Setiap orang pasti mempunyai tujuan hidup dan rencana untuk masa depannya , namun terkadang rencana yang sudah kita siapkan secara matang tak sejalan dengan yang kita harapkan , dan tidak jarang satu dua kali kita mengalami kegagalan , banyak kita baca lewat media elektronik saat ini , bagi mereka yang sukses , mereka juga mengalami beragam kegagalan dalam hidup mereka. 

Namun kegagalan tidak menjadikan mereka berhenti melangkah , karena kegagalan bukan akhir dari segalanya , melainkan gerbang awal kita menuju kesuksesan , berikut ini adalah hal yang harus kita pertimbangkan agar tak selalu beranggapan bahwa kegagalan merupakan kutukan dari Tuhan :

1. Gagal itu hal yang wajar, dunia ini tak akan pernah adil jika semua orang sukses dalam waktu bersamaan .

ada kegagalan ada juga kemenangan via https://pixabay.com

Pernahkah anda merasakan atau hal ini terjadi dalam dunia anda, ketika anda dan teman anda berjuang untuk mendapatkan sesuatu , teman anda berhasil dan anda gagal? , sudah pasti anda pernah mengalaminya , jangan kecewa dan berkecil hati , kegagalan yang anda alami semata-mata kaena Tuhan begitu adil dalam menciptakan dunia ini.

Jika semua orang mengalami kesuksesan dan berada di posisi atas , siapa dong yang berada di posisi bawah? Bukankah dunia ini harus seimbang , jadi berbangga hatilah karena sudah merasakan kegagalan sebelum menuju kesuksesan , ingat roda kehidupan selalu berputar , tak selamanya kita berada di posisi bawah , karena Tuhan itu Maha Adil

2. Ada rencana Tuhan yang indah di balik semua kegagalan , yakinlah anda hanya perlu melangkah untuk mewujudkan impian.

melangkah hingga sampai ke tujuan via https://pixabay.com

Advertisement

Tak jarang orang yang mengalami kegagalan , hanya meratapi kegagalannya , dan akhirnya menyesali , padahal di sisi lain Tuhan sudah merencanakan hal yang indah di balik kegagalan kita , bukankah Pelangi muncul setelah adanya hujan? , begitulah kehidupan segalanya yang indah tidak akan mudah didapatkan secara instan perlu kesabaran dalam berproses dan keyakinan bahwa kita dapat sampai ke tujuan.

Terus melangkah dan tidak menyerah dalam menjalani proses merupakan kunci yang harus kita pegang untuk sampai kepada tujuan yang kita harapkan , jika kamu tidak mengambil langkah maju , kamu akan berda di tempat yang sama.

Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan kamu tidak akan pernah memilikinya , jadi kita hanya perlu melangkah dan terus melangkah , karena sepuluh ribu langkah menuju kesuksesan diawali dengan satu langkah yang tak pernah berhenti untuk melangkah.

3. Keyakinan untuk berhasil juga merupakan sahabat untuk melawan kegagalan.

yakinlah pada dirimu sendiri via https://pixabay.com

Mempunyai keyakinan untuk berhasil pun sudah membuktikan bahwa kita adalah pejuang kehidupan yang berkualitas , karena keyakinanlah yang membawa kita percaya bahwa kita bisa melewati kegagalan , keraguan secuil kuku dapat membelokan hati kita dari rasa percaya diri akan kemampuan yang kita miliki.

Rasa percaya dan keyakinan yang kuat untuk berhasiljuga merupakan doa untuk lewati kegagalan, bertindak positif dan mempunyai keyakinan bahwa kita bisa ,merupakan modal utama untuk bisa bertahan dari kekecewaan atas kegagalan yang kita alami, jadi kita bisa karena kita percaya.

4. Kita ada di dunia untuk rencana ilahi, jangan pernah kalah dari kegagalan yang terjadi.

hidup karena rencana ilahi via https://pixabay.com

Tuhan ciptakan manusiadi dunia ini , karena adanya sebuah rencana yang Beliau siapkan untuk kehidupan kita, Beliau ingin melihat dan seberapa kuat hambaNya melewati segala proses kehidupan , berbahagialah untuk mereka yang pernah gagal, gagal itu seperti warna , warna yang memberikan kita pelajaran untuk menciptakan keindahan.

Banyak hal yang kita dapatkan dari kegaglan , salah satunya adalah rasa syukur karena kegagalan menjadikan kita pribadi yang kuat dan percaya bahwa rencana Tuhan pasti indah pada waktunya , karena dalam kehidupan kita manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan yang tentukan , berdoa untuk segala yang terbaik , siapa menabur kebaikan , pasti juga menuai kebaikan pula.

Tuhan kan tidak pernah tidur , sekecil apapun usaha kita Tuhan pasti menghargai , setidaknya kita sudah mau berusaha dan tak berdiam diri hanya meminta.

5. Jika kesuksesan menghampiri , jangan pernah lupakan bahwa kegagalan lah yang membawa anda kuat dan bertahan.

sukses karena pernah gagal via https://pixabay.com

Kegagalan itu sepertisahabat baik yang telah lama menghilang setelah kita menemukan kesuksesan , tak banyak orang sering lupa ,ketika mereka sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan , mereka melupakan pembelajaran dari sahabat karibnya yaitu kegagalan , dan akhirnya tinggi hati menjadi satu paket dengan kesuksesan , maka untuk kita calon-calon orang-orang sukses.

Bersikap rendah hati yang wajib kita pertahankan , toh tak selamanya kita berada pada posisi sukses , kalaupun Tuhan mengijinkan kita untuk gagal , kita pun juga akan gagal , tapi ingat bukan berarti Tuhan tak sayang , namun Tuhan ingin kita selalu bersyukur dalam segala hal, karena itulah tanda bahwa Tuhan ingin menaikkan derajat kita kepada posisi yang lebih baik lagi , Tuhan kan Maha Adil , air mata dan keringat yang terkuras nanti pun akan dibayar lunas dengan hasil yang memuaskan.

kegagalan memang tak sungkan-sungkan menghampiri kita , semakin banyak harapan yang kita perjuangkan semakin banyak pula kegagalan yang kita rasakan , namun dari situlah kita sadar bahwa Tuhan punya rencana yang lebih indah dari rencana kita.

Asalkan kita tetap percaya , terus melangkah , dan bersyukur semua akan indah pada waktunya , karena kegagalan bersama Tuhan adalah kemenangan yang kekal , jadi berkawan dengan kegagalan bersaudar dengan kesuksesan