Selama ini kita sering disibukkan untuk mencari tahu cara membuat orang lain bisa mencintai diri kita sampai kita lupa caranya mencintai diri kita sendiri. Padahal seharusnya kalau kita memang sudah bisa mencintai diri kita sendiri, kita tidak akan melakukan banyak hal untuk membuat orang lain mencintai diri kita karena kita sudah bisa membahagiakan diri kita sendiri dengan mencintai diri kita.

Konsep mencintai diri sendiri artinya adalah dengan selalu memberikan kebaikan pada dirimu sendiri. Kebaikan seperti apa yang bisa kamu berikan untuk dirimu sendiri?

Kebaikan paling mudah yang harus kamu berikan untuk dirimu sendiri adalah dengan selalu membiasakan dirimu berpikiran positif.

Kamu bisa mencintai dirimu sendiri dengan mulai menghargai dan merasa pantas kalau kamu berhak menerima kebaikan dari dirimu sendiri. Dengan begitu, secara tidak sadar pula kamu akan melakukan tindakan yang menunjukkan kalau kamu mencintai dirimu sendiri. Kamu akan lebih bisa peduli dan sayang dengan dirimu sendiri.

Kamu bisa lakukan 9 hal ini untuk menyayangi dirimu sendiri mulai sekarang:

 

1. Luangkan waktu me time untuk melakukan hal yang kamu sukai

Luangkan waktu dan lakukan hal yang kau suka via https://www.pexels.com

Kalau selama ini kamu sering menghabiskan waktumu untuk menemani orang yang kamu sayang, mulailah untuk meluangkan waktu me time untuk dirimu sendiri melakukan apapun yang kamu suka.

Dengan melakukan hobi (apapun yang kamu suka) secara tidak langsung kamu juga meningkatkan rasa sayang terhadap dirimu sendiri dan memanjakan dirimu sendiri.


Kamu bisa melakukan perawatan untuk dirimu sendiri, belanja, nonton film favoritmu, mendengarkan dan mengcover lagu favoritmu, masak makanan favoritmu, bermain dengan binatang kesayanganmu atau berkeksperimen dengan warna kuteks dan rambutmu. Nikmati waktu sendirimu dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai.


2. Jujurlah pada dirimu sendiri

Advertisement

Jujur pada diri sendiri via https://www.pexels.com


Jujurlah pada dirimu sendiri dengan mulai melakukan apa yang ingin kamu lakukan dan berani mengatakan tidak pada apa yang tidak bisa kamu lakukan.

Jangan memaksakan diri untuk terus memuaskan orang lain dan melakukan apa yang orang lain inginkan.


Kamu harus belajar untuk jujur pada dirimu sendiri dengan mulai bisa menerima dirimu apa adanya, menerima kekurangan dan kelebihanmu. Jangan lagi membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, karena setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu hanya perlu menerima kekuranganmu dengan terus belajar memperbaiki diri.

3. Mencatat kelebihan diri sendiri

Catat kelebihan diri sendiri via https://www.pexels.com

Kamu bisa mengambil selembar kertas atau catat di smartphone kamu daftar kelebihan yang kamu miliki agar kamu tahu betapa berharganya dirimu dan bisa menyayangi dirimu sendiri. Kamu bisa mencatat semua kelebihan fisik maupun sikap kamu. Mulai dari mungkin kamu punya rambut yang indah, senyum yang manis, ramah, dan mudah beradaptasi.


Catatan kelebihanmu ini bisa kamu jadikan pengingat saat kamu merasa minder. Pengingat kalau kamu pun ternyata punya kelebihan, jadi kenapa harus merasa minder. Apa dimiliki orang lain belum tentu kamu miliki, begitupun sebaliknya, apa yang kamu miliki belum tentu dimiliki oleh orang lain.


Setiap orang diberkati dengan caranya masing-masing, dan kamu wajib bersyukur dengan apa yang kamu miliki sekarang.

4. Jadilah motivator untuk dirimu sendiri

Motivator untuk diri sendiri via https://www.pexels.com

Kamu harus bisa menjadi motivator dan penyemangat untuk dirimu sendiri dengan tidak membiarkan dirimu dikuasai oleh pikiran-pikiran negatif yang hanya ingin membuatmu galau, baper dan depresi. Kamu harus bisa membanggakan diri dan pencapaian apa yang sudah kamu dapatkan sejauh ini, berikan kalimat penyemangat untuk menjadi lebih baik setiap harinya.


Kamu bisa menjadi motivator untuk dirimu sendiri dengan selalu mencari sisi positif dari setiap permasalahan yang kamu hadapi.

Kamu harus selalu bisa mengambil hikmah dari setiap permasalahan dan menyadari kalau setiap kesalahan yang kamu lakukan pasti ada pelajaran yang bisa kamu dapat untuk menjadikan mu wanita dewasa yang lebih baik lagi.


5. Menanyakan kelebihanmu pada orang lain

Tanyakan kelebihanmu pada mereka via https://www.pexels.com


Kalau kamu merasa kesulitan mencari tahu kelebihan dirimu sendiri itu tandanya kamu belum mengenal baik dirimu sendiri, kamu bisa tanyakan kelebihanmu pada orang lain (keluarga, teman-teman atau pasanganmu).

Apa saja yang membuat mereka tertarik denganmu, mengapa mereka nyaman berada di dekatmu dan bagaimana mereka memandang kamu dalam kehidupan mereka? Apakah ada sifat positifmu yang bisa menjadikan mereka menjadi orang yang lebih baik?


Kamu bisa menanyakan hal-hal tersebut pada orang-orang terdekatmu yang memang mengenalmu. Dengan begitu kamu juga akan  merasa lebih dihargai dan dicintai oleh mereka yang memahami nilai lebihmu di balik setiap kekurangan yang kamu miliki.

6. Maafkan dirimu sendiri dan terima semua kesalahan yang sudah kamu lakukan

Maafkan dan terima kesalahanmu via https://www.pexels.com


Sadarlah kalau setiap orang pernah melakukan kesalahan, tapi bukan berarti kamu terus menyesali kesalahanmu dan menyalahkan dirimu sendiri.

Kamu harus bisa memaafkan dirimu sendiri dan belajar dari kesalahan yang sudah kamu lakukan untuk bisa berdamai dengan dirimu sendiri.


Ingat, kesalahanmu itu tidak selamanya buruk, justru karena kamu sudah melakukan kesalahan, kamu akan menghindari kesalahan yang sama dan lebih tahu mana yang benar ke depannya.

Saat kamu sudah bisa memaafkan dirimu, kamu akan bisa belajar dari kesalahan yang sudah kamu lakukan, tapi kalau kamu belum bisa memaafkan kesalahanmu, kamu akan terus menyesal dan menyalahkan dirimu sendiri.

Terus menyalahkan dirimu sendiri itulah yang membuatmu lupa untuk menyayangi dirimu sendiri.

7. Dengarkan kata hatimu dengan menerima kekurangan dan kelebihan pada dirimu

Listen to your heart via https://www.pexels.com


Dengarkan semua keluhan dan kritikan untuk dirimu sendiri agar kamu bisa mulai menerima kesalahanmu dan memperbaikinya.


Kalau kamu merasa selama ini kamu terlalu menutup diri, introvert, malas, dan tidak berbakat. Kamu harus mencatat semua kritikan tersebut dan mulai mengubahnya dengan membuat agenda apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengubah kebiasaan jelekmu itu.

Mendengarkan kata hatimu juga akan lebih menyadarkanmu kalau perlakuan yang kamu dapatkan selama ini dari lingkunganmu adalah karena kesalahan yang kamu lakukan sendiri dan kamu lah yang harus mengubah diri, bukannya orang yang memperlakukanmu demikian.

8. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri

Perbaiki kualitas diri via https://www.pexels.com

Cari tahu kekurangan yang kamu miliki selama ini, mulai dari kelemahan fisik maupun mental kamu, dan perbaiki perlahan. Memperbaiki kekurangan fisik lebih mudah dibanding kekurangan mental (pribadi) mu.

Kamu bisa mulai memperbaiki kekurangan fisikmu dengan bercermin dan cari tahu apa saja kekurangan yang kamu miliki. Kalau kamu merasa wajahmu kusam dan jerawatan, kamu bisa mulai mencari tahu facial foam yang bisa mengurangi minyak pada wajahmu dan mencari treatment facial agar wajahmu lebih terawat. Tapi semahal apapun produk kecantikan yang kamu gunakan kalau kamu malas tersenyum, wajahmu tidak akan pernah terlihat menarik.


Untuk kualitas pribadimu, cari tahu apa kekuranganmu selama ini dan perbaiki perlahan dengan melakukan hal yang sebaliknya dari yang sering kamu lakukan.

Kalau selama ini kamu orang yang sering mager (males gerak) dan menjauhkan diri dari sosialisasi, mulailah membuka diri dan bergaul lah dengan orang-orang baru. Mulailah berinteraksi dengan orang berbagai karakter.


9. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang selalu mendukung dan menyemangatimu

Karena mereka yang akan selalu bersamamu via https://www.pexels.com


Kamu bisa menyayangi dirimu sendiri kalau kamu didukung oleh lingkungan yang selalu mendukung dan menyemangatimu untuk terus memperbaiki diri. Karena mereka adalah pengingat terbaik untuk memperbaiki dirimu.


Saat kamu mulai merasa galau dan tidak bisa menerima yang terjadi pada dirimu, orang-orang yang selalu mendukung dan menyemangatimu inilah yang akan membantumu melupakan kegalauan dan menemanimu agar kamu bisa menyayangi dirimu lagi.

Pastikan kamu selalu memberikan kebaikan pada dirimu sendiri agar kamu bisa menyayangi dirimu sendiri.

Saat kamu sudah bisa menyayangi dirimu sendiri, saat itulah kamu akan merasa bahagia dengan apapun yang terjadi dalam hidupmu. Karena kamu lebih bisa memandang segala sesuatu dengan positif dan selalu bisa belajar memperbaiki diri dan kesalahan yang kamu lakukan.


Pastikan kamu bisa menyayangi dirimu sendiri sebelum kamu memikirkan cara membuat orang lain menyayangi mu.