Segala hal yang kamu gapai merupakan buah dari apa yang telah kamu perjuangkan, segala apa yang kamu miliki merupakan hasil dari niat, tekad, dan usahamu. Sekarang kamu berhak untuk merasakan apa yang kamu miliki dari hasil keringatmu, kamu memiliki mobil mewah dari hasil kerja kerasmu, rumah megah hasil dari perjuanganmu, harta melimpah hasil dari banting tulangmu, dengan mudah kamu bisa membeli apa yang kamu inginkan dengan uang hasil jerih payahmu.

Namun terkadang jenuh tak memanadang siapa kamu, tak memilih siapa yang akan dia hampiri, dia akan datang kepada siapapun yang dia kehendaki, dia akan menyapa setiap orang yang dia temui.

1. Ketika kamu mulai dilanda jenuh dengan segala urusan, pekerjaan, kegiatan yang sedang kamu jalani; ingatlah masa dimana kamu berjuang untuk mendapatkannya

Ingatkah kamu saat dimana trik matahari tak kau hiraukan, hujan badai tak kau pedulikan, rasa lapar, dan dahaga tak kau hiraukan? Masa dimana kamu berjuang demi mendapatkan apa yang kamu impikan, demi mendapatkan nilai yang baik di kampusmu, pekerjaan yang layak untuk hidupmu, kehormatan dalam sepanjang kariermu. Ingatlah itu semua disaat kamu mulai dilanda kejenuhan. Ingat semua waktu yang telah engkau habiskan demi semua yang kamu dambakan, yang kini telah kamu nikmati dan kamu banggakan. 

2. Ingat kembali saat kata “Maaf tidak ada lowongan kerja” menjadi hal yang menyulitkan

Pasti kamu tidak akan pernah lupa saat-saat kamu pergi pagi, pulang pagi untuk mencari pekerjaan, demi berlangsungnya hidup kamu di bumi ini, dan kata-kata "Maaf sedang tidak ada lowongan pekerjaan" menjadi makanan sehari-hari yang kamu temui disetiap kamu mengajukan lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Namun kamu tidak pernah putus asa untuk terus berusaha dan terus mencari, hingga akhirnya kamu menemukan kesempatan untuk bekerja ditempat yang sedang kamu jalani saat ini.

Sungguh sangat disayangkan, jika kamu mengeluh hanya karena salary yang kamu terima tidak sebanding dengan apa yang kamu harapkan, masih banyak orang yang ingin berada dalam posisimu saat ini, jika kamu syukuri tidak akan pernah kamu sesali apa yang telah kamu dapatkan. Saat kamu terjebak dalam kejenuhan, coba ingat-ingat kembali saat berjuang untuk duduk dikursi yang sedang kamu duduki saat ini, putar kembali pikiranmu kemasa sulit yang pernah kamu lalui untuk mendapatkan posisi yang kamu dapatkan saat ini.

3. Masihkah kamu ingat saat kamu mengikuti test untuk masuk bangku kuliah di Universitas yang kamu inginkan

Advertisement

Belajar depan laptop via http://miseluler.blogspot.com

Siang dan malam mungkin tidak ada bedanya untuk kamu yang sedang berjuang untuk mendapatkan kesempatan masuk di universitas dambaanmu, segala hal kamu lakukan hanya untuk diterima dan melanjutkan program study kamu.

Semua persyaratan yang  diminta kamu penuhi, segala peraturan yang ada kamu ikuti, demi mendapatkan nilai yang baik. Namun sangat disayangkan setelah kamu lolos dan diterima untuk masuk di univ yang kamu inginkan, kamu malas-malasan belajar, bolos kuliah, tidak pernah mengerjakan tugas, dan kamu hidup seenaknya. Seakan kamu lupa saat dimana kamu berjuang mati-matian hanya untuk bisa masuk kesana, namun setelah kamu dapatkan itu, kamu tidak menjalankannya sebagaimana kamu ingin mendapatkannya dulu.

Ingat hari dimana kamu tidak mengenal waktu untuk berusaha masuk ke universitas impianmu, ingat semua usaha yang telah kamu lakukan untuk itu semua.

4. Bersyukur akan membuatmu tergugah dari kejenuhan yang sedang kamu alami

Besyukur dengan apa yang kamu miliki via https://www.unsplash.com

Tidak ada obat yang lebih manjur untuk menyembuhkan kejenuhan, kecuali dengan bersyukur, bersyukur dengan apa yang kamu dapatkan saat ini, bersyukur atas nikmat yang begitu besar yang telah tuhan anugerahkan hanya untukmu, seorang hamba yang tak mengenal lelah untuk mencapai mimpinya.

Kejenuhanmu akan semakin mengental jika kamu tidak usir dengan rasa bersyukur, rasa bosanmu tidak akan sirna jika kamu tidak jalani semua kegiatanmu dengan hati yang tulus.

Coba tariklah nafasmu perlahan dan bangkitkan semangatmu dengan cara menoleh kepada orang-orang yang tak memiliki kedudukan lebih baik dari apa yang kamu dapatkan.

masih banyak orang  yang ingin duduk diposisimu saat ini, tetaplah bersyukur dan gugah jiwamu untuk selalu menerima apa yang kamu miliki. 

5. Hubungi orang yang paling dekat denganmu, yaitu Ibumu

do’a ibu via http://www.voovilo.com

Semandiri apapun kamu, tidak akan pernah bisa lepas dari orang tuamu, saat tidak ada lagi orang yang ingin mendengarkan keluh kesahmu. Coba curahkan kepada ibumu karena dia sangat merindukan hal itu darimu. Ungkapkan kejenuhan yang sedang melandamu.

Ingat kawan, setiap kali kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan, satu dari ribuan do'a ibumu terkabulkan, maka mintalah do'a darinya, agar hidup kamu akan menjadi lebih baik dari yang kamu harapkan.