Hubungan komunikasi antara orangtua dan anak akan selalu terjalin dalam keluarga. Komunikasi dalam keluarga merupakan bentuk pendidikan yang dilakukan oleh orangtua kepada anak.  Perlu disadari setiap apa yang dilakukan orang terhadap anaknya merupakan sebuah pentransferan ilmu dan akhlak. oleh karena itu orangtua harus menjaga sikap kepada anaknya dengan memberikan pendidikan yang baik bagi sang anak. Dalam perilkaku anak kita sering menjumpai suatu kesalahan yang dilakukan oleh anak. Namun kita sebagai orangtua juga lupa akan memberikan pendidikan kepada anak dalam memperbaiki perilaku yang salah. Atas itu perlu kita ketahui penyebab anak melakukan kesalahan.

1. Ketidak tahuan anak

5 penyebab kanker otak pada anak via http://merdeka.com

Dalam melakukan sesuatu anak terkadang salah bahkan sering melakukannya dengan salah. Jika kita mengetahui hal ini terjadi pada anak kita perlu memberikan suatu petunjuk dan pesan yang jelas kepada anak cara melakukannya. Selain itu perlu melatih anak untuk melakukannya dengan berulang-ulang.

2. Belum bisa melakukannya secara sempurna

after school activities via http://pedulianak.org

Anak sudah mengetahui cara melakukan, tetapi anak belum terlatih untuk melakukannya sehingga menyebabkan anak akan melakukan sesuatu secara tidak sempurna dan terlihat sesuatu yang salah oleh orangtua. Dalam hal ini kita perlu memberikan pelatihan secara intensf kepada anak agar anak dapat melakukannya dengan sempurna.

3. Perlawanan anak

Advertisement

Makan asupan tak sehat saat hamil via http://health.detik.com

Anak melakukan kesalahan karena sang anak tidak suka melakukannya. Ini menyebabkan anak akan memberontak dengan melakukan permintaan tersebut dengan sengaja salah. Kita dapat melihatnya melalui caranya mengerjakannya, misal sengaja menjatuhkan, melempar, dan menunjukkan rasa ketidak sukaannya. Dalam hal ini orangtua memberikan tindakan tegas kepada anak dengan memberikan peringatan serta jika diperlukan hukuman maka berilah hukuman yang mendidik.

Nah dalam hal ini sebagai orangtua harus mampu mengetahui penyebab anak dalam melakukan kesalahan, serta perlu memberikan pendidikan cara memperbaiki kesalahan yang dilakukan anak.

4. Tidak suka

Karakter anak adalah karakter keturunan via http://pendidikankarakter.com

Menyambung yang diatas. Anak melakukan kesalahan karena dia tidak suka melakukannya. Oleh karena itu, orangtua sebaiknya memberikan permintaan berdasakan kesukaan anak. Orangtua juga perlu mempertimbangkan situasi saat akan memberikan permintaan.

5. Ketakutan anak

Korban Kekerasan Ortu Berisiko Lakukan Ini Saat Dewasa via http://gayahidup.republika.co.id

Pada kondisi ini anak sama sekali tidak mau melakukan permintaan orangtuanya, karena disebabkan anak tersebut takut untuk melakukannya. Ketakutan anak bisa disebabkan karena adanya penglaman atau sebab lainnya. Disituasi ini anak tidak dipaksakan untuk melakukannya karena anak akan merasa ditekan oleh orangtua.