Hari ini Qian mau membagikan tips mengenai Cara Mengatasi Minder yang pasti bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Tips ini Qian bagikan karena ternyata banyak sekali orang yang memiliki rasa minder terhadap dirinya sendiri.Padahal zaman sekarang ini sangat menuntut kita untuk selalu percaya akan kemampuan dan potensi kita masing-masing.

Jika saja kita bisa lebih percaya diri dan tahu menganai cara mengatasi minder, maka tentu peluang menggapai yang dia inginkan akan tercapai dengan lebih mudah. Untuk bisa mengurangi minder yang sering kamu alami, kamu bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

 

1. Perbaiki penampilan kamu.

Perbaiki penampilan kamu

Perbaiki penampilan kamu via http://qiantionsy.blogspot.com

Ini merupakan cara mengatasi minder paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Memperbaiki penampilan bukan berarti kamu harus berdandan yang berlebihan, tapi cukup dengan memastikan bahwa kamu selalu tampil rapi, bersih dan wangi. :)

Mulai lah memaksimalkan penampilan kamu di pagi hari bahkan meskipun kamu belum berencana untuk bepergian kemanapun.

2. Selalu bersyukur dengan kondisi kamu.

Selalu bersyukur setiap hari :)

Selalu bersyukur setiap hari :) via http://qiantionsy.blogspot.com

Tidak bisa disangkal lagi bahwa manusia merupakan mahluk hidup paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhan YME. Sempurna di sini tidak bisa di generalisir ataupun di sama ratakan ukurannya ke semua orang. 

Tuhan menciptakan kita dengan kesempurnaan masing-masing. Jadi jika kamu merasa berbeda (dan memang pasti setiap diri kita berbeda satu sama lain) maka syukuri perbedaan yang kamu rasakan itu. Perbedaan yang kamu rasakan itu terdiri dari dua hal saja, yang pertama karena kamu merasa ada kekurangan dan yang kedua karena kamu memiliki kelebihan.

Itulah faktor yang menjadikan setiap manusia unik dan berbeda satu sama lainnya. Jadi, tidak ada standar yang bisa mengukur bahwa satu manusia lebih baik dari manusia lainnya. Tapi, meskipun begitu, bukan berarti kamu sekarang tidak perlu melakukan apa-apa untuk menjadi lebih baik ya.

Terkadang kekurangan yang kita rasakan itu bukan muncul secara alamiah, tapi merupakan aktifitas yang dilakukan secara terus menerus. Apa contohnya? Seperti malas untuk bangun pagi. Kita semua tau kan kalau bangun pagi sangat menyehatkan tubuh.

Nah jika kamu malas bangun pagi, bukan berarti kamu memang ditakdirkan Tuhan untuk bangun siang terus ya. Apalagi jika kamu masih menempuh pendidikan. Oleh karenanya, kamu tetap harus memperbaiki kekurangan ini.

Jadi bersyukur dengan kondisi diri kita yang sekarang bukanlah suatu alasan untuk membuat kita tidak memperbaiki diri ya. Tetap perbaiki kekurangan yang bisa memperlambat kesuksesan kita di masa depan. Serta jangan lupa untuk memaksimalkan kelebihan agar kesuksesan semakin cepat menghampiri!

3. Maksimalkan kelebihan kamu.

Maksimalkan yang sudah ada

Maksimalkan yang sudah ada via http://qiantionsy.blogspot.com

Manusia memang tidak pernah puas. Setelah dapat ini, minta itu, setelah dapat itu minta yang lain. Ternyata rasa tidak pernah puas ini juga terjadi dengan penilaian terhadap diri sendiri. 

Kebanyakan orang selalu melihat diri sendiri dengan pandangan negatif yaitu lebih banyak melihat kekurangan dari pada kelebihan. Supaya kamu tidak minder lagi, maka kamu harus mencoba untuk mengubah cara pandang terhadap diri kamu sendiri. Maksimalkan terus kelebihan yang kamu bisa meskipun sekarang kamu merasa kelebihan itu hal yang sepele.

Jika kamu menyadarinya, ternyata hal sepele yang kamu lakukan dengan mudah itulah yang merupakan kelebihan terbesar kamu. Kenapa begitu? Ini karena tidak semua orang bisa seperti kamu. Tidak semua orang bisa melakukannya secepat ataupun sebaik yang kamu lakukan. 

Kalau kamu sudah menyadari ini, maka yakinlah rasa minder itu akan hilang menjauh dari fikiran kamu selama-lama-lama-lamanya. Sekarang coba kamu renungkan, apasih kegiatan atau pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan mudah?

Atau orang lain biasanya minta tolong ke kamu tentang apa? Jawaban dari pertanyaan di atas bisa saja lebih dari satu. Misalnya:

#1 kamu paling senang melukis

#2 orang lain paling sering meminta pertolongan untuk mengedit foto di photoshop

#3 kamu juga paling senang membuat origami

dst…

Nah, jika kamu sudah mengetahuinya, buatlah daftar dari jawaban atas pertanyaan tadi dan tempelkan di dinding agar kamu sadar bahwa kamu memiliki banyak kelebihan!

4. Hargai apa yang sudah kamu usahakan.

Cintai diri kamu sendiri

Cintai diri kamu sendiri via http://qiantionsy.blogspot.com

Ini yang seringkali dilupakan orang. Menghargai diri sendiri merupakan faktor terpenting untuk bisa mengatasi minder kamu. Meskipun kamu sering gagal ataupun apa yang sudah kamu lakukan tidak sehebat bayangan kamu, tetapi sangat penting untuk menghargai kerja keras yang sudah kamu usahakan. Anggap saja menghargai diri sendiri ini sebagai ungkapan rasa syukur dan terimakasih kamu kepada Tuhan.

Ingat bahwa tubuh kamu adalah titipan dan pemberian yang sangat berharga dari Tuhan. Oleh karenanya, jika kamu sudah memakai tubuh kamu untuk melakukan usaha dalam mencapai cita-cita, maka ucapkanlah terimakasih kepada tubuh dan fikiran kamu.

Ucapan terimakasih ini bisa dalam bentuk memanjakan diri dengan berwisata, beristirahat seperlunya, ataupun membeli sesuatu yang kamu senangi. Dengan mengucapkan terimakasih terhadap diri sendiri, kamu akan memiliki fikiran yang lebih jernih dan positif.

Selain itu, tentunya kamu juga bisa menyelesaikan permasalahan minder yang sering kamu alami, karena minder biasanya disebabkan karena tidak berterimakasih kepada diri sendiri atas apa yang sudah dilakukan. Namun, usahakan untuk tidak terlalu berlebihan apalagi sampai menghambur-hamburkan uang.

5. Bertemanlah dengan orang yang selalu mendukung kamu.

Cari teman yang berfikiran positif

Cari teman yang berfikiran positif via http://qiantionsy.blogspot.com

Menurut peribahasa:

Jika kamu ingin melihat kepribadian seseorang, maka lihatlah teman dekatnya, maka seperti itulah kepribadiannya

Peribahasa ini memang benar. Jika kamu ingin tahu cara mengatasi minder, maka kamu sebaiknya berteman dengan orang-orang yang selalu berfikir positif dan percaya diri. Kalau kamu berteman dengan orang yang juga minder serta memiliki rasa percaya diri yang kurang, tentu akan semakin membuat kamu lebih minder lagi.

Tapi bukan berarti kamu harus memilih-milih teman ya. Kamu tentu harus berteman dengan siapa saja yang baik dan teman-teman kamu pastinya memiliki karakteristik kepribadian masing-masing. Ada yang selalu percaya diri dan ada juga yang suka minder.

Namun agar kamu bisa menghilangkan rasa minder dari dalam fikiran kamu, maka usahakan untuk memperbanyak teman yang percaya diri tadi. Cara mendapatkan teman seperti itu cukup mudah. Kamu bisa masuk ke komunitas-komunitas yang sesuai dengan hobi kamu. Misalnya kamu suka dengan desain grafis, maka kamu bisa bergabung dengan komunitas desain grafis.

Tentu selain bisa memaksimalkan potensi diri kamu, bergabung dengan komunitas akan membuat kamu dikelilingi oleh orang-orang yang selalu bersemangat. Akhirnya rasa minder pun akan hilang dari fikiran kamu.

6. Tingkatkan kemampuan dan pengetahuan kamu.

Selalu semangat untuk belajar

Selalu semangat untuk belajar via http://qiantionsy.blogspot.com

Terkadang penyebab seseorang merasa minder adalah karena kurangnya ilmu ataupun pengetahuan sehingga tidak bisa mengikuti pembicaraan orang-orang sekitarnya. Jika penyebab minder kamu sama dengan yang Saya sebutkan di atas, maka kamu busa mengurangi rasa minder tersebut dengan memperbanyak belajar.

Tidak ada cara instan untuk bisa menghilangkan rasa minder. Kamu tidak bisa berubah drastis dari minder menjadi sangat percaya diri dalam semalam. Butuh waktu serta proses yang memang tidak sebentar. Tapi, jika kamu lakukan dengan baik maka pasti kamu bisa menghilangkan rasa minder dalam fikiran kamu. Ingatlah selalu bahwa HASIL tidak akan menghianati PROSES!

So, hayuk semangat untuk belajar! :)

7. Matangkan persiapan kamu.

Persiapkan hal yang kurang kamu kuasai

Persiapkan hal yang kurang kamu kuasai via http://qiantionsy.blogspot.com

Mematangkan persiapan bisa diterapkan untuk semua hal yang membuat kamu minder. Misal kamu minder untuk maju di kelas pada saat pelajaran berlangsung, maka tanyakan dengan jujur ke diri kamu sendiri apa yang membuat kamu minder? Apakah karena kamu kurang belajar? Apakah kamu belum mengetahui kelebihan kamu ataukah karena teman kamu kebanyakan orang-orang yang berfikir negatif?

Kalau kamu sudah mendapat jawaban atas pertanyaan tadi, lakukan persiapan yang matang dengan cara memperbaiki kekurangan-kekurangan serta memaksimalkan kelebihan kamu. Misal kamu minder maju di depan umum karena kamu suka lupa, kamu bisa mengatasinya dengan berusaha semampunya mengingat hal-hal yang akan kamu ucapkan serta kamu juga bisa memaksimalkan kemampuan kamu sehingga kekurangan kamu tertutupi.

Jika kamu memiliki kemampuan dalam memadupadankan pakaian, maka berpenampilanlah sebaik mungkin sebelum maju ke depan umum. Yakinkan bahwa penampilan kamu luar biasa sehingga pada saat maju, semua orang sudah terpana dengan penampilan kamu.

Kalau sudah begini, kalaupun kamu lupa satu dua hal atau ada salah kata sedikit ketika berbicara di depan umum maka itu tidak akan menjadi masalah bagi mereka yang mendengarkan.