Tidak bermaksud menakuti-nakuti, tapi sebagai fresh graduate kamu harus siap menghadapi berbagai hal yang telah menunggu. Pilihan untuk melanjutkan kuliah lagi atau langsung bekerja seringkali membuat kamu galau. Kamu yang dilanda hasrat ingin S2 sambil bekerja atau kamu yang ingin menyelami pekerjaanmu seutuhnya terkadang masih menyimpan rasa bimbang saat menjalaninya. Apalagi kalau kamu sering nongkrong bersama teman-temanmu, tentu obrolan galau para fresh graduate ini yang menjadi topik terhangat pembicaraan. 

Lalu, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan bagi fresh graduate supaya kamu engga selalu dilanda kebimbangan selama setahun-dua tahun menjalani hidup di dunia sebenarnya? Yuk simak beberapa hal berikut ini: 

 

 

1. Ketahui dengan Pasti Passion Kamu

Ketahui dengan Pasti Passion Kamu

Ketahui dengan Pasti Passion Kamu via https://inspirasipagianda.wordpress.com

Kunci bahagia hidup memang engga selalu berkat kecintaanmu terhadap sesuatu hal, namun engga ada salahnya kalau menjalani aktivitas didasari rasa cinta. Sama seperti saat kuliah, walaupun banyak di antara fresh graduate ambil jurusan karena "terpaksa", tapi kenyatannya kamu lulus dengan tidak sebahagia temanmu yang memilih jurusan kuliah karena dilandasi keinginannya yang besar dalam mencapai cita-citanya. 

Mengambil sebuah langkah karena terpaksa adalah wujud kalau kamu sedang bimbang ditambah dengan tuntutan waktu untuk segera memutuskan. Hal tersebut sebenarnya bisa menjadi lebih mudah jika kamu sudah mengetahui passionmu sejak dulu. Untuk itu, kenali dirimu sendiri dan lakukan kegiatan yang membuat dirimu tidak terbeban serta dapat berkembang dalam menjalaninya. Jangan malu-malu melibatkan kerabat terdekatmu untuk mendengar saran maupun saat menentukan pilihan yang mau kamu ambil. 

 

2. Selami Passionmu dan Berkembanglah

Selami Passionmu dan Berkembanglah

Selami Passionmu dan Berkembanglah via http://daviddewolf.com

Jika kamu sudah mengetahui passionmu dibidang apa, maka perdalamlah bidang tersebut agar hidupmu tidak sesempit cita-citamu di awal. Misalnya kamu senang memasak, tentu hobimu ini tidak melulu hanya seputar dapur, resep, dan menjadi juru masak saja. Kamu bisa mengembangkan hobi memasakmu dengan mendirikan restoran besar dan membuka kursus memasak. Hal-hal tersebut dapat diwujudkan dengan sebelumnya dilakukan berbagai upaya yang maksimal, misalnya mengikuti kursus dan lomba masak, rajin membuat resep-resep maupun variasi makanan baru, dan perbanyak bergaul agar koneksi pertemananmu semakin meluas. 

3. Pikirkan dengan Baik, Menempa Pendidikan Lagi atau Mencari Uang?

Pikirkan dengan Baik, menempa Pendidikan Lagi atau Mencari Uang?

Pikirkan dengan Baik, menempa Pendidikan Lagi atau Mencari Uang? via http://www.studentvillage.co.za

Apakah kamu setelah lulus kuliah ingin membahagiakan keluargamu dengan membelikan berbagai barang-barang kesukaan mereka dan juga ingin mentraktir makan mereka? Jika ya, pilihan setelah lulus kuliah langsung bekerja adalah pilihan yang tepat. Menyenangi keluarga maupun kerabat terdekat juga merupakan wujud syukur kamu kepada Tuhan dan mereka karena kamu tahu bahwa tanpa mereka, kamu tidak akan seperti sekarang. Dengan bekerja pun, uang hasil jerih payahmu ini juga dapat ditabung untuk masa depanmu (menikah atau kuliah biaya sendiri) jika kamu pandai mengatur keuangan. Bekerja tidak hanya tentang uang saja loh, tapi juga mengenai ilmu, pengalaman, dan hubungan pertemanan yang semakin meluas. 

Bagi yang ingin menempa pendidikan kembali selagi masih muda dan memiliki hasrat yang menggebu-gebu dalam mencari ilmu, setelah lulus S1 langsung menempuh ke jenjang S2 bisa kamu pilih. Untuk itu, pikirkan dengan baik apakah jurusan S2 kamu nanti penjabaran dari jurusan S1 kamu atau sebaliknya. Jika kamu ingin gelar S1 tidak sama dengan gelar S2, percayalah pengetahuanmu akan semakin kaya. Tidak lupa kamu harus mempertimbangkan perguruan tinggi mana yang kamu pilih, apakah di dalam negeri atau luar negeri, serta melalui program beasiswa atau masih biaya orang tua. Dengan sebelumnya kamu mengetahui passionmu apa, tentu pilihan yang diambil menjadi lebih mudah. 

4. Mau Jalan Dua-duanya: Bekerja Sambil Kuliah

Mau Jalan Dua-duanya: Bekerja Sambil Kuliah

Mau Jalan Dua-duanya: Bekerja Sambil Kuliah via http://news.okezone.com

Bekerja sambil kuliah merupakan pilihan yang cukup menyita waktumu sehari-hari. Engga hanya waktu luangmu yang bisa hilang, tapi waktu istirahatmu pun demikian. Hal ini biasanya dialami fresh graduate yang memiliih bekerja 8 jam sehari dan mengambil kuliah dihari menjelang weekend. Bekerja 8 jam sehari pun belum tentu benar-benar 8 jam loh (lembur), belum lagi kondisi jalanan yang semakin engga bersahabat cukup memakan waktumu di jalan. Tugas kantor dan kuliah yang menumpuk juga menyita waktumu. Jika kamu sudah siap dan bersedia dengan kehidupanmu yang tidak jauh dari persoalan kantor dan kuliah, maka senangi pilihanmu ini dan tetap berpikir positif terhadap apa yang kamu jalani. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang baik agar kesehatanmu selalu terjaga. 

Lalu, kalau kamu merasa engga siap dengan keadaan dirimu jika memilih bekerja 8 jam sehari sambil kuliah, maka pilihan bekerja part time atau freelance adalah pilihan yang tepat. Meskipun kamu engga mendapat gaji setara fresh graduate yang bekerja 8 jam, tapi kamu memiliki waktu yng cukup dalam membagi antara pekerjaanmu dengan kuliah. Kamu pun masih memiliki waktu kosong bersama keluarga maupun teman-teman. Gaji kamu juga dapat digunakan untuk biaya hidupmu sehari-hari. 

 

5. Cintai Pilihanmu dan Percayalah Setiap Keputusan Ada Positif-Negatifnya

Cintailah Pilihanmu dan Percayalah Setiap Keputusan Ada Positif-Negatifnya

Cintailah Pilihanmu dan Percayalah Setiap Keputusan Ada Positif-Negatifnya via http://ukstudy.ro

Sebuah penyesalan yang berlarut engga akan mengubah apapun jika kamu engga berusaha untuk memperbaikinya. Silahkan jika kamu ingin menyesali pilihan yang diambil, namun sesalilah dengan sebentar dan bangkit untuk membangun kehidupanmu kembali. Jika kamu sudah terlanjur jauh ke dalam pilihanmu tersebut, kembangkan dan lakukanlah perubahan dengan baik. Hal tersebut bertujuan agar apa yang telah kamu mulai tidak menjadi sia-sia. Kamu pun dapat menyisipkan hal-hal yang kamu sukai pada pilihanmu tersebut. 

 

Dari setiap problem yang dihadapi para fresh graduate, usahakan untuk selalu melibatkan orang-orang terdekat dalam mengambil keputusan. Mendengarkan saran dan nasihat mereka merupakan salah satu hal yang cukup ampuh dalam mengambil keputusan loh. Selamat menentukan pilihan!