Tak terasa sudah berada di pertengahan Bulan Ramadan. Bagi umat Muslim saat-saat seperti ini adalah yang paling krusial untuk introspeksi diri atas apa yang sudah dilakukan selama dua minggu pertama bulan puasa dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki diri untuk dua minggu berikutnya. Serius banget ya.

 

Selain untuk instrospeksi diri, bulan puasa juga khas karena ada hal-hal yang cuma hadir pada saat ini dan membuat kita begitu rindu dengan bulan suci ini. Ini dia tujuh hal yang paling dikangenin saat Bulan Ramadan. Mana yang bikin kamu kangen banget?

1. Bangun Sahur

Dibangunin Sama Orang Rumah via http://abiummi.com

Sahur sangat dianjurkan pada saat puasa walau hanya dengan seteguk air. Tapi rasanya mager banget kalo buat bangun untuk sahur. Kayak ada lem yang menempel di bantal dan membuat kamu sukar beranjak. Tapi itulah intinya, kita diuji saat sahur untuk bisa mengesampingkan rasa malas. Bakalan ngerasain kangennya bangun sahur deh. Apalagi buat kamu sekarang harus merantau dan rindu dibangunin sahur sama orang rumah.

2. Kurma

Paling Banyak Dicari Saat Ramadan via http://kurmamehr.com

Buah kegemaran Rasul ini memang identik dengan bulan puasa. Bagaimana tidak? Buah ini kaya nutrisi dan merupakan sumber beragam vitamin dan mineral. Selain itu, kurma juga sumber energi, gula, dan serat yang baik, sehingga membuat kita yang memakannya saat sahur dan berbuka menjadi lebih bugar. Disunahkan juga untuk berbuka dengan 3 biji kurma. Makan kurma pada selain bulan Ramadan? Kayaknya ada yang kurang gitu.

3. Takjil

Advertisement

Penjual Takjil Musiman via http://iamangelous.blogspot.co.id

Sering lihat penjual makanan jadi-jadian di pinggir jalan saat menjelang buka puasa? Mereka ini yang bikin kangen karena kamu bisa lihat berbagai macam takjil dijajakkan di meja-meja penjual, dari yang berkuah seperti kolak dan es campur, sampai yang berminyak seperti gorengan. Kamu nggak nemuin lagi penjual jadi-jadian itu di luar Bulan Ramadan dan bakal kangen bahkan sama si ibu penjual takjilnya. Jangan bohong

4. Buku Amalan Ramadan

Harus Rajin Diisi Ya via http://www.kompasiana.com

Bulan Ramadan adalah waktu kita berlomba-lomba mencari pahala. Salah satu yang paling dianjurkan adalah Sholat Tarawih berjamaah di masjid dan kuliah Subuh. Kamu ingat saat masih sekolah dulu dikasih buku amalan yang harus diisi sebagai tambahan nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Adik-adik sekolah kita sekarang masih dapat buku amalan itu nggak ya?

5. Petasan

Hati-Hati Mainan Ini via http://www.jpnn.com

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu saat Ramadan. Dari penjual yang terang-terangan jualan di emperan sampai warung-warung yang tiba-tiba menghadirkan petasan di lapak mereka menjadikan petasan makin mudah dijangkau untuk dibeli. Petasan suka dinyalakan seusai Sholat Tarawih dan bakda Subuh terutama sama mereka yang jahil yang kebanyakan anak laki-laki. Malahan sampai keterlaluan untuk menakut-nakuti banyak orang yang berbondong-bondong pulang dari masjid.

6. Ngabuburit

Ngabuburit dengan Membaca? via https://www.getscoop.com

Gimana cara kamu menghabiskan saat-saat menjelang waktu berbuka? Buat yang sibuk biasanya sih nggak ke mana-mana karena masih harus selesaikan kerjaan di kantor. Tapi coba deh sempatkan ke luar ruangan sebentar buat menghirup udara segar. Itu adalah hal tersimpel dari ngabuburit yang bisa bikin kamu relaks kembali. Saat masih kecil, biasanya kita diajak jalan-jalan sama orangtua keliling kompleks atau ke suatu tempat supaya lupa kalo kita lagi puasa. Rindu masa-masa itu?

Kini, membaca menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu menunggu buka puasa. Dengan SCOOP, kamu bisa membaca ribuan judul buku, majalah, dan koran secara digital melalui gawai Android dan iOS. Selain menambah wawasan, membaca juga membuatmu lupa waktu. Tiba-tiba adzan Maghrib berkumandang. Mari 15 menit membaca bersama SCOOP! Baca buku digital itu keren!