Margaret Thatcher, Frank Llyod Wright, dan Robert Iger adalah orang-orang yang mengaku bahwa pagi sebagai sahabat terbaik mereka. Hampir semuanya bangun di antara pukul 4 atau 5 pagi dan memulai aktivitas positif. Mereka mengatakan, bangun dan memulai aktivitas pada pagi hari tidak hanya untuk mencapai sukses seperti yang diyakini banyak orang, tetapi juga menjadikan hidup lebih sehat.

Menurut Inc Magazine, mereka yang bangun pagi dan memulai aktivitas menjadi lebih proaktif dan lebih produktif. Keuntungan lainnya, jelas membuat tubuh lebih sehat. Apa saja yang dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari?

 

1. Berolahraga, bisa menambah energi positif loh!

Ya, berolahragalah pada pagi hari. Entah itu sesi yoga, joging, atau melakukan fitness ke gym. Berolahraga sebelum memulai akivitas atau berangkat ke kantor akan memberi energi positif untuk menjalani hari-hari.

Jika selama ini kamu berasa kurang mood dan uring-uringan, cobalah bangun pagi dan memulai berolahraga. Meski susah bangun pagi, cobalah alokasikan 15 menit lebih awal, misalnya dengan aktivitas kecil, seperti push-up atau melakukan peregangan.

2. Petakan hal-hal yang menjadi prioritasmu

Strategi Hosting

Strategi Hosting via https://www.idsysadmin.com

Petakan apa yang akan dilakukan sepanjang hari. Untuk mencapai hasil yang maksimal, mapping atau petakan apa yang akan kamu lakukan di sepanjang hari. Mana yang menjadi lebih prioritas dan hitung dengan sebaik mungkin. Pagi akan menjadi momen hening yang baik untuk membuat prediksi. Bukan tidak mungkin akan muncul ide-ide segar yang tak terduga.

3. Sarapan pagi jangan sampai bolong

Sarapan Sysadmin

Sarapan Sysadmin via https://www.idsysadmin.com

Konsumsi sarapan pagi yang sehat. Sesekali cobalah berangkat kerja dengan perut kosong, rasanya tidak akan nyaman dan mengenakkan. Mood akan bisa jelek seharian, karena itu, ada benarnya orang-orang mengatakan sarapan pagi itu penting. Tidak sempat? Banyak sekali jenis sarapan pagi yang mudah untuk disantap, seperti sereal atau roti. Bahkan, pada saat berbincang dengan pasangan atau anak, sarapan pagi ini mesti disempatkan.

4. Visualisasi agar pikiran dan emosimu lebih tenang

Visualisasi. Jika berolahraga dan sarapan lebih untuk kebutuhan fisik, visualisasi adalah bagaimana memperlakukan mental, dan seperti halnya meditasi, kamu butuh waktu untuk menenangkan pikiran dan emosi. Sisihkan waktu sebentar untuk menikmati pagi. Bahkan, hanya dalam waktu satu menit, visualisasi hari ini dengan sudut pandang positif akan turut memberikan mood juga menjadi positif.

 

5. Buat prioritas di pagi hari biar pekerjaanmu terasa lebih ringan

Buat prioritas dan daftar apa yang akan dilakukan. Menyusun ini pada pagi hari dengan pada siang atau sore hari bisa memberikan hasil yang berbeda. Pikiran yang jernih dan semangat yang masih tinggi akan membuat pekerjaan yang berat sekalipun tampak lebih ringan.