Sebelum membeli mobil untuk kebutuhan kamu sehari-hari, pastilah ada banyak pertimbangan yang kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu mobil yang kamu incar. Entah itu mobil baru, atau mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tentunya memutuskan untuk membeli mobil bekas jauh lebih rumit karena memiliki lebih banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan daripada memutuskan untuk membeli mobil baru.

Selain harga yang menjadi pertimbangan utama, spesifikasi, dan juga warna dari mobil juga sangat berpengaruh pada kelangsungan dan juga perawatan mobil tersebut. Kali ini, kita akan lebih banyak membahas mengenai warna mobil yang ternyata memiliki peran penting dalam memilih suatu mobil baik bekas maupun baru.

Pastilah kamu pernah mendengar adanya informasi perbedaan harga tertentu kepada mobil yang memiliki warna-warna khusus. Hal ini bukanlah permainan marketing belaka. Ternyata hal ini memiliki alasan logis.

Bagi kamu yang memiliki rencana membeli mobil, ada baiknya kamu simak baik-baik beberapa alasan mengenai memilih warna mobil. Hal ini akan sangat menguntungkan kamu karena ternyata warna mobil berdampak cukup signifikan terhadap kenyamanan, perawatan, performa mobil, dan juga dari segi keamanan mobil itu sendiri.

Selain hal di atas, warna juga berperan penting dalam segi tampilan dari mobil kamu. Bahkan di beberapa mobil warna menjadi ciri khas tersendiri untuk menandai sebuah mobil. Jika kamu mendengar nama Ferrari, warna apa yang tersirat di benak kamu? Tentunya adalah warna merah menyala bukan? Itulah peran dari warna mobil yang mungkin masih sedikit diketahui oelh masyarakat luas.

Kebanyakan dari mereka hanya melihat warna mobil dari segi kesukaan saja, namun di balik itu semua warna mobil memiliki makna lain. Ingin tahu apa sajakah fungsi dari warna mobil itu? Simak ulasan berikut ini!

1. Kenyamanan saat mengendarai mobil ternyata juga dipengaruhi oleh warna mobil, lho!

Pernahkah kamu bermain di tengah lapangan yang terik kemudian kebetulan saat itu kamu mengenakan baju berwarna hitam atau gelap? Jika iya, pastilah akan terasa jauh lebih panas jika dibandingkan saat kamu berpanas-panas ria menggunakan baju berwarna putih cerah. Itulah yang juga terjadi dengan mobil kamu.

Jika kamu memilih mobil berwarna hitam, hal ini sedikit banyak dapat mempengaruhi kenyamanan kamu dalam berkendara. Terutama jika kamu berkendara di jalanan ibukota yang sering macet dan di tengah terik matahari.

Kamu pasti merasakan suhu udara dalam mobil kamu terasa panas. Meskipun kamu bias mengatasinya menggunakan AC, tapi angin yang disemburkan dari AC tersebut tidaklah sedingin di pagi hari. Hal ini dikarenakan warna hitam menyerap panas lebih banyak jika dibandingkan warna cerah lainnya.

Advertisement

Data membuktikan bahwa warna gelap menyerap lebih banyak panas dan hanya memantulkan 5% sisanya. Kebanyakan dari panas itu diserap ke dalam warna hitam itu sendiri. Berbeda dengan warna putih yang dapat memantulkan 60% panas kembali ke atmosfer.

Oleh karenanya memilih mobil dengan warna cerah tentunya akan sedikit menambah kenyamanan kamu dalam berkendara. Kabin di dalam mobil akan terasa lebih sejuk jika kamu mengendarai mobil berwarna cerah. Dari data di atas perbedaannya sangat signifikan bukan?

2. Performa mesin mobil kamu juga ada hubungannya dengan warna exterior mobil.

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, warna gelap pada exterior mobil dapat berdampak pada kenyamanan. Tentunya akan berdampak juga pada performa mesin. Kabin yang cenderung lebih panas memaksa kinerja AC untuk bekerja lebih keras lagi dalam mendinginkan suhu di dalam interior mobil.

Hal inilah yang tentunya membebani mesin lebih berat lagi. Imbasnya performa mesin mobil menurun dan juga konsumsi bahan bakar terasa lebih boros dibandingkan dengan biasanya.

Komponen mobil yang terlalu lama dipaksa berkendara dalam kondisi terik seperti ini juga dapat memperpendek usia dari komponen mesin tersebut. Karakter logam terutama besi dan baja akan memuai ketika terkena panas yang berlebih. Hal ini memicu terjadinya ketidakpresisian yang menimbulkan suara berisik dari dalam mesin.

Penelitian mengenai hubungan warna mobil dengan performa mesin mobil ini pernah dilakukan oleh Departemen Teknologi Universitas Berkeley yang menyimpulkan bahwa mobil yang memiliki warna cerah atau terang memiliki efisiensi bahan bakar 2% atau 0,187 km/liter lebih irit dibandingkan mobil yang memiliki warna gelap.

Uji coba ini dilakukan pada 2 mobil yang memiliki tipe sama, hanya saja memiliki perbedaan di warna mobil. Setelah dijemur selama kurang lebih satu jam dalam kondisi menyala, lantas dihitung konsumsi bahan bakar yang dihabiskan oleh kedua mobil tersebut. Suhu exterior dan interior pada mobil juga diukur sedemikian rupa untuk mendapatkan data yang akurat.

Tidak heran jika mobil yang mengusung tema eco-friendly sekarang ini mulai mengurangi produksi mobilnya yang menggunakan warna hitam. Hal ini tentunya untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar yang dikonsumsi oleh mobil tersebut sekaligus meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

3. Perawatan yang mudah juga menjadi syarat utama saat membeli mobil.

Mencuci Mobil via http://www.pricearea.com

Mobil cenderung memerlukan biaya perawatan yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan sepeda motor. Oleh karenanya perawatan mobil mutlak diperlukan supaya tampilan dan juga performa mobil tetap terjaga. Seiring bertambahnya usia dari mobil, semakin sering saja penggantian spare part yang dilakukan.

Memilih mobil baru menjadi suatu jalan singkat untuk mendapatkan perawatan yang bias dibilang gratis atau murah untuk beberapa tahun ke depan. Hal ini karena biasanya produsen mobil memberikan jaminan servis gratis dan penggantian spare part yang memiliki garansi hingga jangka waktu tertentu.

Berbeda dengan mobil bekas yang cenderung tidak memiliki jaminan apapun dan juga biasa servis yang tidak ditanggung oleh produsen mobil. Hal inilah yang menjadikan harga jual kembali mobil menjadi fluktuatif.

Ternyata perawatan exterior mobil terutama mengenai cat mobil juga menjadi salah satu kunci untuk kamu mendapatkan harga jual mobil bekas kamu yang tentunya lebih stabil. Pemilihan warna menentukan harga jual mobi. Tidak heran produsen mobil bermain harga tertentu karena perbedaan warna mobil ini. Hal ini dikarenakan perawatannya yang bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan warna lainnya.

Sebagai contoh, warna mobil yang cenderung tidak biasa memiliki harga jual kembali yang lebih rendah daripada mobil yang memiliki warna hitam, putih, atau silver. Hal ini dikarenakan jika mobil tersebut mengalami lecet, maka biaya perawatannya lebih sulit. Cat yang dipergunakan lebih sulit untuk dicari. Lagipula kamu musti mencampur-campur warna tertentu untuk mendapatkan warna yang sama dengan bodi mobil kamu.

4. Tak hanya soal kenyamanan saja, warna mobil juga menentukan keamanan saat berkendara di jalan raya.

Warna Mobil via http://www.pricearea.com

Pernah melihat berbagai macam alat berat di sebuah proyek? Kebanyakan alat berat yang digunakan memiliki warna cerah. Hal ini dikarenakan warna cerah dapat lebih mudah ditangkap oleh mata manusia. Dengan begitu risiko kecelakaan yang ditimbulkan juga bisa diminimalisir.

Pernahkah kamu menanyakan kenapa traffic light memiliki warna merah, kuning, dan hijau? Alasannya masih sama, yakni warna-warna tersebut lebih mudah ditangkap oleh mata manusia.

Hal ini juga berlaku pada pewarnaan mobil itu sendiri. Salah satu perusahaan keamanan di Jerman bernama Tuev-Nord pernah melakukan penelitian bahwa mobil yang memiliki warna putih lebih sedikit mengalami kecelakaan dibandingkan mobil berwarna gelap seperti hitam atau biru tua. Mobil berwarna gelap lebih sulit dilihat dibandingkan dengan mobil berwarna cerah.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Monash University di Australia juga menyimpulkan bahwa mobil berwarna hitam atau gelap memiliki resiko 12% lebih tinggi terlibat kecelakaan dibandingkan mobil berwarna putih atau cerah lainnya.

Selain itu, University of Auckland di Selandia Baru juga menemukan bahwa pengemudi yang menggunakan mobil berwarna coklat cenderung memiliki resiko cedera yang jauh lebih besar dibandingkan mobil yang memiliki warna lainnya. Hal ini juga berlaku untuk mobil yang berwarna hitam dan hijau.

Di Swedia, penelitian yang dilakukan bahkan menunjukkan hasil yang cukup unik. Mereka mengklaim bahwa mobil yang memiliki warna merah muda atau pink sangat jarang terlibat kecelakaan. Hal ini tentu saja karena populasi mobil berwarna pink ini juga jarang kamu temui di jalan raya. Atau malah mobil kamu sendiri berwarna pink?

5. Warna mobil juga dapat mewakili prestige atau kebanggan tersendiri bagi si empunya.

Mobil Berwarna Emas. via http://www.lotustalk.com

Warna mobil juga memiliki prestis tersendiri. Salah satu contohnya ada pada kamu yang suka modifikasi mobil. Hal ini tentu saja berpengaruh pada penampilan mobil kamu. Jika kamu menggunakan warna mobil yang unik dan tidak biasa, maka bisa dipastikan mobil kamu pasti akan menjadi daya tarik tersendiri di jalanan.

Coba kamu warnai mobil kamu menggunakan warna yang sedang tren sekarang ini, seperti warna bunglon yang dapat berubah-ubah pada tingkat pencahayaan tertentu, atau gunakan warna-warna airbrush yang dapat membuat tampilan mobil kamu jauh lebih menarik lagi. Ditambah aksesoris mobil lainnya, mobil kamu tentunya akan sangat menarik dan sudah bisa dibilang layak untuk ikutan kontes modifikasi.

Ulasan di atas tidak menyuruh kamu semua mengganti warna mobil kamu, hanya saja warna mobil juga memiliki peran tersendiri untuk dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil. Jangan hanya mementingkan estetika dan gaya belaka, namun pertimbangkan juga dari segi efisiensi, kenyamanan, dan keamanan dari mobil tersebut. Semoga bermanfaat ya, guys!