Kamu pasti pernah menyesali tindakanmu di masa lalu yang dampaknya dirasakan saat ini. Mungkin, kamu pernah berpikir, seandainya dirimu belajar dengan baik di masa lalu, bisa jadi saat ini dirimu sudah lulus kuliah. Namun, semuanya sudah terlanjur terjadi. Dan penyesalanmu tiada lagi berguna, karena dirimu tidak mungkin memutar waktu dan mencegah terjadinya penyesalan tersebut. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal seperti itu, ketahuilah 7 hal penting berikut ini yang tidak boleh kamu abaikan untuk melakukannya. Selagi  masih ada kesempatan saat ini, pastikan dirimu melakukannya sebelum merasa semuanya  sudah  terlambat.

 

1. Kalau Ada Keburukan Yang Ingin Diubah Dari Dirimu, Jangan Menunda Untuk Mengubahnya

Biasakan untuk memperbaiki diri

Biasakan untuk memperbaiki diri via http://www.akuinginsukses.com

Keburukan diri tidak bisa kamu tutupi. Dampak negatifnya pun akan merugikan dirimu sendiri dan orang lain. Jadi, sebelum semuanya menjadi bertambah buruk, ubahlah  keburukanmu secepat mungkin. Jangan menyesal kalau dikemudian hari kamu dirundung teguran dan kritikan dari banyak orang. Itu salahmu sendiri yang tidak memperbaiki keburukanmu dari jauh-jauh hari.

2. Membahagiakan Orangtua Itu Wajib. Sudahkah Kamu Melakukannya?

Bahagiakan orangtua dengan cara-cara yang sederhana

Bahagiakan orangtua dengan cara-cara yang sederhana via http://www.top10indo.com

Tidak perlu menunggu waktu khusus untuk membahagiakan orangtua. Mumpung mereka masih memiliki waktu bersamamu saat ini, maka bahagiakan mereka saat ini juga dengan cara-cara yang sederhana.  Lewat dengar-dengaran dan melakukan perintah mereka saja, kamu sudah bisa membuat mereka merasa bahagia.

3. Persiapkan Juga Dirimu Untuk Hidup Mandiri, Karena Kamu Tidak Bisa Terus Bergantung Kepada Orangtua

Mempersiapkan diri untuk hidup mandiri

Mempersiapkan diri untuk hidup mandiri via http://www.vemale.com

Apakah dirimu sudah matang untuk menghadapi hidup mandiri? Sebaiknya, manfaatkan  waktumu untuk mempersiapkan diri dari sekarang. Jika kamu masih dalam proses belajar, usahakan untuk belajar dengan baik. Bersungguh-sungguhlah.  Bila saatnya telah tiba, kamu sudah harus siap. Kamu  tidak bisa tawar menawar dengan waktu supaya diberi kesempatan sekali lagi untuk mempersiapkan diri. Waktu hanya akan terus berputar dan tidak menunggumu.

4. Kamu Sudah Pasti Punya Cita-cita. Sudahkah Waktumu Dihabiskan Untuk Menggapainya?

Gapailah cita-citamu

Gapailah cita-citamu via http://terapimotivasi.com

Hindari menyesal di kemudian hari karena cita-citamu tidak terwujud. Karena itulah, lihat kembali waktumu sehari-hari dihabiskan untuk apa. Kenalilah banyak hal yang bisa dilakukan untuk menggapai cita-citamu, dan gunakan banyak waktumu untuk melakukannya. 

5. Dapatkan Banyak Pengalaman Lewat Mempelajari Hal-Hal Baru

Pelajari banyak hal baru

Pelajari banyak hal baru via https://www.lds.org

Carilah pengalaman bermanfaat dari berbagai hal baru yang kamu temui. Entah itu pengalaman yang menambah wawasan, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan lain sebagainya. Jangan abaikan setiap kesempatan yang datang. Karena selagi masih muda, kesempatanmu untuk mempelajarai banyak hal baru masih sangat terbuka lebar.

6. Sudahkah Kamu Banyak Melakukan Hal-Hal Baik?

Taburlah kebaikan

Taburlah kebaikan via https://berita-sulsel.com

Setiap hari bisa menjadi kesempatan bagimu untuk berbuat baik. Tebarlah senyum dan sapa, berikanlah pertolongan kepada temanmu yang kesusahan, serta lakukanlah kebaikan-kebaikan lainnya. Jangan menunda untuk berbuat baik. Selagi masih diberi banyak waktu dan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa, maka sekaranglah saatnya untuk menebar kebaikan, bukan besok atau lusa.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh kamu tunda untuk melakukannya. Jangan biarkan dirimu menyesal hanya karena merasa tidak memberi waktumu di masa lalu untuk melakukannya.