Jatuh cinta berjuta rasanya, namun siapa sangka ketika sebuah hubungan itu harus berakhir, susahnya move on membuat kamu terus terjebak dalam bayang-bayang sang mantan kekasih. Tak bisa dipungkiri, saat putus cinta kamu pasti ingin melupakan mantan secepat mungkin, tidak mau terus-terusan bersedih dan sakit hati. Namun, ada sebagian orang yang sudah cukup lama putus dengan pacarnya, tapi masih merasakan kesedihan atas kisah cintanya yang telah berakhir.

Melupakan tak akan mudah, walau kau telah yakin merelakan

Sebelum kamu mencari tahu berbagai tips agar terbebas dari 'kutukan' kisah nostalgia tersebut, kamu wajib tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya. Masih cinta adalah alasan paling ampuh yang terlampau sering diucapkan oleh orang-orang yang gagal melanjutkan hidup dari jeratan mantan. Coba deh jawab dulu, apa dia juga masih cinta? Kamu sadar nggak sih, dari sekian banyak penyebab mengapa kamu selalu gagal move on, salah satunya bersumber dari kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan saat pacaran.

 

1. Berlebihan dalam Mencintai Pasangan Kerap Menjadi Sesuatu yang Akan Kamu Sesali Seumur Hidup

makan malam romantis di tempat mahal demi menyenangkan hatinya

makan malam romantis di tempat mahal demi menyenangkan hatinya via http://www.gulf-luxury.com

Mencintai seseorang boleh kok, boleh banget malahan, tapi kamu harus ingat batasan, apalagi sang pujaan hatimu itu statusnya baru sekedar pacar ya guys. Terlalu sibuk dengan pacar hingga lupa apa yang seharusnya menjadi prioritas, akan membuatmu menyesali kesalahan itu di kemudian hari. Wah, pasti nggak mau kan?

Mungkin kamu kadang lupa kalau keluarga seharusnya menjadi prioritas utama bagi hidupmu. Tapi ketika kamu terlalu mencintai sang kekasih, tak jarang kamu mengabaikan keluarga yang selalu menjadi tempatmu pulang, bahkan disaat-saat terburuk dalam perjalanan hidupmu yang panjang.

Ada saat dimana keluargamu membutuhkan bantuan, atau ketika orang tuamu tengah terbaring di rumah sakit, bukannya memperhatikan mereka, tapi kamu malah asyik bercanda tawa dengan pujaan hatimu itu. Bukankan akan jadi penyesalan nantinya ketika kamu putus, tapi kamu juga tidak akan bisa lagi melihat keluargamu yang juga sudah pergi meninggalkanmu untuk selama-lamanya?

Hingga nanti tiba saatnya kamu merindukan keluarga dan orang-orang yang sempat kamu abaikan semasa kasmaranmu dulu, sekejap kenangan masa-masa indah bersama mantan yang tak akan kamu miliki lagi itu, muncul mengganggu pikiran dan membuatmu kembali terjebak dalam bayang-bayang masa lalu.

Kau tak akan pernah tahu apa yang kau miliki, hingga nanti kau kehilangan

2. Selalu Nempel Kemanapun Pacar Pergi. "Kaya Perangko, Nempel Terus"

selalu ada di setiap kegiatan pasangan bersama teman-temannya

selalu ada di setiap kegiatan pasangan bersama teman-temannya via http://passenger156.com

Di awal masa pacaran, berduaan dengan sang kekasih memang terasa sangat menyenangkan. Namun, hal itu tak lantas membuatmu dan pasangan selalu berduaan terus. Berangkat sekolah bareng, makan siang bareng, pulang sekolah bareng, bahkan apapun aktifitas pasanganmu selain di sekolah, kamu juga turut berada di sisinya. Kamu nggak sadar kalau berduan setiap saat itu norak? Atau kamu pernah menduga nggak sih keinganmu untuk terus nempel sama pacar itu bikin risih dan perih setiap mata yang memandang? Apalagi kalau mata-mata indah itu milik Jomblowan dan Jomblowati. Hih!

Kalau sudah berduaan, kamu suka lupa sama teman-temanmu. Ini kesalahan paling fatal selama pacaran yang bikin kamu susah banget move on lho! Coba deh diingat, kamu punya berapa banyak teman sih yang bisa mengerti kamu, yang ada disaat kamu sedih ataupun lagi happy kalau kamu terus-terusan nempel sama pasanganmu itu?

Namanya hidup ya harus seimbang. Coba deh kalau dulu kamu bisa membagi waktu untuk diri sendiri, keluarga, dan teman-temanmu. Pasti mereka nggak akan menjauh karena waktumu nggak cuma habis buat pacaran doang. Kini, setelah dunia berubah sejak negara api menyerang, pasti galau kan? Susah move on kan? Tuh, kan!

3. Cemburuan Hanya Karena Kamu Takut Kehilangan, Musuh Bertambah

cemburu saat pacar ngobrol dengan teman wanita

cemburu saat pacar ngobrol dengan teman wanita via http://youqueen.com

Nah, ini nih pantangan yang wajib kamu ingat. Cemburuan yang berlebihan tidak hanya membuat hubunganmu dan pasangan menjadi renggang yang ujung-ujungnya berakhir menyedihkan, tapi juga membuatmu memiliki banyak musuh di luar sana.

Musuh inilah yang nantinya akan membuatmu semakin susah move on. Gimana tidak, ketika kamu nggak sengaja bertemu lagi dengan seseorang yang dulu pernah kamu cemburui itu, alih-alih menyapanya, di pikiran kamu pasti terlintas bahwa dialah penyebab kandasnya hubunganmu dengan si doi. Bukannya move on, tapi kamu malah menyalahkan orang lain, dan ujung-ujungnya pasti kepikiran lagi sama mantanmu itu. Duh!

4. Pamer Kemesraan di SosMed Seakan Dunia Milik Berdua

selalu tampil mesra

selalu tampil mesra via http://www.thebrunettediaries.com

Kalau kita perhatiin ya, zaman sekarang itu banyak banget pasangan kekasih yang suka pamer kemesraan sama pacarnya di akun media sosial, ya kan? Mulai dari upload foto mesra, video lagi becandaan, sampai bikin status-status yang berisi pujian untuk si doi, seakan-akan milikmu itu adalah satu-satunya ciptaan terbaik yang pernah Tuhan ciptakan. Huh! kadang terlihat sungguh menggelikan.

Tidak hanya itu, kebiasaan aneh yang mungkin pernah kamu temui atau malah sebagai pelakunya, hihihi.. Ada tipe orang yang suka gonta-ganti status hubungan, baru jadian, statusnya dari single langsung berubah menjadi berpacaran dengan si Mr. X, trus nanti kalau lagi berantem, berubah lagi menjadi rumit. Walah! Kebayang nggak sih kalau kebiasaan itu kebawa-bawa sampai ke hubungan keluarga? Misalnya aja kamu berantem sama bokap, trus kamu bikin status jadi yatim, gitu?    

Nah, buat kamu yang suka ngelakuin hal serupa, kalau putus apa sih yang kamu lakukan? Mungkin ada sebagian yang langsung mengahapus semua kenangan indahnya bersama si mantan yang nantinya bikin kamu capek sendiri. Tapi ada juga yang bimbang, "kalau dihapus sayang, kalau nggak dihapus jadinya baper," complicated banget kan? Hihihi...

Kebiasaan pamer di media sosial juga membuat image kamu jadi berubah. Orang-orang akan mengenal kamu sebagai kekasih si dia, dan hal itu akan berlanjut bahkan sampai kalian sudah putus sekalipun. Ketika kamu sedang dalam masa perjuangan untuk bisa move on, tiba-tiba temanmu nanya, "eh, minta kontaknya si anu dong," dan... kamu tahu lah endingnya gimana.

5. Terlalu Bergantung pada Pasangan Membuatmu Canggung Sendirian

shopping ditemenin pacar

shopping ditemenin pacar via http://weeklysauce.com

Bisakah aku tanpamu? sanggupkah aku tanpamu?

Mau pulang minta dianterin pacar, lagi pengen minum es cendol minta dibeliin pacar, disuruh mama belanja juga minta anterin pacar, lagi kere minta duitnya ke pacar, lagi sakit nggak mau ke dokter kalau nggak dianterin pacar, dan semua hal lainnya yang apa-apa harus sama pacar, malahan sampai mau berak pun masih ditemenin pacar? Cih!

Kebiasaan buruk diatas sebaiknya jangan dilakuin lagi deh, karena itu semua akan menghambat proses kamu untuk cepat move on. Ketika segalanya hanya mengandalkan pacar, pasti kamu nggak bisa mandiri saat pacar sudah pergi meninggalkamu. Mau pulang tapi nggak tahu harus pulang sama siapa lagi, karena dulu selalu ada sang pacar. Sesaat pasti kenangan bersama mantanmu itu kembali terlintas, dan sukses membuatmu ter-Raissa! (terjebak nostalgia) hihihi...

6. Belum Punya Target Menikah tapi Sudah Berkenalan dengan Keluarga Besar

mengajak pacar bertemu keluarga

mengajak pacar bertemu keluarga via http://www.clickhole.com

Dalam kasus ini, kebanyakan pasangan kekasih suka terburu-buru mengenalkan pacarnya kepada keluarga masing-masing. Sering main ke rumah, jalan bareng keluarga, bahkan selalu hadir di setiap acara-acara keluarga besar. Gimana kalau hubunganmu dengan keluarga pasanganmu sudah sangat akrab, tapi si dia sudah tidak mencintaimu lagi?

Tak pernah aku menyangka, sejauh ini aku melangkah, sedalam ini aku terluka

Bayangkan saja tiba-tiba mama si doi mengajakmu shopping bareng dan melontarkan pertanyaan maut yang bikin kamu sakitnya tuh disini! "Kamu nggak mau balikan lagi sama anak tante?" nah lho! Anaknya mau nggak?

 

7. Pacaran Jangan Terbawa Nafsu, Nggak Ada Move On yang Gampang

berduaan dengan kekasih

berduaan dengan kekasih via http://lavishtrend.com

Kamu pasti tahu kan kebiasaan orang pacaran? Yap! Sentuhan fisik tampaknya emang susah buat dihindari. Mulai dari pegangan tangan, gandengan, pelukan, ciuman, bahkan ada yang sampai berhubungan seksual. Kalau sudah begini, bisa move on nggak ya?

Semua itu salahku, aku di masa lalu

Ladies, perlu kamu ketahui bahwa saat berhubungan seksual, semua cewek pasti akan semakin cinta kepada kekasihnya, tapi kamu juga harus paham bahwa bagi cowok, seks hanya menimbulkan efek kepuasan dan kecanduan. Kalau kamu pengen tahu alasannya, kamu bisa baca di artikel Hipwee ini: Kenapa Seks Bikin Cewek Jatuh Cinta Tapi (Cuma) Bikin Cowok Ketagihan?

Semua pasangan yang sudah berpisah pasti akan susah move on kalau sudah sampai ke tahap berhubungan seksual. Biasanya ini terjadi pada setiap kaum hawa. Ditinggal oleh sang kekasih disaat udah sayang banget dengan keadaan yang sudah tidak virgin lagi, apakah bisa move on dengan cepat? Sampai kapan pun pasti kamu tidak akan pernah bisa melupakan sosok lelakimu itu.

Tapi, katanya cowok yang udah pernah berhubungan seks juga suka galau ya pasca putus? Jawabannya benar sekali! Eits, apa dulu nih alasan galaunya? Hal apa saja yang bisa bikin cowok galau juga kaya cewek? Gampang kok, cowok cuma galau karena kecanduannya tadi. Kalau dulu lagi pengen 'begituan' tinggal minta ke pacar, tapi sekarang lagi jomblo mau berhubungan sama siapa? Cuma itu kok gals! So, masih mau berhubungan seks sebelum nikah?

8. Membuat Janji-janji yang Belum Tentu Terwujud akan Membuatmu Merasa Bersalah

Siapa sih yang nggak mau merajut masa depan yang indah bersama pasangannya kelak? Mungkin sebagian dari kamu sudah terbenak dalam pikiran, namun ada sebagian lainnya yang dengan lantang sudah mengucapkan janji akan menikahi sang pujaan hati. Sayang takdir berkata lain, hubungan kalian harus berakhir.

Kalau sudah begini, kamu pasti nggak akan bisa move on begitu saja. Ada sedikit rasa menyesal ketika kamu harus mencari sosok baru sebagai pengganti. Penyesalan itu juga yang nantinya terus membuat kamu merasa bersalah dan memutuskan tetap menunggunya untuk kembali. Nggak mau move on dong?

Sekeras apapun menangis takkan mengubah yang telah terjadi

9. Kebiasaan Gampang Bosan dan Ingin Mencari yang Lebih Baik

mulai bosan dengan pasangan

mulai bosan dengan pasangan via http://quotesgram.com

Untuk yang satu ini, biasanya sering banget dialami oleh kaum adam. Menyukai tantangan sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah bagi para cowok, termasuk dalam urusan menaklukkan sang bidadari hati. Cowok akan terus berjuang mati-matian untuk mendapatkan hati para cewek yang disukainya. Namun, setelah si cewek jatuh ke pelukan, kebiasaan buruk cowok yaitu gampang bosan dan mulai jenuh karena merasa sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Tapi ladies, jangan berkecil hati. Ada satu pertanyaan dari cowok yang sampai sekarang tidak mampu mereka pecahkan, "mantan selalu terlihat lebih cantik saat mereka bukan milik kita lagi," nah lho! Kecantikan kalian para cewek yang akan jadi senjata ampuh untuk membuat para cowok susah banget move on. Apalagi kalau kalian juga  terlalu cepat menemukan pengganti mereka.

Kau beriku lagi senyuman mautmu, dan kau masih sama cantik seperti dulu

Yap! Itulah beberapa kesalahan yang kamu lakukan saat pacaran yang membuatmu masih susah move on sampai sekarang. Semoga setelah kamu mengetahui dimana letak kesalahannya, kamu bisa memperbaiki di hubungan yang baru nanti. Cukup menyesali, tapi jangan mengulangi.