Bagi pasangan suami istri yang sudah menikah, momok terbesarnya adalah masalah kesuburan. Terlebih dengan berbagai mitos yang beredar di kalangan masyarakat tentang hal-hal yang menyebabkan oragan reproduksi menjadi infertil.

Mandul atau infertilitas adalah Keadaan dimana sepasang suami istri tidak memiliki momongan walaupun telah melakukan hubungan seksual secara berturut-turut tanpa bantuan alat kontrasepsi. Hal tersebut disebabkan karena hormon penghasil sel telur maupun sperma yang tidak subur. Infertilitas sendiri bisa terjadi pada pria dan wanita. Lalu apa saja mitos yang beredar luas tentang infertilitas?

1. Makan Buah Nanas Membuat Rahim Kering dan Infertil

nanas muda via https://sehatly.com

Mitos :

Buah asam manis ini dipercaya sebagian orang bisa menyebabkan infertilitas pada wanita. Selain itu, jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan mengakibatkan keguguran, lahir prematur atau cacat pada janin yang dikandungnya.

Faktanya :

buah nanas mengandung vitamin C dan zat bromelin yang memiliki sifat abortivum. Kandungan asam tersebut bisa menyebabkan kontraksi pada perut ibu hamil sehingga bayi bisa lahir lebih cepat. Selain itu, pada perempuan yang belum hamil dan suka mengonsumsi nanas, sebenarnya tidak berpengaruh selama tidak dalam jumlah yang berlebihan.

2. Bersepeda Bisa Membuat Organ Reproduksi Pria Rusak

bersepeda via https://camargus.com

Mitos :

Sering bersepeda bisa menyebabkan infertilitas pada pria. Menurut sebagian orang, sadel yang kamu naiki bisa menyebabkan testis tertekan dan menghambat produksi sel sperma.

Fakta :

bersepeda merupakan olahraga kardiovaskular yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Justru cara bersepeda yang salah bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Termasuk penurunan kesuburan pada pria. Cedera atau trauma pada daerah skrotum atau testis yang diakibatkan karena benturan atau gesekan dalam jangka waktu yang lama dengan sadel sepeda. Selain itu, penggunaan celana ketat saat bersepeda juga bisa meningkatkan suhu di daerah organ reproduksimu.

Maka dari itu, kamu bisa memilih sadel yang nyaman dengan bentuk yang lebar. Ukuran tersebut memudahkan ujung tulang duduk kamu bisa melakukan kontak dengan bagian belakang sadel. Sadel yang sempit akan membuat tulang duduk jatuh ke samping sehingga ujung sadel menekan mr. P dan menyebabkan rasa kebas. Selain itu, kamu bisa memilih celana yang tepat. Tujuannya untuk mengurangi benturan pada daerah reproduksi dengan sadel. Banyaklah bergerak dengan mengubah posisi duduk setiap 10 menit saat bersepeda.

3. Olahraga Berlebihan Bisa Kurangi Tingkat Kesuburan Istri

kelelahan via https://camargus.com

Mitos :

Mitos ketiga yaitu melakukan olahraga berlebihan ternyata bisa berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita dan menyebabkan mandul.

Fakta :

Olahraga yang berlebihan pada kaum hawa akan memicu kenaikan kadar kortisol dan penurunan hormon tiroid secara drastis. Kemampuan tubuh mengendalikan stress pun akan terganggu sehingga memicu masalah keseimbangan hormon sekaligus merusak kesuburan seseorang. Oleh karena itu, banyak pakar kesehatan yang menyarankan wanita untuk melakukan olahraga ringan seperti aerobik, yoga, berenang, dan jogging. Aktivitas yang berat dan berlebihan sebaiknya dihindari agar kaum hawa tidak mengalami masalah kemandulan.

4. Minum Kopi Lebih dari 4 Cangkir Bisa Sebabkan Infertil

minum kopi via https://sehatly.com

MItos :

Mitos berikutnya yaitu minum kopi bisa bikin kamu tak punya anak.

Fakta :

Faktanya bagi kaum hawa pecinta kopi, jangan terlalu sering meminumnya. Pasalnya, kandungan kafein pada minuman beraroma khas ini bisa menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim. Selain itu, stimulannya dapat mengaktifkan sel-sel alat pacu jantung di dinding tabung yang berkontraksi dan menggerakkan sel telur menuju rahim.

5. Rokok Menthol Bikin Sperma Mati

Mitos:

Rokok Menthol bisa membuat sperma mati sebelum pembuahan.

Fakta :

Kandungan rokok memang membahayakan bagi kesehatan. Banyak orang beranggapan bahwa menthol mempunyai kadar yang rendah. Sayangnya, rokok mentol bisa meningkatkan kecanduan nikotin rokok daripada rokok non-mentol. Sensasi dan rasa nyaman yang diberikan oleh menthol dapat menutupi bahaya rokok sebenarnya sehingga tanpa disadari dapat lebih membahayakan bagi tubuh. Kandungan pada rokok menthol ampuh membuat suhu di sekitar testis terlalu panas dan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon testosteron. Selain itu, terjadi pembesaran pembuluh darah vena di buah zakar dan Infeksi saluran reproduksi.

6. Taruh HP di Saku Celana Turunkan Jumlah Sperma

radiasi HP via https://camargus.com

Mitos :

Awas jangan taruh ponsel di saku celana, karena radiasi ponsel dapat mengganggu kesuburan pria

Fakta :

Radiasi RF-EMR yang dihasilkan oleh HP bisa mempengaruhi sel sperma. Sperma yang terkena radiasi RF-EMR menunjukkan penurunan konsentrasi sperma, motilitas (kemampuan sperma untuk bergerak ke arah telur), dan kelangsungan hidup sperma. Selain itu, dapat merusak kualitas sperma di dalam skrotum. Ponsel yang tersimpan di dalam saku dalam jangka waktu yang lama akan menghasilkan panas dan mengganggu pembentukkan sel sperma. Pasalnya, sel ini dapat dibentuk apabila suhu lebih rendah dari suhu normal tubuh. Dr Moskowitz juga menegaskan bahwa organ reproduksi dan daerah kepala merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif dan harus dijauhi dari radiasi ponsel.

Beberapa mitos atau fakta di atas bisa disimpulkan bahwa, penyebab kemandulan bukan hanya sekedar mitos atau omong kosong belaka. Kepercayaan tersebut sudah berkembang luas di masyarkat dengan benar tapi dengan pernyataan yang salah. Jika diteliti lagi, memang benar hal-hal tersebut bisa menyebabkan ketidaksuburan pada pria maupun wanita sehingga menyebabkan kemandulan. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi dan memakai alat yang bisa merusak kesehatan terutama bagian reproduksi.