Berbicara soal keindahan alam Indonesia tidak akan ada habisnya, maka sudah sepantasnya kita sebagai warga negara bangga dan wajib menjaganya. Indonesia menyimpan banyak sekali keindahan alam, yang jarang sekali ditemukan dinegara lain, dan berikut adalah taman nasional yang masuk dalam situs warisan dunia (UNESCO).

1. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser via http://www.kutacaneku.blogspt.com

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) adalah salah satu kawasan pelestarian alam di Indonesia yang terletak di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Utara. Luas Taman Nasional ini mencapai 1.094.692 Hektar. Taman Nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang berdiri tegak setinggi 3.404 meter diatas permukaan laut di Aceh.

2. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat via http://www.blog.umy.ac.id

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah Tmaan Nasional terbesar di Sumatera, Indonesia. Memilki luas hampir 1, 4 hektar. Taman Nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tinggi di Sumatera, Gunung Kerinci (3.805 m).

3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Advertisement

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan via http://www.arthaliwa.wordpress.com

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah taman nasional yang ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis Smutaera dan juga kekayaan alam lainnya. Pada awalnya Bukit Barisan adalah cagar alam dan suaka margasatwa dan diresmikan sebagai taman nasional pada tahun 1982. Luas daerahnya mencapai 324.000 hektar. Tujuh puluh persen terletak di wilayah Lampung Barat dan Tanggamus, yang mana keduanya masuk dalam wilayah Provinsi Lampung, dan lainnya terletak di daerah Kuar, Provinsi Bengkulu.

4. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon via http://www.ku2h.com

Taman Nasional Ujung Kulon adalah taman nasional yang paling terkenal dengan habitat badaknya, terletak di Tatar Pasundan, wilayah paling barat pulau Jawa. Mempunyai luas sekitar 122.956 hektar. Pada awalnya daerah ini adalah lahan pertanian dan hancur lebur ketika Gunung Krakatau meletus pada tahun 27 Agustus 1883.

5. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo via http://www.anekatempatwisata.com

Taman Nasional Komodo adalah taman nasional yang memang didirikan untuk melindungi habitat komodo. Terletak diantara Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Total luas taman nasional ini adalah 1.817.000 hektar. Bukan hanya komodo, di taman nasional ini hidup beberapa hewan darat dan burung yang dilindungi.

6. Taman Nasionla Lorentz

Taman Nasional Lorentz via http://www.datakesra.menkokesra.go.id

Taman Nasional Lorentz adalah taman nasional yang terletak di Papua, Indonesia. Luas wilayahnya mencapai 2.400.000 hektar, yang mana merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Wilayahnya terdapat persediaan mineral dan operasi tambang berskala besar yang masih aktif sampai sekarang.