Traveling bisa jadi aktivitas yang menyenangkan bagi siapa saja untuk melepas penat pikiran. Menyaksikan keindahan alam, menikmati kesegaran air di pantai atau danau hingga cuci mata dengan hijaunya pepohonan rindang. Namun, untuk para introvert, melakukan traveling perlu dipikirkan berkali-kali karena kurang nyaman berada di antara banyak orang. Padahal, ada cara lain buat introvert yang ingin traveling yaitu Solo Traveling.

Para introvert bisa melakukan perjalanan seorang diri (Solo Traveling) dengan berbagai perencanaan dan persiapan yang wajib matang. Selain soal keberanian, mungkin cara mengambil foto perjalanan juga jadi tantangan tersendiri bagi para solo traveler. Jangan panik, berikut ini ada tips-tips selfie yang epic buat para solo traveler dan layak dicoba!

1. Selfie Dengan Rasio 1:3

separuh wajah separuh panorama alam via http://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Selfie tidak selalu identik dengan foto close up wajahmu. Saat traveling di alam, tentu pemandangan alam jadi view utama. Maksud Rasio 1:3 ini, berfoto dengan panorama alam yang lebih dimaksimalkan dibanding wajahmu. Tentukan latar belakang alam dan posisikan wajah sesuai latar belakang. Misalnya, selfie setengah wajah dan full panorama alam.

2. Gunakan Tongsis atau Tripod

Janga lupa bawa tongsis! via http://indietraveller.com

Para solo traveler tentu ada rasa enggan minta difotokan traveler lain. Jadi, alat bantu selfie seperti tripod atau tongsis jadi barang wajib dibawa. Jika hanya berfoto selfie dengan kamera atau smartphone tanpa tongsis hasilnya hanya akan jadi foto close up wajah dan tanpa latar panorama alam. Disinilah peran tongsis atau tripod jadi penting buat hasil foto selfie yang keren dengan latar panorama alam yang maksimal.

3. Manfaatkan Benda Sekitar untuk Peletakkan Kamera

Tolong dikondisikan kameranya… via http://introvertside.wordpress.com

Advertisement

Jika ingin ber-selfie berlatar alam, tongsis, dan tripod tentu perlu diposisikan dengan tegak. Kamu bisa mencari spot peletakkan kamera yang datar atau memanfaatkan benda sekitar seperti pohon, kursi, meja atau bahkan tas. Cari angle yang kamu inginkan dan letakkan tongsis atau tripod secara hati-hati hingga tegak sebelum pengambilan foto.

4. Coba Angle Selfie yang Beda

Bagusnya dari angle mana ya….. via http://pacsafe.com

Angle selfie yang keren, tidak selalu dari atas ataupun sejajar dengan wajah. Kamu juga bisa ambil angle selfie yang beda dan tidak menampilkan wajahmu. Cobalah berfoto selfie dari sudut belakang ataupun dari sudut samping. Dijamin, kamu bisa mendapatkan foto unik dengan latar panorama alam yang lebih luas, indah dan menakjubkan.

5. Coba Teknik Selfie Penyamaran

Ssttttt….cekrak cekrik via http://hazyshadesofme.files.wordpress

Masalah lain para introvert yang melakukan solo traveling adalah perasaan malu untuk berfoto selfie di tempat umum dengan banyak wisatawan lainnya. Jika begini, kamu bisa coba teknik selfie penyamaran. Jadi kamu bisa mengarahkan kameramu ke suatu obyek didepan seolah-olah ingin memotret obyek tersebut. Padahal, sebenarnya, kamu mengambil foto selfie dengan latar panorama di belakangmu atau close up selfie.

6. Atur Pencahayaan Kamera

Duhh..geser kesini gelap…geser kesana…. via http://intrepidescape.com

Salah satu aspek utama hasil foto yang jernih dan bagus adalah pencahayaan yang memadai. Ingat ‘memadai’ bukan ‘berlebihan’, jangan sampai terjebak paradigma makin banyak cahaya alaminya makin jernih hasil fotonya. Hal ini justru bisa menjadikan foto mu blur atau gelap, cara yang tepat yaitu menjauhi sumber cahaya utama saat hendak berfoto. Jika hasil fotonya tetap terlihat kurang jelas, kamu bisa memanfaatkan aplikasi filter foto.

7. Manfaatkan Timer

1….2…..3…. Cheese!!! via http://skywalk.co.nz.com

Timer jadi fitur utama untuk para solo traveler yang ingin ber-selfie dengan  latar belakang yang lebih jelas dan indah. Setelah menggunakan tongsis, menemukan tempat untuk meletakkan kamera, kamu cukup mengatur angle yang diinginkan sekaligus mengatur timer yang pas. Terakhir, berlari ke posisi yang sudah diatur saat  timer sedang berjalan.

8. Gunakan Mode Panorama

Pelan pelan saja…. via http://4.bp.blogspot.com

Buat kamu yang sudah bosan berfoto selfie dengan beragam angle, coba gunakan mode panorama. Mode ini berfungsi membuat foto panorama alam yang lebih luas dari satu ujung ke ujung lainnya. Genggam kamera dengan stabil dan gerakkan perlahan panorama dari ujung satu ke ujung lainnya mengikuti garis merah pada layar.

9. Lakukan Video Screenshot

Videokan aksi gilamu! via http://grindtv.com

Selain panorama mode, kamu juga bisa mecoba teknik video screenshot saat sedang traveling. Kamu bisa merekam video keindahan bawah laut saat snorkeling atau video alam sekitar pegunungan saat pendakian. Setelah rekaman selesai, kamu bisa menyaksikan video tersebut dan jika menemukan pemandangan yang luar biasa indah atau objek yang unik, kamu tinggal melakukan screenshot.

10. Lakukan Aktivitas Unik

Let’s be crazy! via http://img.wennermedia.com

Jika kamu ingin foto yang lebih keren dan bisa dapat banyak like, kamu bisa berfoto dengan melakukan berbagai aktivitas yang unik dan aneh. Kamu bisa berfoto membuat istana pasir di pantai, cliff jump dari tebing air terjun/ sungai, dan sebagainya. Jika kamu berkunjung ke pulau lain, kamu juga bisa berfoto saat membuat kerajinan khas setempat, menari bersama warga setempat, dll. Pastikan kamu lakukan aktivitas terbaik untuk difoto.