1. pengalaman saya

pengalaman saya mendaki via https://www.google.co.id

Mulai dari mengikuti acara rapat karang taruna di RT/RW setempat saya banyak belajar tentang cara bermasyarakat yang baik sampai menjaga lingkungan ini. Nah, buat kalian yang baru mencintai alam banyak-banyaklah mencari tahu tentang bagaimana menjadikan alam ini tumbuh setelah dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Pada satu diskusi kemasyarakatan saya mendapat ilmu mengenai persiapan apa saja saat kita ingin mendaki ke suatu gunung. Saya pun baru dua kali mendaki ke gunung di indonesia ini dan mendapatkan pelajaran dari perjalanan yang saya lakukan ketika mendaki. Jadi kali ini saya akan berbagi isi diskusi dari bapak ketua RT di wilayah saya dan tips untuk pendaki pemula yang wajib diketahui mulai dari persiapan keberangkatan, ketika mendaki dan ketika pulang dari mendaki. Simak selanjutnya di bawah ini :

2. • Sebelum mendaki

packing sebelum mendaki via https://www.google.co.id

a. Persiapan sebelum mendaki adalah menyiapkan segala sesuatu keperluan, mulai dari mental yang kuat, niat yang baik, dan izin orang tua (PENTING). Mengapa penting ? karena kalian harus memiliki ketiga opsi itu ketika mendaki, jika tidak maka kalian akan merasakan kegelisahan, mengecewakan orang lain, serta menyiksa diri sendiri.

b. Perencanaan yang seharusnya kalian tentukan ketika sebelum melakukan pendakian. Kalian harus melakukan planning ini secara matang seperti : mau mendaki ke gunung mana , kalian ingin pergi bersama teman atau open trip komunitas. Semuanya harus direncakan dengan baik – baik.

Advertisement

c. Itinerary atau LINE UP ketika kalian ingin berangkat mendaki seperti : berangkat untuk ke lokasi gunung yang kalian tuju, tiba di pos masuk perizinan gunung, dan jam berapa kalian akan turun dari puncak gunung.

d. Lengkapi peralatan untuk mendaki ini sangatlah penting untuk kalian para pemula. Karena cuaca di alam bebas itu berbeda dengan lingkungan yang biasa kita rasakan ketika dirumah. Perlengkapan nya apa saja ? : sleeping bag, jaket, tenda, logistik, sarung tangan,topi,kantong sampah,nesting,alat masak,carrier,senter,identitas diri,sepatu untuk mendaki,kaos kaki cadangan,serta baju salinan jika mudah berkeringat, dan jas hujan. Meski sedikit ribet segala peralatan ini namun semuanya yang tertulis diatas itu berguna ketika kalian sedang berada diatas gunung.

e. Menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga kecil seperti lompat – lompat atau joging. Serta olahraga berat namun dalam jangka waktu singkat saja ya agar tubuh kalian tidak terlalu capek. Karena kondisi tubuh kalian itu penting ketika mendaki dengan cuaca yang berbeda akan sedikit kaget mungkin. Dan yang terpenting adalah periksa kondisi tubuh kalian ke dokter dengan membawa surat periksa dari dokter ketika memasuki kantor perizinan mendaki.

f. Logistik adalah semua kebutuhan untuk tubuh kalian ketika berada di atas puncak gunung. Makanan yang harus kalian bawa ketika mendaki yang ringan – ringan saja jangan terlalu berlebihan pula seperti : sosis,nugget,telur,sarden,beras secukupnya saja. Dan yang paling penting adalah persiapan air untuk minum di setiap carrier kalian dan teman – teman. Karena di pegunungan ada yang dekat dengan sumber air ada juga yang jauh.

g. Surat perizinan mendaki harus mendaftarkan dengan data diri yang benar ketika kalian berada di kawasan konservasi gunung yang kalian tuju.

h. OUTFIT atau pakaian kering yang kalian bawa sebagai untuk salin ketika tidur atau mendaki, karena di gunung cuacanya tidak menentu terkadang hujan,badai,maupun panas yang terik. Saya harap kalian membawa dengan secukupnya.

3. • PENDAKIAN

pada saat pendakian via https://www.facebook.com

a. PERSIAPAN ASUPAN TUBUH SEBELUM MENDAKI itu sangat penting. Karena jangan sampai kalian mendaki dalam keadaan perut yang kosong. Ya secukupnya saja untuk mengisi perut kalian sebelum mendaki seperti ngemil kecil, makanan ringan. Karena banyak pendaki yang over melanggar aturan ini dan menyebabkan Hipotermia ataupun meninggal karena tidak kuat menahan cuaca ekstrim di gunung. ( amit – amit deh jangan sampe).

b. BERDOA sebelum pendakian itu wajib hukumnya. Karena seperti pada umumnya kita menginginkan kembali kerumah masing – masing dengan selamat amin…. berdoalah dengan kata yang baik dan harapan kalian ketika berada di gunung untuk menghilangkan sifat buruk kalian dalam pendakian.

c. Safetyirst ini berguna sekali untuk para pendaki pemula, karena selain kalian pertama kalinya mendaki tidak tahu aktivitas apa yang akan kalian lakukan, perjalanan melewati arah mana ketika mendaki gue saranin kalian pasrah aja deh serahin semuanya ke leader kalian yang berpengalaman dalam hal mendaki.

d. Membawa sisaan sampah ke bawah pegunungan. Karena sampah yang dibuang pada puncak gunung dapat merusak alam, membuat gunung menjadi kotor, dan udara diatas gunung akan tercemar karena sampah kalian. seperti yang tadi gue bilang pada Interity , kalian wajib membawa kantong plastik besar untuk sampah sisa makanan yang kalian bawa. Enggak berat kok dan kalian bisa mendapatkan pahala juga karena menjaga kebersihan seperti pada hadist yang pernah saya dengar : “kebersihan itu adalah sebagian dari iman”

e. Tetap hidup dan selamat adalah tujuan kita dan doa harapan dari orang tua kita dirumah. Seperti kita berangkat ke sekolah kemudian pulang dengan selamat untuk melanjutkan aktivitas dihari esok.

4. • Setelah pendakian

setelah pendakian via https://www.google.co.id

a. Memberi kabar kepada orang terdekat dari diri kalian seperti orang tua, pacar, istri, calon istri, calon mantan, calon legislatif hehehe, ya sewajarnya saja dengan memberi kabar bahwa kalian telah selamat setelah mendaki dan sekarang sedang beristirahat pada tempat sebelum menuju pulang.

b. Istirahat cukup ketika kalian sampai di basecamp pendakian. Istirahatlah dengan tenang sambil menghela nafas kalian yang beberapa hari mendaki gunung. Jangan lupa ucapkan kata baik ketika selesai mendaki, “ alhamdulillah sampai juga dan bisa pulang kerumah oh emak aku rindu “ atau “akhirnya sampai juga di basecamp bisa ketemu pacar akoh yang caem” hehehe.kemudian mandi untuk membersihkan diri sebelum pulang, biar sampe dirumah kan wangi ketika disambut ama emak atau pacar sambil bilang “ mak aye pulang nih dari gunung bawa oleh oleh pakean kotor” enggak gitu juga kaleeee……

c. Berdoa sebelum perjalanan pulang sambil menunggu bis atau kendaraan yang mengantarkan kalian pulang kerumah. Semoga bisa selamat sampai ditujuan dan bisa berangkat lagi ke gunung yang lain bersama teman – teman yang lain untuk mencintai alam serta menjaganya. Beuhhhh mantap gak tuh udeh dapet pengalaman, bisa menjaga alam, mencintai tanah air, bisa dapet kenangan juga di gunung. Indah kan jadi seorang pecinta alam. Dan jangan lupa ajak teman kalian yang lain untuk menjaga alam dan melestarikan alam. nah bagaimana nih sobat sudah selesai tips dari gue mengenai pendakian untuk para pemula. Kalau ada yang berpengalaman atau pernah mendaki mohon dikoreksi lagi ya siapa tau ada yang kurang atau salah kata mohon dimaafkan. Salam LESTARI>>> kakycurly

keepsmiling !!!!!!

jangan lupa komentar kalian pada artikel ini… semoga bermanfaat ….

5. INFORMASI

informasi penting via https://www.google.co.id

terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. jika ada kurang lebihnya saya minta maaf. wasalam