Di dalam hidup ini banyak sekali lika-liku permasalahan di dalamnya. Tanpa terkecuali masalah internal dari seorang individu, mulai dari faktor ekonomi, sosial, budaya, bahkan dalam faktor percintaan sering sekali mendapatkan sebuah masalah.

Ya, soal percintaan adalah persoalan yang banyak dialami oleh seseorang dan tidak luput dari kehidupan seseorang tersebut. Terkadang seseorang bisa bahagia karena cinta tapi ada juga sebagian yang sedih karena cinta. Dari kesedihan itulah membuat seseorang terus murung dan malas untuk menjalani hidupnya. Dan ada juga seseorang yang hanya diputus hubungan dengan seorang yang dia sayang bisa membuat seseorang tersebut down secara fisik maupun mental.

Maka dari itu, hiasilah hidup ini dengan hal-hal yang bisa mebuat hidup kita bahagia dan juga bermanfaat bagi kita. Inilah hal-hal yang bisa kalian lakukan saat kalian lagi 'sendiri' dan ada banyak waktu luang. 

1. Kamu masih punya teman! Manfaatkan hari-harimu untuk berkumpul, meski hanya sebentar

Berkumpul dengan sahabat via https://www.kaskus.co.id

Sahabat adalah seseorang yang paling penting dari hidup kita. Sahabat yang baik akan selalu menemani kita saat pasang surut hidup kita dan akan terus memberi warna dalam hidup kita. Bayangkan di hidup kita tidak mempunyai seorang sahabat, pastinya hidup kita akan terasa hambar.

Jadi selain orang tua, sahabat menjadi pilihan utama untuk menyurahkan keluh kesah yang ada di hati kita. Berkumpul dengan teman-teman ataupun sahabat kita akan lebih mempererat tali persaudaraan antara kita dengan mereka. Jadi sering-seringlah untuk kumpul-kumpul dengan teman-teman kalian.

2. Memancing atau melihat matahari terbenam itu menenagkan, sekaligus bisa melatih kesabaran

Memancing adalah sebuah kegiatan yang akhir-akhir ini menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang. Di samping itu memancing mempunyai nilai kehidupan yang paling penting yaitu adalah sebuah kesabaran. Kesabaran untuk menunggu umpannya dimakan ikan, seperti di hidup ini bersabar dalam menghadapi masalah yang ada di hidup kita.

Advertisement

Maka dari itu memancing sangat digemari oleh orang-orang, apalagi mancing di sore hari yang ditemani angin sepoi-sepoi dan di bagian akhir kita bisa melihat sang surya yang mulai terlelap dan tenggelam di balik belahan bumi yang lain.

3. Traveling dan menemukan tempat-tempat baru adalah hal yang bisa memperbaiki mood seseorang

Mengunjungi ataupun menemukan tempat-tempat baru dalam sebuah perjalanan atau traveling bisa menaikkan mood dari seseorang. Keindahan-keindahan tempat yang kita temukan akan mengobati kesedihan yang kita alami. kesedihan itu akan berubah menjadi sebuah perasaan bahagia. Apalagi melakukan traveling bersama teman-teman itu akan lebih menyenangkan dan tambah seru. Hal tersebut akan membuat kita lupa akan masalah yang ada di hidup kita.

4. Coba buka lembar demi lembar buku atau novel kegemaranmu. Lalu, katakan good bye pada galau!

Belajar sangat diperlukan di dalam hidup kita untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Supaya kita lebih mengerti dan paham akan hidup kita. Mencoba untuk menemukan hal baru itu adalah sebuah tantangan dalam hidup ini yang harus kita capai. Misal kita mempunyai keahlian menulis, kita bisa membuat cerpen, novel, puisi ataupun karya sastra lainnya.

Dan jika hasil karya kita bisa di-publish ke publik itu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri di hidup kita. Hal itu juga bisa untuk mengembangkan otak kita dalam melakukan penulisan karya sastra yang kita hasilkan.

5. Lakukan semua hal yang kamu suka selagi bisa! Sesederhana bermain game atau ngemil, misalnya

Bermain game via https://www.instagram.com

Dari semua kegiatan tersebut boleh kita lakukan asalkan itu bisa bermanfaat bagi hidup kita. Hal-hal tersebut hanya sebagian kagiatan yang bisa kalian lakukan, masih banyak kegiatan yang positif yang bisa bermanfaat bagi kalian. Yang terpenting bisa membuat kita bahagia dan senang tanpa ada kesedihan lagi dalam hidup kita. 

Jadi jangan lupa bagi kalian yang masih sendirian jangan khawatir, itu bukanlah sebuah musibah melainkan sebuah kesempatan yang diberikan oleh tuhan untuk kita guna memperbaiki diri dan membentuk kepribadian kita untuk menjadi yang lebih baik lagi. Tetap semangat daam menjalani hidup ini dan jangan lupa untuk tersenyum dan bahagia.