Setiap hal yang besar itu tidak lepas dari hal-hal kecil, karena segala yang besar itu pasti diawali dengan hal-hal kecil. Begitu juga dengan impian untuk menjadi orang besar, akan selalu diawali dengan mimpi-mimpi, khayalan dan sesuatu yang imaginative. Kemudian timbulah action untuk mengawalinya langkah demi langkah sehingga tercapai mimpi-mimpi itu.

Hal yang terberat dan tersulit itu bukanlah soal indahnya bermimpi, but also lebih pada actionnya. Karena dalam mencapai sesuatu itu akan selalu membutuhkan kemauan yang keras, semangat yang sepeti baja, terutama materi, dan yang terpenting ialah ridho dari Allah. Karena segala sesuatu akan percuma jika kita sudah berusaha keras, persiapan ini itu tapi Allah tidak ridho.

1. Jangan Cuma usaha, Tapi Ikhtiar. Dekati Sang Pencipta.

Berdoalah, meskipun kamu tak kuat lagi, berdoalah meskipun mimpi-mimpi kamu ditentang. Allah memiliki segalanya, yakinlah ia akan mengabulkan setiap doa yang kamu panjatkan. So, jangan cuma berdoa tapi juga perbanyak sunah-sunahnya terutama tahajud dan sholat dhuha . Berusahalah ketika orang lain tak berusaha dan berdoalah ketika orang-orang terlelap. InsyaAllah your dream come thrue.

2. Ceritakan Apa Yang Hendak Kamu Capai Pada Keluarga

talking with your ily via http://www.gogirlmagz.com

Apapun mimpimu keluargamu berhak tau, karena ridho Allah itu tergantung pada ridho orang tua. Barangkali saja mereka dapat medukung mimpi-mimpi kamu secara moril dan materiil. So, terkadang ada kalanya juga mimpi-mimpi kamu justru malah ditentang oleh kedua orang tuamu.

Advertisement

Misalkan kamu pengen banget study abroad tahun ini tapi mereka tak mengizinkan dengan berbagai alasan yang mebuatmu down. Jadi sebelum kamu bercerita, kamu harus prepare saja mental kamu kalau bakalan ditentang.

So, tapi hal itu bisa diselesaikan dengan persiapan yang matang kok. Semua kan tergantung pada diri kamu sendiri.

3. Jangan Lupa Persiapkan Budget-nya

time is money via http://www.boombastis.com

Memang betul " segala sesuatu butuh uang" . Karena, apapun mimpi kamu, sekeras apapun kamu belajar dan berusaha kalau kamu belum ada persiapan dana yang cukup semua akan menjadi zonk.

Di era sekarang ini memang banyak sekali kisah inspiratif from zero to hero, tapi untuk mengawalai segala hal seorang zero pasti memikirkan budgeting.

So, jika mimpi anda ditentang sama family sehingga mereka ngga bisa bantu loe secara materi, elo bisa kerja dulu misalnya biar cukup buat study. Kalo enggak ikut aja kuis berhadiah, siapa tau bisa mendadak jutawan.

4. Study Anytime, Anywhere

Belajarlah, karena hidup itu tentang belajar dan mengajarkan. Jangan pernah berhenti belajar hingga tertutupnya usia. Jangan cepat puas dangan pencapaian-pencapaian kecil yang sebagian besar orang bisa meraih.

Misalnya jika kamu punya target buat study abroad tahun ini, ya dipersiapkan segera IELTS mu, TOEFL, perbanyak latihan soal & never get up.

5. Jadilah Lebih Unggul Dari Sainganmu

Belajarlah ketika yang lain masih tertidur, Bekerjalah ketika yang lain justru bermalas-malasan. Persiapkan dirimu ketika saingan mu justru sedang bermain-main dan bermimpilah ketika orang lain sedang berharap.