Jika kamu mengira anak kuliahan kerjaannya cuma pacaran dan nongkrong-nongkrong aja di cafe seperti di serial FTV, sepertinya kamu harus segera ubah pandangan itu jauh-jauh. Why?  karna faktanya, jadi mahasiswa tetep harus belajar giat dan tetep harus berprestasi. Biar nantinya, Izajah S1 kamu gak berakhir di rak buku sampe berdebu tanpa mendapatkan pekerjaan yang bagus setelah tamat kuliah.

Karna toh pada akhirnya tujuan kamu melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik sesuai keinginan kamu kan?

So, mumpung masih jadi anak baru di kampus, terapkan 5 prinsip ini agar masa kuliahmu ga sia-sia!

 

1. Apa pun yang terjadi, kuliah tetap prioritas utama!

disaat kamu mulai menjalani hari barumu sebagai mahasiswa, akan ada banyak godaan yang mulai datang menghampiri yang membuatmu perlahan mulai mengesampingkan urusan kuliah,
hal- hal umum yang paling banyak menyita perhatian para mahasiswa baru adalah...

- banyaknya kegiatan dari organisasi yang diikuti hingga para newbie (mahasiswa baru) rela bolos kuliah dengan alasan baru semester awal. So, bolos kuliah sihh biasaaa...

atau

- bagi para mahasiswa yang mulai menekuni part time job. Terkadang, saking keenakan cari duit sampe lupa urusan kuliah, dengan alasan kecapekan (biasanya sih) jadi males ngerjain tugas.

Hello! orang tua kalian bela-balin nyuruh kalian kuliah biar endingnya kalian bisa bikin bangga mereka. Tpi, kalau karna ikut organisasi atau kerja part time lalu kalian jadi bolos kuliah, ga engage dengan mata kuliah harus kalian ikuti, atau nilai IPK sampe jeblok, ada baiknya kegiatan tersebut sedikit dikurangi nih guys!

sebenarnya, kuliah sambil kerja ataupun aktif organisasi sih sah-sah aja. Karna sebagai mahasiswa, kita juga dituntut untuk jadi mahasiswa yang aktif dan produktif. Tapi, at least, antara kuliah dan kegiatan lain selain kuliah harus berjalan seimbang tuh ,biar ga ada ceritanya repot di semester akhir gara-gara banyak mata kuliah di semester awal yang ga tuntas (karna keseringan bolos, tugas ga bikin, dll)

2. Pain is temporary, grades are forever.

ini bukan berarti kita harus jadi mahasiswa yang gila nilai... yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai yang bagus.

NO!!!! bukan itu lho maksudnya...

sebagai mahasiswa, kita harus berusaha menampilkan sisi terbaik dari diri kita. Disetiap aktifitas perkuliahan yang kita jalani, tunjukin pada dosen kalau kita berhak mendapatkan nilai yang baik dengan mengerjakan tugas-tugas yang di berikan sebaik mungkin, berusaha untuk berperan aktif di kelas, dan tetep punya kominikasi yang baik dengan teman sekelas. sebagai tambahan, jika nilai kalian bagus, itu akan mempermudah jalan kalian untuk mendapakan beasiswa lho!
So, be the best of yourself!

3. Minimal 1 organisasi

organisasi kampus

organisasi kampus via http://khayasar.wordpress.com

Meskipun di awal list kita membahas tentang prioritas kuliah, namun bukan berarti mahasiswa dilarang berorganisasi. karna pintar di kampus aja ga cukup untuk jadi mahasiswa yang seutunya. Betul?

Dengan berorganisasi, para mahasiswa akan terlatih dalam mengatasi berbagai problema yang ada di masyarakat secara langsung. Dengan mengikuti organisasi juga lah mahasiswa dapat mengeksplorasi bakat-bakat terpendam yang mereka miliki, mereka juga akan terbiasa berkomunikasi dengan orang lain dengan berbagai watak, memperluas koneksi yang akan memudahkan mereka dalam bersosialisasi. Dan, yang tak kalah pentingnya, berkat organisasi juga, bakat kepemimpinan mereka terasah dengan baik.

Coba banding kan, jika ada dua orang mahasiswa, yang satu merupakan mahasiswa yang pintar dengan IPK tertinggi namun tidak pernah mengikuti organisasi baik di dalam maupun diluar kampus, yang lainnya adalah mahasiswa yang pandai dan terbiasa berorganisasi. Menurutmu, mana yang akan lebih mudah diterima di lingkungan masyarakat? tentu, mahasiswa yang pandai di kampus dan di organisasi kan.

tapi, tetap harus di ingat bahwa jangan karna terlalu sibuk di organisasi lalu kuliah terabaikan. Jangan ya...

4. Harus Punya Karya!

Mahasiswa punya karya

Mahasiswa punya karya via http://nasional.news.viva.co.id

Selain skripsi yang akan kita buat di semester akhir, sebagai mahasiswa, kita harus memliki karya hasil jerih payah dan kreatifitas kita sendiri. Ini juga berperan sebagai bukti keaktifan kita dalam berkarya sebagai mahasiswa. karya itu sendiri bisa dalam berbagai bentuk sesuai minat dan bakat yang kamu miliki. Misalnya, inovasi dalam bidang teknologi, penelitian, blog, buku, novel, dll. Tentunya hal itu akan menambah kualitasmu sebagai mahasiswa.

5. Tetap peduli pada lingkungan

Peduli lingkungan

Peduli lingkungan via http://www.harianterbit.com

Sebagai generasi muda, kita tetap harus peduli dengan lingkungan agar kelestariannya tetap terjaga sampai pada generasi - generasi di masa depan. ada banyak cara untuk menjaga lingkungan yakni dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai yang ada di sekitar kita, aktif berperan dalam mengkampanyekan Go Green lifestyle, mengurangi penggunaan detergen yang dapat merusak ekosistem air, dan masih banyak lagi. 

So, seiring dengan berjalannya waktu, kita akan tumbuh sebagai mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.