Liburan tanpa agenda merupakan salah satu hal terburuk yang dapat dibayangkan! Bermalas-malasan saat liburan tidak akan memberikan manfaat apapun bagimu. Waktu liburan pun jadi terbuang percuma. Padahal, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar liburanmu jadi produktif dan dapat memberikan manfaat bagi orang-orang terdekat. Apa saja 5 hal itu?

 

1. Tantang dirimu untuk berkerja paruh waktu selama liburan.

Lumayan untuk mendapat uang jajan tambahan

Lumayan untuk mendapat uang jajan tambahan via http://www.harmonycentral.com

Waktu senggang selama liburan bisa kamu gunakan untuk berburu lowongan-lowongan pekerjaan yang kosong. Kamu bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobi, kemampuan, atau latar belakang pendidikanmu. Bekerja atau magang akan memberikanmu bayangan mengenai dunia kerja yang akan kamu hadapi setelah kuliah.

Dengan merasakan susahnya bekerja, kamu bisa lebih menghargai jasa ayahmu yang selama ini bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga, termasuk juga untuk membiayai pendidikanmu.

2. Siapkanlah dirimu menjadi isteri idaman masa depan dengan belajar memasak.

Masaklah makanan favorit keluarga

Masaklah makanan favorit keluarga via http://www.thatslife.gr

Jika selama ini kemampuanmu hanya mentok sebatas memasak air atau mi instan, liburan menjadi waktu yang tepat untuk berkreasi membuat menu-menu baru. 

Selama belajar memasak kamu akan menemukan banyak tantangan, mulai dari berdesakan di pasar untuk mencari bahan masakan, membersihakan ikan atau daging mentah, hingga menghadapi letupan-letupan minyak yang panas. Jika hasil masakanmu memang benar-benar lezat, maka langkahmu untuk menjadi isteri idaman di masa depan semakin dekat.

Selain memantaskan diri menjadi isteri idaman, belajar memasak bisa membuatmu lebih menghargai ibu yang selama ini setia memasakkan makanan bagimu. Ketika sudah merasakan ribet dan susahnya memasak, masih tega menyisakan atau pilih-pilih makanan?

3. Jangan hanya tidur dan makan melulu, bakar kalorimu dengan bersih-bersih rumah!

Bersih-bersih rumah tidak segampang yang dibayangkan, lho! Coba kalian sempatkan menyapu, mengepel, mencuci pakaian dan merapikan barang-barang yang  ada di seluruh penjuru rumah, dijamin kalian akan kelelahan! Kegiatan bersih-bersih terbukti dapat membakar 50 hingga 200 kalori. Sudah seperti olahraga saja kan?

Ternyata pekerjaan yang sehari-hari dilakukan oleh bibi yang ada di rumah ini cukup melelahkan juga ya? Oleh sebab itu, mulai sekarang yuk lebih hargai mereka!

4. Menemani adik bermain kadang memang bikin males, tapi kapan lagi kamu meluangkan waktu untuknya?

Pernahkah kamu sadari betapa lucunya adikmu?

Pernahkah kamu sadari betapa lucunya adikmu? via http://www.speakingtree.in

Kesibukan kuliah mungkin membuatmu tidak mempunyai cukup waktu untuk bermain bersama adik. Tugas-tugas kuliah yang menumpuk seringkali membuatmu begadang hingga larut malam dan bangun siang keesokan harinya.

Jika ada waktu di sela-sela kuliah biasanya kamu akan menggunakannya untuk pergi jalan-jalan bersama teman atau pacar. Nah, selama liburan tidak ada salahnya kan untuk menemani adikmu bermain? Sekedar mendampinginya nonton televisi, bermain bulu tangkis bersama, atau mengajaknya menonton Minons di bioskop pasti akan membuat adikmu senang. 

5. Cobalah traveling jika kamu ingin bersenang-senang dengan diri sendiri.

Traveling adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengisi liburan. Sesekali coba rencanakan sendiri liburan idamanmu, mulai dari akomodasi hingga kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan selama berada di destinasi wisata.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan traveling, di antaranya kemandirian, adaptasi, dan mengalahkan ketakutan. Simak tips berikut ini agar travelingmu menjadi unik, bermanfaat dan tak terlupakan!