Seringkali kita merasa ‘sok tahu’ mengenai kehidupan orang lain. Namun, pada kenyataannya, prioritas kehidupan kita sangat jauh berbeda dengan orang itu. Sudut pandang kehidupan setiap kepala berbeda-beda, begitulah yang tergambar dalam film-film yang sering kita tonton.

Motivasi hidup tak melulu kita dapatkan dari motivator, atau pun buku, namun juga dari film-film yang mampu menggugah semangat. Film-film di bawah ini, akan mengajarkan apa arti hidup sebenarnya. 

1. Mari Kita Intip Kisah Hidup Pemilik Tao Kae Noi Melalui Film, The Billionare.

Top Ittipat via http://www.wulansari.net

Anak seusianya, lulus sekolah memilih kuliah dan bersenang-senang. Seakan masa depan sudah tergenggam jelas di tangan mereka. Tapi, tidak bagi Top Ittipat. Ia memilih memeras otak untuk memikirkan bisnis dan bercita-cita menjadi pengusaha muda.

Berawal dari kecintaannya dengan game online, Top merasakan namanya bisnis. Sampai akhirnya, akun miliknya dihapus karena dipergunakan secara komersil. Tapi, uang hasil menjual senjata vistual itu Top membeli video player. Ia berencana untuk menjualnya kembali, tetapi sayangnya ia tertipu oleh penjual video player tersebut.

Top Ittipat tetap konsisten untuk menjadi pengusaha, meskipun ia seharusnya masuk ke perguruan tinggi. Masalah terus datang silih berganti, namun tak mematahkan semangat Top. Kadang kala semangatnya surut, tapi kemudian ia bangkit lagi dan lagi.

Advertisement

Film ini, akan mengajarkan kita arti kerja keras untuk mencapai impian kita. Dijamin, setelah menonton film ini kamu akan terpacu untuk kembali berusaha.

Jangan putus asa walau apa pun yang terjadi, jika kita menyerah maka habislah sudah – Top Ittipat

2. In To The Wild. Saat Kamu Menikmati Apa yang Telah Tuhan Berikan, Maka Kamu Akan Mengerti Arti Kehidupan.

Into The Wild via http://enigmasmovies.com

Rutinitas membosankan kita kerjakan demi mendapatkan sesuap nasi, hidup serba ada, dan harta berlimpah. Namun, bagi Christopher Johnson McCandless, seorang pemuda berusia 24 tahun yang telah merampungkan studinya di Universitas Emory pada tahun 1990 memilih untuk berpetualang tanpa membawa uang sepersen pun.

Keyakinannya ini dipengaruhi oleh pemikiran Leo Tolstoy, penulis favoritnya. McCandless menjadi pemuda yang idealis dan cenderung menjauhkan diri dari kehidupan modern. Ia berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain, dan berkenalan dengan orang-orang baru.

Dalam perjalanannya ke alam liar pada April 1992 McCandless tiba di Fairbanks. 1 Mei 1992 ia menemukan bus nomor 142 terdampar di sebelah barat Healy. Bus yang hanya tinggal kerangka saja itu adalah buatan International Harvester yang merupakan bagian dari Sistem Transit Antarkota Fairbanks. Bus itu sengaja ditinggalkan ketika cairan salju dan banjir musiman memotong rute sebuah proyek pertambangan bijih besi. Bus itulah yang menjadi rumah McCandless di alam liar.

Kamu akan tergugugah setelah menonton film Into The Wild dan mengerti bahwa tidak selamanya kebahagiaan diukur secara materi. Sebenarnya, hakikat kebahagiaan adalah apa prioritas utama hidupmu, dan bagaimana kamu menjalaninya. McCandless memilih hidup di alam liar, bersatu dan mensyukuri pemberian Tuhan kepadanya.

Segera rentangkan kedua tanganmu, ambil napas dalam-dalam, dan tanamkan pada hatimu bahwa kamu bisa menggapai apa yang kamu inginkan.

3. The Secret Life of Walter Mittu. Bagi Kamu yang Seorang Pemimpi, Mewujudkannya Jauh Lebih Baik Ketimbang Berdiam Diri Hidup Dalam Dunia Imajinasi.

The Secret Life of Walter Mitty via http://danielmcinerny.com

Film The Secret Life of Walter Mitty diadaptasi dari tahun 1939 yang merupakan cerita pendek dari James Thurber. Film ini disutradarai oleh Ben Stiller yaitu cerita Walter seorang pemimpi yang kemudian hidup dalam dunia fantasi yang penuh dengan kepahlawanan, roman dan tindakan.

Ketika pekerjaan yang dilakukkan dengan rekannya terancam, Walter mengambil tindakan di dunia nyata dengan memulai perjalanan global hingga kemudian berubah menjadi sebuah petualangan yang luar biasa dari apa yang pernah dibayangkan.

Film ini menyentil kita yang hanya bisa bermimpi tanpa melakukan tindakan. Karena impian tanpa usaha sama dengan nol, maka segera angkat kakimu dan berlarilah, kejar impianmu!

4. Rosetta. Memiliki Kehidupan Normal adalah Impian Bagi Kita Semua, Namun Seperti Impian Sederhana Lainnya, Menjadi Normal Adalah Hal yang Sulit tuk didapatkan

Seorang perempuan yang tinggal berdua dengan ibunya di sebuah karavan. Kehidupan yang sangat sederhana ia jalani. Setiap hari ia harus berjalan kaki melewati hutan untuk pergi bekerja. Tujuan hidupnya hanya satu, yaitu memiliki kehidupan normal seperti orang kebanyakan.

Namun, keinginan sederhana selalu menjadi keinginan yang paling sulit terwujud. Rosetta dipecat beberapa kali dalam pekerjaan tanpa alasan yang masuk akal. Ia sampai rela menikung temannya sendiri demi kehidupan normal yang ia inginkan.

Kegigihan Rosetta mengajarkan kita, bahwa hidup itu penuh perjuangan, dan hidup itu bukan dengan cara meminta belas kasihan orang lain. Bahkan, untuk hidup sederhana yang seperti Rosetta inginkan pun butuh perjuangan keras.

Film ini akan memacu kita untuk bangkit dan meraih kehidupan lebih baik.

5. Di Film The Pursuit of Happyness Kalian Akan Bertemu Dengan Seorang Ayah yang Berjuang Mati-Matian Demi Anaknya.

The Pursuit Of Happyness via https://yprindonesia.files.wordpress.com

Film ini bercerita mengenai Chris Gardner yang adalah seorang pialang saham yang sukses. Namun, sebelum menjadi seorang pialang saham, Chris adalah seorang salesman yang menggunakan seluruh tabungannya untuk membeli franchise scanner tulang portable.

Namun, Chris mengalami kesulitan menjual produk tersebut karena harganya yang mahal. Yang lebih mengenaskannya lagi, istrinya bernama Linda Gardner pun meninggalkan Chris dan anaknya. Chris sempat mengikuti magang menjadi pialang saham. Karena belum juga berpenghasilan ketika magang, Chris dan anaknya bahkan sempat tidur di toilet stasiun.

Chris tidak menyerah, dengan kemampuan berkomunikasi yang sangat bagus yang dimilikinya – Chris berhasil menjadi pialang saham dan bahkan membuka perusahaan pialang sendiri.

Semoga setelah menyaksikan 5 film di atas, mampu membangkitkan semangat yang telah lama pupus dan impian telah mati. Hidup bukan sekedar mengenai materi, tapi hidup adalah proses yang tak bisa kita raih secara instan.

Tetap semangat!