Perkembangan peradaban dengan revolusi arus informasinya memang mau tak mau membentuk kecenderungan sosial bagi kaum muda. Seperti juga yang terjadi pada generasi Y alias generasi millennial, yang mendominasi kaum muda saat ini, tanpa terkecuali orang-orang muda Batak. Millennial adalah mereka yang kelahirannya antara tahun 1981-1994 (beberapa yang lain menyebut hingga sebelum tahun 2000). Mereka juga adalah orang-orang dengan usia produktif sekaligus konsumen yang mendominasi pasar saat ini.

Beberapa bulan terakhir ini, saya sedang aktif-aktifnya memerhatikan semua hal-hal yang sedang giat-giatnya dilakukan oleh para kaum millennial ini. Terlebih mereka yang berasal dari suku yang sama dengan saya. Siapa lagi kalau bukan Batak? Eeaakk.

Berikut adalah beberapa bentuk kecintaan kaum Millennial Batak yang mereka tunjukkan dengan passion masing-masing, bentuk kreatifitas mereka ini sekaligus menunjukkan bahwa untuk terlihat keren tak harus melupakan asal atau budaya kita.

 

1. Dimulai dari musik, ada Endebatak yang siap mengobati setiap kerinduanmu akan kampung halaman lewat lagu-lagu

Jika diperhatikan, akun ini memang bukan milik pribadi, yang dalam arti siapa saja bisa menunjukkan kreatifitas lewat lagu-lagu dalam bentuk video berbahasa Batak. Caranya juga cukup mudah jika kamu ingin videomu di repost di akun ini, cukup upload video berisi lagu berbahasa Batak versi terbaikmu. Selanjutnya cantumkan keterangan judul lagu dan nama penyanyi asli lagu tersebut dan tag ke akun @endebatak, maka adminnya akan dengan cepat repost ulang videomu.

Bagi saya pribadi, salah satu nilai tambah dari akun tersebut adalah telah bersedia menjadi wadah penghubung bagi kaum muda batak dari berbagai penjuru nusantara untuk bertemu dan saling menunjukkan bahwa mereka juga mampu berkreasi dan unjuk kebolehan dalam bidang musik, tanpa harus melupakan jati diri mereka masing-masing.

2. Bergeser ke topiK traveling, ada abang ganteng Yanfresly Sidabutar yang menyebut dirinya "Batak Backpacker"

Batak backpacker

Batak backpacker via https://www.instagram.com

Abang marga Sidabutar yang satu ini, menunjukkan kecintaannya pada budaya Batak dengan menjajaki beberapa gunung di nusantara dengan membawa spanduk bertuliskan "Batak Backpacker". Whoah, kalau yang ini sih idaman banget pasti! Udah cakep, hobi hiking Batak pula *eh ini mah idaman penulis kayanya deng 😁 . 

Sudah ada puluhan gunung yang telah dijajakinya di berbagai provinsi yang ada di nusantara. Poin plus yang saya lihat dari beliau adalah ciri khas yang selalu dia lekatkan di setiap pendakiannya. Dan lagi-lagi, dia menunjukkan bahwa untuk jadi anak gunung yang kece dan tamvan eh tampan, tak harus menanggalkan asal usul dan jati diri kita.

Sejauh ini, dia sudah menjajaki gunung-gunung yang ada di pulau Sumatera dan Jawa, meski belum ke seluruh pelosok negeri, tapi sesuai yang ia tuliskan di bio akun instagramnya, dia bercita-cita untuk menyusuri nusantara dengan simbol backpacker ala Batak olehnya.

Yuk kita doakan gengs biar makin banyak gunung-gunung yang bisa didaki oleh abang kita ini.

 

3. Bagi kalian lelaki Batak yang juga ingin mencari boru Batak, berkunjung saja ke akun boruni.raja

Khusus bagi lelaki Batak yang saat ini mungkin sedang sendiri dan mencari wanita Batak sebagai pendamping wisuda atau pendamping hidup *ehh, kalian bisa berkunjung ke akun @boruni.raja di instagram untuk melihat dan berkenalan dengan berbagai boru Batak yang cantik, yang mungkin juga sedang mencari seorang lelaki Batak untuknya.

Mungkin terkesan seperti ajang pencarian jodoh atau semacamnya, tapi yang saya lihat, akun ini cukup membantu, mengingat banyaknya jomblo yang dapat dilihat dari tingginya curah hujan di setiap malam minggu di Indonesia termaksud di kalangan anak muda Batak.

Hadirnya akun ini justru menjadi jembatan penghubung, yang akan mempertemukan mereka yang belum menemukan tambatan hatinya. Dan seperti yang kita ketahui bersama, jika orang Batak pasti akan mencari orang Batak juga untuk jadi pacar ataupun pendamping hidup untuknya. Kecuali jalannya sudah mentok mungkin bisa bergeser ke lelaki atau wanita di luar sukunya hehe :D.

Untuk kalian yang boru ni raja atau wanita-wanita Batak, yang fotonya ingin terpampang di akun ini cukup upload foto versi terbaik milikmu dan tag ke akun boruni.raja. Lalu siap-siap akunmu akan mulai di follow oleh mereka yang mungkin sedang mencari boruni.raja juga dan jika beruntung mungkin akan ketemu jodohnya juga *eh. Selamat mencoba!

4. Untuk yang mau belajar tentang adat-istiadat, berita update terbaru, dan jenis-jenis makanan tradisional tentang Batak, boleh berkunjung ke hidupbatakcom

hidupbatakcom

hidupbatakcom via https://www.instagram.com

Di akun hidupbatakcom kamu akan menemukan berbagai informasi yang menarik, mulai dari jenis-jenis tumbuhan dan makanan yang hanya ada di tanah Batak. Berbagai video penggalan dari acara adat dan keagamaan di dalam Batak berikut penjelasannya dan update terbaru untuk informasi seputar tanah Batak dan sekitarnya. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Batak, kamu boleh berkunjung ke akun ini yaaa. 

Hidup BATAK !

Info Hiburan, Seni, Adat & Budaya BATAK

5. Mau lihat yang lucu-lucu ala Batak? Ada batakhumor yang akan menghiburmu tiap kali kau rindu *eh

Dan yang terakhir untuk kalian yang suka meme dan hiburan lucu-lucuan lainnya, boleh berkunjung ke akun batakhumor. Di sana, kamu akan menemukan banyak meme lucu ala Batak yang siap menghiburmu dengan berbagai caption lucu. Hitung-hitung nge-refresh pikiran kalau lagi galau, akun ini bolehlah jadi obat penenang hehe.

HUMOR BATAK | LAWAK MEDAN

 Akun Hiburan Terbesar Orang Batak

Jika dilihat dari banyaknya jumlah followersnya yang mencapai  89.5k followers ini, menunjukkan bahwa ternyata orang Batak banyak yang suka melucu, tapi tetap dalam konteks menunjukkan jati diri mereka. Itu terlihat dari gaya bahasa, dan isi dari meme atau pun foto-foto yang disampaikan dalam akun tersebut.

Ini mungkin hanya beberapa akun yang menunjukkan bentuk kecintaan generasi muda Batak yang berlomba menciptakan kreasi masing-masing dan tetap mengangkat budayanya. Dan lagi-lagi, saya percaya meski sudah banyak anak muda lainnya yang bahkan tak ingin tahu-menahu soal adat dan budayanya lagi, karena ingin terlihat keren dan mengikuti perkembangan zaman dengan mengikuti gaya hidup orang luar, ternyata masih ada anak-anak muda keren yang kreatif yang masih menjunjung tinggi nilai adat dan budayanya.

Dan memang sudah semestinya kita harus tetap mengangkat dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya kita dimulai dari hal-hal kecil seperti ini, karena kalau bukan kita, siapa lagi? Atau jika dalam bahasa Batak: 

"Ai Molo so hita, gabe ise ?   

(((HORAS)))