1. Ayo belajar batasi uang jajanmu!

Batasi uang jajan via http://www.hemat.id

Rasa pengen jajan yang sering timbul kapan saja membuat para mahasiswa sering merogoh sakunya tanpa sadar. Apalagi kalau banyak jajanan di sekitar kampus atau kostan. Tapi kamu bisa batasi uang jajan kamu dari yang biasanya. Jajan sih boleh lancar aja tapi kurangi budgetnya yaa.

2. Jangan lupa mulai atur belanjamu!

Manage belanjaan via https://kudo.co.id

Sifat demam belanja tentunya sering melanda mahasiswa. Apalagi ketika ada sesuatu yang lagi booming, rasanya nggak mau ketinggalan. Maksain beli meskipun nggak terlalu penting dan cuma sekedar gaya. Kamu harus menyiasatinya dengan mengatur belanjaan yang penting dan mana yang paling dibutuhkan, sehingga nggak bikin kamu bangkrut.

3. Penting banget buat kamu untuk mengurangi hangout!

Jangan sering-sering deh via https://www.inovasee.com

Advertisement

Hobi yang identik dengan mahasiswa yaitu hangout. Main keluar bareng temen-temen, mau itu makan atau jalan-jalan. Sekedar nongkrong cari wifi juga kadang jadi tujuan utama. Apalagi nongkrong di cafe atau mall bisa bikin hati pengen buka dompet. Belum lagi ngeluarin ongkos buat beli bensin atau taxi. Tapi jika kamu mengurangi hangout dengan gak terlalu sering main ke luar dijamin bisa bikin isi dompetmu terselamatkan.

4. Nggak banyak gaya alias sederhana

Jadi sederhana saja deh via https://www.letternote.com

Jika kamu membiasakan atau terbiasa hidup sederhana maka alur keuanganmu pasti akan berjalan dengan baik. Utamanya dengan nggak konsumtif dan nggak banyak gaya.

5. Ini nih yang penting! Belajarlah menabung, Guys!! Bisa kamu mulai dengan mengumpulkan uang koinmu.

Nabung uang koin via https://www.google.com

Menabung bukanlah hanya menyimpan uang di bank maupun di celengan dengan jumlah yang besar, tapi nabung juga bisa dari sisa uang jajan atau belanjaan lhoo. Jadi jangan sepelekan uang kembalian koin yang kamu punya, karna kalau kamu mengumpulkannya suatu saat mungkin bisa menolongmu ketika kamu berada di tanggal tua.