Sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu asik sendiri. Pernah dengar lagu itu buat para jomblo mungki sudah tak asing lagi akan lagu itu dan sangat menyentuh hati pastinya. Siapa sih yang nggak mau punya pasangan? Apalagi kalau saat ini kamu udah sering ditanya-tanya soal pacar atau calon suami. Bukan berarti jadi jomblo itu aneh. Tapi, memiliki pasangan itu akan mengizinkanmu berbagi beban hidup, menenangkan kegelisahan hati, bahkan sekedar mendapatkan rasa riang. Kalau kamu udah muak ditanya-tanya soal pacar sama orang tua atau teman-teman kamu, coba deh sekarang kamu tanya pada diri kamu sendiri. Kenapa sih sampai sekarang masih sendiri aja?

 

1. Belum bisa move on dan takut gagal kesekian kalinya

Belum Bisa Move On, Ilustrator

Belum Bisa Move On, Ilustrator via http://mobile-readers.com

Kamu baru aja diputusin pacar, atau malah ditolak gebetan? Wajar kalau kamu sedih atau galau. Tapi ingat, jangan berlebihan! Terlalu banyak mengumbar kesedihanmu di depan orang lain atau sosial media menunjukkan bahwa kamu nggak bisa move on. Dan nggak ada yang akan tertarik dengan orang yang terperangkap di masa lalu.

Tunjukkan siap dewasamu dalam menghadapi masalah. Ini akan membuat orang lain senang dengan kamu. Sikap positif yang kamu tunjukkan menandakan bahwa kamu adalah orang yang sudah matang dan dewasa, dan artinya kamu adalah seorang kandidat yang layak untuk dijadikan seorang pacar idaman.

Masihkah enggan melepas masa lalu dan terus bersedih karenanya? Ingat lah, kebahagiaan ada didepan, bukan dibelakang. 
 

2. Kurang percaya diri dan pemalu

Kurang Percaya diri dan Pemalu!

Kurang Percaya diri dan Pemalu! via http://cdn.kaskus.com

Kalu kamu adalah seseorang yang pemalu dan kurang percaya diri, bukan berarti kamu nggak bisa punya pacar. Tapi, sikap yang terlalu malu dan ga PD akan membuat kamu terlihat pasif dan menutup diri. Kesempatan kamu untuk dekat dengan seseorang sangatlah langka. Kalau kamu terlalu malu dan ga PD, kamu nggak akan usaha ngelakuin apa-apa. Bisa-bisa orang yang kita suka sudah keburu punya pacar dulu.

Nggak mudah memang untuk merubah sifat kamu yang yang kurang percaya diri dan pemalu, tetapi cobalah untuk lebih terbuka dan banyak senyum. Berusahalah menjadi seseorang yang menyenangkan.

3. Kamu terlalu takut dan gak bisa jadi diri sendiri

Kamu pasti banyak mendapat saran dari orang-orang terdekatmu untuk mengubah penampilan atau sikapmu agar bisa mendapat perhatian dari seseorang. Tapi, terkadang hal itu malah membuat kamu tidak nyaman – bahkan jadi nggak percaya diri – sehingga kamu merasa seperti sedang berpura-pura.

Yup, mengubah penampilan atau sikap memang penting — tapi kamu tidak harus menuruti semua saran kalau kamu rasa itu tak cocok denganmu. Tetap jadilah dirimu apa adanya, tetapi satu triknya: jadilah versi terbaik dari dirimu.

 

4. Terlalu yakin hidup sendiri pun mampu tanpa bantuan seseorang

Kamu yakin bisa hidup sendiri? Aku sih engga

Kamu yakin bisa hidup sendiri? Aku sih engga via http://novinar.bg

Tidak ada salahnya memang hidup sendiri tanpa adanya seorang pendamping. Tidak sedikit juga orang-orang memilih untuk hidup independent tanpa terikat oleh sebuah hubungan. Memikirkan hidup seorang diri memang lebih mudah dan nggak ribet.

Tapi sadarkah kamu, orang-orang di sekitarmu juga saat ini sudah mulai sibuk dengan pasangannya masing-masing? Apakah kamu yakin bisa bahagia dengan diri sendiri saja? Bukankah hidup saling berbagi itu lebih menyenangkan? kamu bisa berbagi keluh kesah dengan pasanganmu. Kamu punya pasangan yang bisa membantu mengurangi beban permasalahan hidupmu.

5. Kamu terlalu asik dengan kehidupanmu sendiri dan teman-temanmu

Sahabat, Ilustrasi

Sahabat, Ilustrasi via http://500px.com

Mungkin secara nggak sadar kamu terlalu berkutat dengan orang-orang yang ada di sekitarmu saja. Kamu terlalu nyaman dengan keluarga atau teman-teman dekatmu, dan hampir setiap hari atau akhir minggu kamu habiskan hanya bersama mereka saja.

Ayo lah, usaha cari teman-teman baru atau kegiatan baru. Berada di lingkungan baru akan membuatmu bertemu orang-orang baru, yang mungkin dia adalah jodohmu. Yakin deh, orang-orang di sekitarmu yang kamu sayangi pasti akan bahagia juga jika melihatmu bergandengan mesra dengan pasanganmu.

6. Bosan dan jenuh dengan pertanyaan, kapan kawin?

Nak, Kapan Kawin? Ibu ingin meminang Cucu. Ilustrator

Nak, Kapan Kawin? Ibu ingin meminang Cucu. Ilustrator via http://2.bp.blogspot.com

Jika kamu sampai saat ini masih single, Pertanyaan-pertanyaan seperti itu adalah pertanyaan yang paling sering kamu dengar. Rasanya ingin mencekik satu persatu orang-orang yang berani bertanya soal itu.

Mungkin kamu sudah enggan sekali menanggapi pertanyaan-pertanyaan di atas, tapi kamu juga harus ingat bahwa sudah saatnya benar-benar serius memikirkan tentang asmara. Jangan emosi — pikirkanlah baik-baik apa yang sebaiknya kamu lakukan agar kamu bisa segera punya pacar.

7. Kamu terlalu bermimpi dan menghayal cinta yang sempurna

Bermimpi dan Menghayal Cinta yang Sempurna

Bermimpi dan Menghayal Cinta yang Sempurna via http://www.picscorner24.com

Sukses dalam percintaan pastinya adalah sebuah impian setiap orang. Tapi ingat guys,menjalin sebuah hubungan itu nggak mudah. Nggak semua yang kita harapkan itu bisa selalu terealisasi. Kamu bisa mewujudkannya, tapi prosesnya pelik dan panjang. Jangan terlalu malas untuk membina sebuah hubungan hanya karena kamu takut nantinya tidak akan sesuai dengan rencana dan harapanmu.

Tanyakan pada kamu sendiri tentang hal-hal di atas, mungkin beberapa akan membantu membuat pikiranmu lebih terbuka lebar. Single bukanlah sesuatu yang buruk guys, tapi tidak ada yang salah jika kita punya pacar juga. 

Cinta itu seperti sepasang sayap, Ketika sayap itu utuh kamu akan bisa terbang bebas merasakan kebahagian. Tetapi ketika sayap itu "Hancur" dan hanya tersisa satu, Kamu tak bisa merasakan arti kebahagiaan itu sendiri. -Bams Aldistha-