Rata-rata anak-anak remaja di Indonesia itu suka banget sama film, atau bacaan yang bergenre romance. Mungkin, karena banyaknya populasi jomblo di Indonesia(?). Haha, karena memang kita jadi bisa membayangkan bagaimana kalau kita yang mengalaminya, ya kan?

Film bergenre drama romantis selalu berhasil bikin kita baper dengan adegan-adegan yang so sweet dan mengharukan. Sebanyak apapun film dengan berbagai genre yang ditayangkan di bioskop, film bergenre romantis selalu berhasil menarik perhatian penonton, khususnya kaum cewek. Setiap dari kita pasti punya romantic movie favorit yang walaupun sudah ditonton berkali-kali tapi masih bisa bikin kita kebawa suasana.

Ini dia rekomendasi film-film drama romantis yang pas banget buat ditonton bareng pacar atau sahabat, mulai dari old movies yang nggak pernah lekang dimakan waktu, sampai film terbaru yang belum lama ini tayang di bioskop.

1. Funny Face

Funny Face via http://google.com

Jo Stockton (Audrey Hepburn) nggak pernah kebayang kalo dirinya bakal direkrut jadi model majalah fashion dan dapat kesempatan buat bertualang keliling Paris untuk bertemu dengan idolanya. Hidupnya berubah seketika, dari yang sebelumnya cuma penjaga toko buku jadi harus berani berpose di depan kamera dan tampil di acara fashion show. Petualangannya di Paris diwarnai dengan kisah cintanya dengan seorang fotografer bernama Dick Avery (Fred Astaire). Funny Face adalah film drama musikal yang dirilis 60 tahun lalu pada tahun 1957. Adegan-adegan dalam film ini dilengkapi dengan lagu-lagu dan tarian musikal yang bikin penonton bisa ikut ngerasain suasana dalam film tersebut. Bagi pecinta film klasik musikal, film ini cocok banget buat kita tonton!

2. When Harry Met Sally

When Harry Met Sally via http://google.com

Kisah Harry (Billy Crystal) dan Sally (Meg Ryan) dimulai sejak mereka sama-sama lulus dari Universitas Chicago. Mereka punya perbedaan pandangan soal hubungan pertemanan antara cewek dan cowok. Perbedaan itu menimbulkan konflik di antara mereka sampai ahkhirnya mereka bertengkar dan berpisah. Selama bertahun-tahun masing-masing dari mereka mencoba mencari true love, tapi nggak pernah berhasil dan tanpa sengaja mereka selalu bertemu satu sama lain setelah berpisah cukup lama. Pada akhirnya, mereka berdua jadi sahabat yang suka saling curhat, tapi sebenernya hubungan mereka lebih dari itu. When Harry Met Sally is an old movie yang sampe sekarang masih sering ditonton sama banyak orang untuk menyambut Valentine’s Day. Cerita cinta klasik tentang dua orang sahabat yang saling jatuh cinta ini punya alur yang menarik, yang bikin orang zaman sekarang nggak merasa bosen untuk nonton film ini.

3. The Notebook

The Notebook via http://google.com

Advertisement

Noah (Ryan Gosling) adalah pemuda desa miskin yang jatuh cinta pada Allie (Rachel McAdams). Setelah menghabiskan banyak waktu bersama selama musim panas, mereka terpaksa berpisah karena hubungan mereka ditentang sama keluarga Allie yang adalah keluarga konglomerat. Meski udah berpisah selama bertahun-tahun, masing-masing dari mereka masih saling kangen satu sama lain. Banyak peristiwa mengharukan yang mereka lewati sebelum akhirnya mereka bisa bersatu lagi. Film ini punya alur cerita yang klise, yaitu soal hubungan sepasang kekasih yang dilarang karena status dan kelas sosial. Tapi, konflik dan ending film ini beda dari film-film lain yang punya alur serupa. The Notebook menarik banget buat ditonton karena banyak adegan mengharukan dalam film ini.

4. 500 Days of Summer

500 Days of Summer via http://google.com

Ketika Tom (Joseph Gordon-Levitt) bertemu dengan Summer (Zooey Deschanel) di tempat kerja mereka, ia sadar kalau mereka punya beberapa kesamaan dan perbedaan. Setelah ngabisin waktu bareng selama beberapa hari, mereka pun saling jatuh cinta dan menjalin hubungan. Tapi sayangnya, hubungan cinta mereka nggak berjalan dengan baik. Film 500 Days of Summer menceritakan tentang hidup Tom yang naik-turun gara-gara Summer selama 500 hari. Dalam jangka waktu itu, banyak kejadian yang menimpa Tom karena rasa cintanya yang terlalu besar untuk Summer. Secara nggak langsung, film ini ngajarin kita seperti apa hubungan cinta yang baik dan gimana cara mempertahankannya

5. Me Before You

Me Before You via http://google.com

Haduh kalau sudah nonton, baper deh pasti! Gimana rasanya kehilangan kendali atas seluruh tubuh alias cacat di usia muda? Itulah yang dialami sama Will Trayner (Sam Claflin), pemuda kaya dan sukses yang tiba-tiba menjadi cacat akibat kecelakaan lalu lintas. Will yang biasanya selalu percaya diri dan bangga sama kehidupannya sendiri berubah jadi putus asa dan kehilangan harapan. Ia berusaha melakukan segala cara untuk bisa bahagia lagi. Keputusasaannya mulai berkurang sedikit demi sedikit sejak Louisa Clark (Emilia Clarke) hadir di rumahnya untuk menjadi perawatnya. Me Before You adalah film drama yang diadaptasi dari novel berjudul sama. Film ini bercerita tentang kisah cinta mengharukan antara pemuda cacat dengan gadis yang mencintai dia apa adanya. Film ini baru dirilis pada tahun 2016 lalu dan berhasil jadi salah satu film romantis yang pas banget untuk ditonton buat hari Valentine.

6. La La Land

La La Land via http://google.com

Dan ini yang terakhir!

Cinta dan mimpi adalah dua hal menarik yang nggak bisa dipisahkan, tapi kadang juga nggak bisa disatukan. Mia (Emma Stone) dan Sebastian (Ryan Gosling) saling jatuh cinta dan sama-sama punya mimpi. Mereka saling mendorong satu sama lain untuk meraih mimpi besar mereka. Tapi ternyata usaha untuk mewujudkan mimpi bisa jadi konflik yang mengancam hubungan mereka. Bagi movie goers yang suka sama kisah percintaan dengan tema mimpi, film ini bener-bener cocok buat ditonton. Hubungan percintaan Mia dan Sebastian diwarnai dengan ambisi mereka untuk mengejar mimpi sekaligus tetap mempertahanksn cinta. Film drama musikal ini mengajarkan kita tentang perjuangan untuk meraih cinta dan cita-cita.