Kuliah di perguruan tinggi baik itu universitas, politeknik ataupun akademi bakal menguras kantong kamu. Biaya kuliah yang tidak sedikit terkadang membuat beberapa mahasiswa lebih memilih untuk mencari pekerjaan sampingan yang bisa sedikit menghasilkan.

Selain bisa menutupi biaya dan perlengkapan kuliah, hasil dari waktu senggang yang dimanfaatkan itu bisa jadi ladang baru buat tabunganmu di masa depan.

Beberapa orang bisa sukses saat menjalani kuliah sambil kerja, tapi tidak jarang juga ada yang terlalu nyaman sampai melupakan tujuan awalnya yaitu kuliah. Buat kalian yang sedang atau pernah menjalani hal ini pasti pernah merasakan hal-hal ini.

 

1. Tidur Dikelas Saat Perkuliahan Berlangsung

Jangan tiru ya.. hehe via http://quotesgram.com

"Eh Bangun, Prof ngasih kuis tuh"
"lah iya, sorry gue ketiduran"

Ini sebenarnya menjadi masalah klasik buat para mahasiswa yang juga bekerja pada waktu bersamaan walaupun sebenarnya banyak juga mahasiswa yang tidak bekerja tapi tetap tidur di kelas. Belajar membagi waktu antara istirahat, kerja dan kuliah adalah hal yang susah-susah gampang. apalagi buat kamu yang sering berganti mood dengan cepat.

Tips dari saya sih, buat komitmen dengan diri sendiri kapan waktunya buat tidur, belajar buat kuliah besok dan juga untuk kerjakan tugas kantor. jam-jam istirahat seperti makan siang yang biasanya cukup longgar bisa kalian pakai untuk tidur siang. dan yang paling penting jangan begadang.

2. Ke Kantor Tapi Tiba-Tiba Dosen Masuk

Advertisement

Bawa motornya jangan terlalu kencang… via http://www.mpm-motor.co.id

*sms masuk*
"Lo dimana ? bapak mau masuk tuh, katanya lima menit lagi udah datang dan langsung kuis"
"haaaaa ???"
*tancap gas motor*

Ini yang paling bahaya dan paling sering saya alami. Karena awalnya tidak mau masuk perkuliahan, maka saya putuskan untuk mengerjakan beberapa tugas kantor di luar kampus. dan tiba-tiba dosen saya mau masuk. terpaksa kemampuan tersembunyi sebagai pembalap jalanan langsung dipakai, dan kemampuan balap di jalanan sepertinya memang harus dimiliki mahasiswa jenis ini.

3. Tidak Bisa Gabung Dengan Teman Kelas Yang Ngumpul Bareng Sehabis kuliah

Sedih juga liat mereke ngumpul tanpa kita.. via https://www.facebook.com

*Angkat Telpon*
"Lo dimana ? ke tempat tongkrongan gih, Adam Mau traktir, Sisa elo yang nggak ada"
"Sorry gua nggak bisa, kerjaan masih numpuk"
*nangis dalam hati*

Kuliah sambil bekerja berarti kamu sudah siap untuk kehilangan banyak waktu senggang. Kamu pun pasti akan iri dengan teman-temanmu yang bisa berkumpul sehabis kuliah. Dan kamu ?, hanya bisa melihat foto-foto mereka waktu ganti profil pict BBM atau Instagram.

Alhasil, kamu bakal lebih sering jalan-jalan sendiri untuk mengobati rasa kecewa karena tidak bisa berkempul bersama mereka.

4. Ngerjain Tugas Kantor Di Kampus Dan Sebaliknya

Semangat Kerjanya.. via http://swrtraining.com

Kuliah dan Kantor punya tugas masing-masing yang harus segera dikumpul tepat waktu. Karena terkadang harus segera dikumpul, maka tak jarang para mahasiswa yang juga bekerja mengerjakan tugas kantor mereka di kampus dan tugas kampus di kantor mereka. Hasilnya ? teman-teman kamu pasti akan bertanya-tanya dengan yang kamu kerjakan.

Tapi nggak semuanya buruk kok, kalian yang melalui hal ini juga bakal punya banyak hal yang tak dimiliki para mahasiswa biasa.

5. Lebih Dulu Mengenal Dunia Kerja

Kamu bisa jadi lebih berpengalaman via http://rotasinews.com

Lebih duluan kerja dibandung teman-teman seangkatan tentu akan membuat kamu punya modal tersendiri setelah lepas dari dunia perkuliahan. Apalagi kalau pekerjaan yang kamu lakukan sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu jalani. Ini yang akan membuat kamu berbeda dari yang lain.

6. Punya Banyak Relasi

Punya banyak kenalan, curi ilmunya ya.. via http://charlesbenayon.wordpress.com

Bekerja, berarti bertemu dengan orang-orang baru. Jangan hanya sekedar kenalan, ambil ilmu yang mereka punya, maka kamu akan memiliki kemampuan lebih ketimbang teman-teman kamu. Karena tidak semua ilmu bisa didapatkan di bangku kuliah guys.

7. Bayar Biaya Kuliah Sendiri

Punya penghasilan sendiri membuat kamu bisa mandiri via http://palembang.tribunnews.com

"Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri" -Pramoedya Ananta Toer-

Bekerja membuatmu menjadi lebih mandiri dan tidak lagi mengandalkan kiriman uang dari orang tua di kampung. bisa membiayai kuliah dengan keringat kamu sendiri itu menyenangkan loh.