1. Teman rasa keluarga

Teman-teman sekolahku.. via http://pexels.com

Kamu semua pasti mempunyai teman yang terasa lebih dekat daripada yang lain. Teman yang mengerti dan memahami kamu. Teman yang selalu setia dan mau menerima dirimu apa adanya. Ibarat gula dan semut, dimana ada kamu pasti ada dia, begitu juga sebaliknya. Jika setelah kelulusan kalian mengambil jalan yang berbeda, kamu pasti akan merindukan sosok seperti dirinya dalam keseharianmu.

2. Tugas-tugas yang tiada habisnya

Terkadang kamu akan rindu ini juga via http://pexels.com

Pada waktu itu, tugas-tugas yang seakan tiada habisnya pasti mebuat kamu kewalahan. Entah itu tugas diferensial dan integral pada matematika, menulis cerpen pada bahasa Indonesia, atau membuat laporan fisika. Tapi, justru inilah yang akan kamu rindukan di kemudian hari. Kamu akan merindukan tugas yang jumlahnya lebih sedikit dan lebih ringan daripada tugas-tugasmu sekarang yang seakan tidak memperbolehkanmu untuk beristirahat.

3. Jajanan sekolah

Ini pasti jadi salah satu yang kamu rindukan via http://pexels.com

Advertisement

Setiap tempat memiliki kesukaan yang berbeda. Kota A menyukai ini, sedangkan kota B menyukai itu. Ketika meninggalkan sekolahmu dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, kamu mungkin tidak akan menemukan jajanan unik yang biasanya menemani waktu istirahatmu. Kamu akan merindukan bentuknya, rasanya, atau mungkin mbak atau mas penjualnya yang sering kamu bohongin dengan "bayar dua ribu tapi sebenarnya belanja sepuluh ribu" *ayo ngaku*.

4. Jam kosong dan semua hal gila di dalamnya

Dijamin kamu pasti akuan merindukan yang satu ini via http://pexels.com

Jam kosong adalah hal yang merugikan tetapi selalu menjadi hal yang disukai siswa. Ketika jam kosong, ada saja kegiatan-kegiatan aneh yang dilakukan. Mulai dari menjahili teman, makan sepuasnya, bernyanyi, tidur, atau bahkan membuat sebuah skenario yang bertujuan untuk membuat teman-teman yang melihat menjadi tertawa. Hal inilah yang akan kamu rindukan nantinya. Kamu akan merindukan kebersamaan, kekonyolan, dan semua kegiatan aneh yang kalian lakukan bersama yang mungkin tidak akan kamu temukan di kehidupanmu yang sekarang.

5. Si dia yang menggetarkan hatimu

Kata orang, masa putih abu-abu adalah masa yang paling indah. Masa dimana kamu untuk pertama kalinya merasa peduli dengan lawan jenismu. Masa dimana kamu merasa senang dan khawatir di saat yang bersamaan. Masa dimana kamu untuk pertama kalinya tidak bisa tidur karena memikirkan seseorang yang menarik perhatianmu. Si dia ini tentunya menjadi pemicu semangatmu untuk pergi ke sekolah. Melihat senyumnya seakan bisa membuat harimu menjadi penuh warna dan terasa menyenangkan walaupun banyak tugas-tugas menghadang. Entah masih bersama atau sudah memiliki jalan masing-masing, kelak si dia ini akan kamu rindukan sebagai seseorang yang pernah membuat masa putih abu-abumu terasa begitu berwarna.