Pernah mendengar sitrun?

Sitrun adalah nama lain dari asam sitrat. Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan. Zat ini juga dapat digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan dan sebagai anti oksidan. Asam sitrat terdapat pada berbagai jenis buah dan sayuran, namun ditemukan pada konsentrasi tinggi yang dapat mencapai 8% bobot kering, pada jeruk lemon dan limau (misalnya jeruk nipis dan jeruk purut).

Kali ini Hipwee akan menjelaskan manfaat sitrun selain sebagai bahan pembuatan makanan atau minuman.

 

1. Penghilang Noda Baju

Punya baju yang sudah kusam dan bernoda? Pasti sebel kan…

Bisa kok nodanya hilang dengan sitrun.

Caranya, rendam baju tersebut dengan deterjen lalu tambahkan sitrun 1 bungkus atau 1/2 bungkus. Diamkan beberapa jam. Lalu kucek aja. Kemudian lihat hasilnya, noda dan kusam akan menghilang. Pemakaian sitrun pada kain atau baju tidak akan memudarkan warna kok.

2. Membersihkan Kamar Mandi

Advertisement

Kesel dengan noda pada kamar mandi? Sitrun dapat membersihkan lantai kamar mandi atau bak mandi caranya dengan menambah sebungkus larutan sitrun ke dalam sabun detergen lalu gunakan campuran sitrun dan detergen untuk membersihkan seluruh bagian kamar mandi.

3. Menjernihkan Air yang Keruh

Penggunaan sitrun untuk memjernihkan air dengan cara menaburkan sitrun sebanyak satu sendok makan ke dalam air 1 liter dan tunggu selama 30 menit.

4. Perawatan Kulit

Asam sitrat juga digunakan dalam pembuatan produk kecantikan seperti lotion dan masker kulit. Asam sitrat bertindak sebagai antioksidan yang membantu menyegarkan kulit sehingga membantu mencegah kulit kendur. Selain itu, asam sitrat memiliki sifat menghancurkan radikal bebas dan mendorong pertumbuhan kulit. Namun, harus diperhatikan bahwa terlalu banyak asam sitrat justru akan menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Perawatan Rambut

Asam sitrat umum digunakan bersama dengan sampo untuk mencuci bahan pewarna rambut. Namun, gunakan asam sitrat dalam jumlah yang sangat kecil karena pemakaaian berlebih justru bisa membahayakan rambut.