ini. 

3. Korupsi Kerja

Kerja Bareng via https://www.vebma.com

Advertisement

Kategori korupsi yang seperti ini pasti sering kamu alami. Pernah nggak, ada temanmu yang ngaku hasil kerjamu sebagai  hasil kerja bersama? Kamu sudah berusaha sendiri buatin bahan presentase, tetapi karena alasan teman baik, kamu diharuskan untuk memasukkan nama temanmu dalam daftar kelompok. Besoknya, saat presentase di depan dosen,  ia pura-pura ngebahas seolah-olah ada ikut kerja tugas bareng. Wah, kalau bertemu orang yang seperti  ini, jangan  sekali-kali mau di korupsi tenaga dan waktumu olehnya. 

4. Korupsi Tempat

Biasakan Antri via https://silahkanshare.com

Sering kan, kamu melihat ada orang yang suka merebut tempat duduk orang lain di bus, angkot, dan sebagainya? Ini merupakan jenis korupsi yang disebut korupsi tempat. Contoh lainnya, kamu sedang antri di sebuah tempat perbelanjaan, tetapi  ada orang  yang malas  antre sehingga menerobos masuk mengambil tempatmu. Pasti kamu akan merasa sikap orang tersebut tidak pantas, bukan?  Tentu saja, karena hal tersebut merupakan tindakan penyelewengan yang merugikan orang lain.

5. Korupsi Kesempataan

Kalau korupsi jenis ini masuk dalam kategori tindakan bersifat kolusi. Salah satu contohnya adalah seperti kasus "Titip absen". Mentang-mentang kamu punya teman akrab, dan temanmu juga senang membantu, kamu pun menjadikan hal tersebut sebagai kesempatan untuk membuat persengkokolan. Akhirnya, absenmu yang seharusnya di isi Alpa, malah di isi dengan keterangan hadir oleh temanmu. Wah, tindakan kolusi yang seperti ini tidak boleh dipelihara.

Itulah beberapa jenis korupsi yang masih sering di lakukan banyak orang. Semoga kamu bisa mengenalinya dengan lebih baik.