Toraja adalah salah satu kabupaten yang berada di propinsi Sulawesi Selatan. Toraja salah satu tempat wisata yang sangat terkenal Indonesia. Banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang berkunjung kesana. Selain pemandangan alamnya yang indah, yang menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung ke Toraja karena budayanya yang masih  sangat kental.

Berikut ini Hipwee akan memberikan informasi seputar Toraja sehingga membuat kamu para traveler mungkin ingin menambahkan Toraja sebagai salah satu list destinasi wisata kamu.

1. Toraja sangat terkenal dengan Rambu Solo

rambu solo 5 via http://3.bp.blogspot.com

Rambu solo adalah upacara pemakaman yang sangat unik di Toraja. Biaya yang diperlukan dalam upacara pemakaman ini mengeluarkan biaya yang tidak murah. Karena menurut warga setempat, semakin tinggi status sosial orang tersebut maka semakin mahal biaya yang diperlukan. Di dalam upacara adat ini tidak hanya dihadiri oleh para keluarga saja, melainkan warga setempat bahkan para wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Salah satu rangkaian dari upacara pemakaman ini yang unik adalah ma’pasilaga tedong (adu kerbau) dan ma’tinggoro tedong (pemotongan kerbau). Sebelum penyembelihan kerbau, kerbau-kerbau akan diadu dulu. Orang Toraja menganggap kerbau adalah hewan yang dianggap suci jadi kerbau-kerbau yang diadu pun bukan kerbau sembarangan, melainkan kerbau pilihan, seperti kerbau saleko dan kerbau bonga.

2. Kuburan yang unik

138662_kuburan-batu-lemo-di-toraja_663_382.jpg via http://media.viva.co.id

Jika kamu berkunjung ke Toraja, jangan lupa untuk berkunjung ke kuburan-kuburan yang hanya ditemukan di Toraja, seperti kuburan goa di Londa, kuburan pohon di Sanggalla, dan kuburan batu di Lo’ko’ Mata dan di Lemo.

3. Tongkonan-rumah toraja unik

Advertisement

737719-0-foto-horizontal via http://assets.kidnesia.com

Tongkonan adalah rumah adat yang berada di Toraja. Bangunannya yang terbuat dari kayu serta terdapat ukiran-ukiran toraja dan tanduk-tanduk kerbau yang melengkapi uniknya bangunan tersebut. Jika kamu penasaran dengan bangunan tongkonan toraja, objek wisata Ke’te’ Kesu bisa menjadi pilihan yang bagus buat kamu. Disana kamu bukan hanya melihat tongkonan tetapi kamu juga melihat kuburan batu serta belanja cenderamata khas Toraja untuk kamu bawa pulang.

4. Ma’nene

Manene adalah salah satu tradisi atau ritual unik masyarakat toraja yang mana menggantikan pakaian mayat para leluhur yang telah meninggal dunia. Ritual ini diadakan sebagai bukti penghormatan terhadap para leluhur yang telah meninggal dunia. Jika kamu penasaran dengan ritual ma’nene, kamu bisa berkunjung di desa Baruppu, tetapi ritual ini biasanya dilakukan sekitar bulan Agustus dan pada waktu musim panen. Manene adalah salah satu tradisi atau ritual unik masyarakat toraja yang mana menggantikan pakaian mayat para leluhur. Ritual ini diadakan sebagai bukti penghormatan terhadap para leluhur yang telah meninggal dunia. Jika kamu penasaran dengan ritual ma’nene, kamu bisa berkunjung di desa Baruppu, tetapi ritual ini biasanya dilakukan sekitar bulan Agustus dan pada waktu musim panen.

5. Tarian daerahnya pun tak kalah menariknya

677_Sulawesi_Selatan_-_Tarian_Pa_Gelu_Toraja_-_IE via http://www.indonesiakaya.com

Di Toraja terdapat banyak macam tarian toraja yang sangat unik. Salah satunya adalah tarian Pa’gellu. Tarian Pa’gellu adalah salah satu macam tarian Toraja yang melambangkan kebahagiaan. Tarian ini biasanya ditampilkan dalam acara penyambutan, ucapan syukur panen, pernikahan, dan lain-lain.

6. Pemandangan alamnya yang sangat indah

Batutumonga1 via http://3.bp.blogspot.com

Sudah tidak asing lagi mendengar jika ada yang mengatakan pemandangan di Toraja sangatlah indah. Kota yang dikelilingi pegunungan ini menjadi salah satu alasan para wisatawan ingin berkunjung ke Toraja. Batutumonga dan Tongkonan lempe lolai atau bukit di atas awan ini bisa menjadi pilihan kamu untuk menikmati pemandangan Toraja yang sangat indah ini.

7. Kain tenunnya

Patannun-Sadan_Sadan-Tobarana-web via http://tourtoraja.com

Rasanya tak lengkap kamu berkunjung ke Toraja jika tidak melihat atau membeli kain tenun Toraja yang melegenda. Di desa Sa’dan Ma’limbong bisa jadi pilihan kamu jika kamu ingin berkunjung untuk melihat proses pembuatan kain tenun yang masih menggunakan alat tenun tradisional dan membeli kain tenun Toraja sebagai oleh-oleh.