Nikah muda, sekarang sudah jadi trend di kalangan remaja-remaja Indonesia. Tapi, jangan buru-buru memutuskan untuk nikah muda karena lagi trend. Buat kamu para remaja cewek ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan puas-puasin sebelum memutuskan untuk menikah. Karena nikah itu nggak segampang yang kamu pikirkan

 

1. Membanggakan orang tua

Semua orang berhak membuat orangtuanya bangga

Semua orang berhak membuat orangtuanya bangga via http://www.sayangi.com

Kapan lagi kamu bisa buat bangga orang tuamu? Sekarang waktunya! Capai cita-cita tinggimu untuk membuat mereka senang dan bangga. Membuat mereka tak kecewa atas apa yang mereka perjuangkan selama ini untuk anaknya. Memang menikah juga bisa membuat orang tuamu senang dan bahagia, tapi itu tak seberapa di balik kebahagiaan anaknya menikah pasti mereka pun merasa sedih karena anak yang mereka cintai harus direlakan begitu saja kepada calon suamimu nanti.

Jadi kapan lagi kamu bisa memberikan waktu dan perjuangan terbaikmu untuk mereka? Mumpung mereka masih ada dan kamu masih mampu untuk membahagiakan beliau, gak ada salahnya kan? So, as soon as better

2. Traveling bareng temen

Utamakan gaya, meskipun badan udah lelah

Utamakan gaya, meskipun badan udah lelah via https://instagram.com

Enggak mau kan masa muda kamu hilang gitu aja tanpa ada kesan-kesan yang bisa diingat dan diceritakan? Nggak bakalan jadi cerita-cerita mengesankan buat anak dan suamimu nanti?

Sebelum kamu menikah, puas-puasin dulu cari pengalaman bareng teman-teman. Kenali sifat mereka satu sama lain, buat coretan-coretan berwarna dihidupmu! Karena belum tentu ketika kamu sudah menikah nanti, kamu bisa kumpul bareng sama mereka. Waktumu akan terbagi untuk suami dan anakmu kelak.

Indonesia itu luas, tapi tidak apa jika orangtuamu tidak mengijinkan kamu untuk menjelajah negeri kita ini. Yang pasti jangan berkecil hati dulu, siapa tahu ketika kamu sudah punya suami nanti kamu bisa travel bareng dia. Tapi seenggaknya kamu bisa travelling dalam kota saja. Jarak bukanlah prioritas, yang penting kamu dapat  "quality time" dan pengalaman baru bersama teman-temanmu.

3. Cari ilmu dan keterampilan sebanyak-banyaknya

Ilmu adalah sumber Kehidupan

Ilmu adalah sumber Kehidupan via http://2.bp.blogspot.com

Jadi ibu muda dengan berbagai kemampuan? Kenapa tidak? Sebelum menikah bekali dulu dirimu dengan berbagai macam keterampilan dan kepiawaian.

Jika anakmu nanti dapat tugas tata busana, ia tak perlu menanyakan dan meminta bantuan kepada orang lain karena ibunya pun bisa melakukannya. Ketika suamimu sedang bertugas di luar kota, ada atap yang bocor, apa kamu harus menunggu suamimu pulang untuk membenarkan atap yang bocor itu? Ketika musim hujan datang? Gak perlu repot-repot, tinggal nyuruh tukang.

Tapi jangan membiasakan diri untuk mengandalkan orang lain, karena belum tentu orang lain akan selalu ada untuk kamu. Banyak kursus-kursus yang bisa kamu ikuti ketika ada waktu senggang atau kamu bisa lihat beberapa video tutorial. Itung-itung kamu sedang menabung untuk masa depanmu dengan keluargamu nanti. Buat waktumu semaksimal mungkin untuk hal yang bermanfaat.

4. Bekali dirimu dengan pengetahuan agama yang cukup

Ibu adalah sumber ilmu bagi anaknya

Ibu adalah sumber ilmu bagi anaknya via https://irwanidris.files.wordpress.com

Saat menikah nanti, yang jadi imammu kelak adalah suamimu. Tapi tak berakhir disitu, kamu pun harus tahu banyak tentang agama. Karena nanti kamu bakal menghabiskan banyak waktu dengan anakmu, dan kamu yang akan mengajarkan mereka banyak hal termasuk agama. Bukan itu saja, kamu pun bisa bertukar ilmu bersama suamimu kelak.

5. Segera menabung dan investasikan uangmu

Segera tabung dan investasikan apa yang kamu miliki sekarang, untuk bekal nanti ketika kamu telah berkeluarga. Mulai belajar berhemat karena ketika sudah menikah nanti, kamu tak hanya mengurus kebutuhanmu dan uangmu, tapi kebutuhan dan uang keluargamu juga.