Dalam hidup ini tidak selamanya kita mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi terkadang kita banyak mengalami kondisi atau kejadian yang tidak kita inginkan atas kehendak Allah SWT, disaat inilah iman kita sedang diuji dan kesabaran kita sedang dipertanyakan, oleh sebab itu beberapa hal yang harus kita lakukan agar bisa tabah dalam menghadapi cobaan dan ujian yang terjadi.

1. Ikhlas

Ikhlas yang tertunda via http://mediacerita.com

Ikhlas adalah kata kunci pertama yang harus kita lakukan, dengan ikhlas berarti kita menerima keadaan atau kondisi yang terjadi saat ini. Memang bukan hal yang mudah untuk ikhlas alam menghadapi situasi seperti ini, tetapi tanpa sikap ikhlas kita di awal, maka kita akan sulit melangkah ke langkah berikutnya.

2. Sabar

9-jurus-sabar-ala-rasulullah-saw. via http://cobafahami.blogspot.co.id

Rasa sedih adalah perasaan yang sangat wajar kita rasakan di awal saat kita mengalami kondisi buruk yang tidak kita inginkan, tetapi sedih bekepanjangan tidak bisa membuat kita keluar dari permasalahan. Oleh karena itu langkah yang dapat kita lakukan berikutnya adalah sabar, karena proses penyelesaian bisa terjadi dalam waktu dekat atau dalam waktu yang berkepanjangan.

3. Tenang

Agar Tetap Tenang Di Tengah Kekacauan via http://www.marketing.co.id

Advertisement

Saat kondisi buruk telah terjadi banyak perasaan yang akan keluar seperti panik, marah atau emosi lainnya, tetapi langkah berikut yang harus kita lakukan adalah tenang, biarkan semua berproses dan terjadi serta kita cermati apa permasalahan sebenarnya. Dengan sikap tenang maka kita dapat berfikir jernih dan bisa melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda, dan menemukan solusi yang terbaik nantinya.

4. Mencari Jalan Keluar

Allah tidak akan menguji seseorang melebihi batasnya, jadi jika anda mengalami kondisi yang buruk tadi, maka yakinlah Allah yakin anda mampu untuk dapat menghadapinya, dan pada akhirnya semua permasalahan yang terjadi pasti ada jalan keluarnya. Di saat inilah anda harus berusaha sekuat tenaga untuk dapat berusaha mencari solusi dari permasalahan tersebut.

5. Berikhtiar

Jika semua hal tersebut sudah kita lakukan, ikhlas, sabar, tenang, menari jalan keluar tetapi anda masih belum mendapatkan hasil yang baik, maka anda harus berikhtiar. Dengan cara menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, menambah keimanan kita, dan selalu berfikir positif, bahwa Allah akan memberikan hikmah yang terbaik atas semua kejadian yang terjadi, karena semua kejadian yang terjadi atas kehendak – Nya.

Dan semua ujian, musibah dan kondisi buruk yang terjadi semoga dapat anda hadapi dan dipermudah segala penyelesaiannya.