Yang namanya film cinta, nggak melulu harus romantis saja. Nggak ada tuh teori yang menyatakan bahwa cinta terbaik selalu hadir karena keromantisan. Karena, cinta bisa dibentuk dan dirangkul bersama dengan banyak hal, salah satunya komedi. Nah, dari banyaknya film romantis yang dibalut dengan komedi di dunia, ada 5 film dari Asia yang nggak cuma mengantarkan dengan baik pesan dari cintanya, tapi juga menyuguhkan komedi yang begitu layak untuk ditertawai bersama.

 

1. Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan film Crazy Little Thing Called Love (2010) 'kan?

Crazy Little Thing Called Love

Crazy Little Thing Called Love via http://4.bp.blogspot.com

Adalah film yang menceritakan seorang wanita bernama Nam yang begitu mencintai kakak tingkatnya di sekolah, yaitu Shone. Nam memilih untuk mencintai Shone secara diam-diam. Alasannya karena Nam memiliki wajah yang nggak cantik dan terkesan nggak menarik bagi banyak pria, tapi tetap aja berbagai cara Nam lakukan untuk memikat hati dari Shone.

Semisal memutihkan kulit wajahnya, hingga belajar untuk menjadi yang terpintar di sekolah. Tapi, film ini nggak melulu menyajikan soal cinta-cintaan saja. Di dalamnya, kita bakal disuguhi sama adegan-adegan konyol dan bodoh dari Nam, karena cintanya terhadap Shone. Namun, unsur komedinya tidak mengurangi nilai keromantisan dari perjuangan Nam dalam mengejar cintanya Shone.

Film ini cocok untuk kalian yang butuh inspirasi buat ngejar si doi. Supaya kalian nggak memandang cinta dari enak-enaknya saja. Film ini membuat kita meyakini bahwa sejatinya cinta adalah satu energi positif yang mengantarkan tiap orang pada kebaikkan.

Dia adalah inspirasi bagiku. Dia membuatku memakai cinta di jalan yang benar. Dia layaknya kekuatan yang menyokongku untuk menjadi lebih baik. Sampai aku bisa jadi Nam seperti saat ini.

–Nam-

2. Emosi kita serasa diaduk-aduk ketika nonton film One Day (2016). Kisah cinta dan komedinya kental terasa!

Pikirkan situasi dan kondisi ini: kamu punya penampilan yang nggak menarik sama sekali. Kemudian, kamu jatuh cinta sama seseorang yang begitu luar biasa, superstar-lah kalo bisa dibilang. Hingga membuat kamu nggak pernah dan nggak akan bisa dekat dengan dia. Kamu mencintai dia secara diam-diam dalam waktu yang begitu lama. Namun, si dia udah punya kekasih. Dan, kamu masih cinta dia.

Hingga satu waktu, ketika kalian liburan bersama, ikut juga teman-teman kalian, dan termasuk juga kekasih dari si dia, tiba-tiba terjadi musibah. Si dia kecelakaan, yang mengakibatkan dia jadi lupa ingatan, tapi hanya 1 hari aja. Dan saat itu, hanya ada kamu aja yang bisa menemani dia selama 1 hari, kekasih dia dan teman-teman kalian sedang berada pada tempat yang begitu jauh.

Pertanyaannya: Apa yang akan kamu lakukan selama 1 hari tersebut ke dia, orang yang begitu kamu cintai dalam waktu yang begitu lama?

Hahaha. Kira-kira, begitulah hal yang juga ada di dalam film ini. Adalah Den yang begitu mencintai seorang wanita bernama Nui. Tenang, di film ini juga nggak cuma bikin kita sendu-sendu saja, tapi, tingkah bodoh dari Den yang begitu pasrah dengan cinta dan hidupnya, mampu membuat kita tertawa. Dari film ini, kita justru mengerti apa itu hakikat cinta.

Apa kau pernah mendengar, kisah orang yang mendaki Gunung Everest? Saat pendakian, pria itu jatuh, dan semua orang akhirnya mati. Dan seorang pria yang berjalan di atas tali di antara menara di World Trade Center. Sebelumnya, aku tak pernah bisa memahami, kenapa mereka melakukan hal semacam itu. Sampai ketika, aku bertemu denganmu. Saat kau memintaku sebelumnya. Kenapa aku jadi berani merayumu. Saat ini aku tahu jawabannya. Ketika kita mencintai sesuatu dengan sungguh-sungguh, kita tidak butuh alasan. Cinta, yang membuat kita berani untuk melakukan semua hal-hal bodoh itu. Dan kau, Nui, adalah Gunung Everest-ku. Kau adalah sisi menara lain dari World Trade Center, yang ingin aku seberangi dan sampai ke sana.

–Den-

3. Atau film Heart Attack (2015) yang tak kalah romantisnya!

Heart Attack

Heart Attack via http://i2.wp.com

Yoon adalah seorang pria pekerja keras. Sebagai seorang freelancer di bidang desain grafis, dirinya begitu menjunjung tinggi sebuah pekerjaan. Baginya tidak ada tuh yang namanya pergi ke pantai buat melihat matahari senja, atau jalan-jalan ke mall untuk beli pakaian kekinian.

Yoon menilai hal-hal seperti itu hanya membuang-buang waktu saja, dan nggak ada gunanya sama sekali. Dan definisi hiburan bagi Yoon adalah, ketika dia memikirkan pekerjaan apa lagi yang bisa ia dapatkan di waktu yang akan datang. Satu hal yang begitu Yoon kagumi dari dirinya sendiri adalah, bahwa dia memiliki kekuatan super.

Kekuatan super yang dimaksud Yoon adalah nggak tidur selama 4 hari! Dan itu adalah alasan kenapa dirinya bertemu dengan seorang dokter cantik bernama Im. Di film ini, kita akan mendapatkan suguhan dari seorang pria penggila kerja yang begitu kocak, bodoh, serta keras kepala, ketika dihadapkan pada seorang dokter yang begitu ingin sekali menyembuhkan penyakit dari Yoon. Juga mengajarkan pada kita, bahwa cinta bisa merubah satu orang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Aku tidak tahu kalau kau masih ingin mati. Tapi, jangan seperti itu, ya? Kau harus sembuh. Oke?

-Im-

4. Siapa sih yang nggak kenal You Are The Apple of My Eye (2011)?

you are the apple of my eye

you are the apple of my eye via https://s2-ssl.dmcdn.net

Begitu romantis. Juga begitu komedi!

Itulah yang akan kita dapatkan ketika menonton film ini. Ko Teng, pria yang nakalnya keterlaluan, mau itu di sekolah, ataupun di luar sekolah. Nggak ada yang bagus dan baik dari Ko Teng. Hari-harinya cuma dipenuhi cerita nakal remaja, yang bahkan nakalnya keterlaluan.

Sampai satu hari, dia dipaksa untuk duduk di depan wanita terpintar di sekolahnya, Shen Chia-yi. Bagi Ko Teng itulah musibah besar. Tapi, musibah yang jauh lebih besar adalah, saat Shen Chia-yi megharuskan Ko Teng untuk belajar darinya. Tapi ternyata, kejadian itu yang membuat semuanya berubah.

Ko Teng, yang dulunya nggak peduli sama pelajar, justru jadi rajin belajar. Dan akhirnya, dirinya baru tahu bahwa dia jatuh cinta kepada Shen Chia-yi. Ko Teng, menyatakan cinta kepada Shen Chia-yi, tapi Ko Teng nggak mau mendengar jawaban dari Shen Chia-yi, karena sebuah alasan: dia tidak mau mendengar jawaban tidak dari orang yang begitu dicintai. Jadi, dengan begitu, dia bisa terus mencintainya.

11 tahun Ko Teng masih mencintai Shen Chia-yi, dan selama itu juga, Ko Teng hanya menyatakan cinta, tanpa ingin tahu jawaban dari Shen Chia-yi. Di mana bagian lucunya dari film? Sebaiknya langsung aja tonton filmnya, biar bisa liat sendiri unsur komedinya!

Tapi, dari film ini, kita mengerti esensi dari cinta. Sekeras apapun kita berjuang untuk orang yang kita cintai, bila pada akhirnya bukan dengan kita, maka merelakannya juga merupakan bentuk dari cinta.

Ternyata, saat kau mencintai wanita, kau akan bahagia; saat ia menemukan pria idamannya. Kau pasti mendoakan mereka bahagia selamanya. Selamat menempuh hidup baru, wanita yang paling ku cintai.

–Ko Teng-

5. Romantis, lucu dan menggemaskan pun dikemas apik dalam film Hello Stranger (2010)

Hello Stranger

Hello Stranger via http://bk.asia-city.com

Pernahkah kamu terbayangkan, ketika sedang berlibur ke suatu tempat, kemudian secara tidak sengaja ditinggalkan oleh rombongan, dan berada pada tempat yang engga dikenal, lalu bertemu dengan seseorang yang akan mengantarkan kalian ke tempat penginapan kalian, namun nyatanya, salah tempat?! Dan berita lebih menghebohkan lagi, rombonganmu baru akan kembali esok lusa.

Lalu, dengan memaksa, kamu menyuruh seseorang yang sudah mengantar tapi salah tempat, untuk menjadi peneman kamu.

Pernahkah membayangkan hal seperti itu? Nah, Heart Attack juga demikian. Cerita yang panjang, namun tidak membosankan. Sebab, tingkah konyol dari sang tokoh utama pria, Dang, mampu membuat kita semua tertawa. Nggak terkecuali si pemeran wanitanya, May.

Pokoknya, kalo nonton film ini dijamin kita bakal ketawa karena ucapan maupun tingkah bodoh dari mereka berdua. Namun, pesan cinta yang coba disampaikan di film ini tetap mengena di hati terdalam. Dari film ini, kita semua seharusnya paham, bahwa cinta bisa datang dengan cepat, juga bisa pergi begitu kencang. Tapi sebuah cinta, entah datang atau pergi, selalu membuat bekas di hati yang terdalam.

Romansa itu hanya ada dalam kisah cinta dan film.

-May-

Film mana yang pernah kamu tonton dan masih berkesan sampai sekarang?