Seringkali kita berusaha keras untuk mendapatkan ide,namun sia-sia. Disaat yang tidak terduga, muncul sebuah ide yang sangat cemerlang bagi kita. Kemudian sambil melanjutkan aktivitas kita justru membiarkan ide itu lewat. Dan akhirnya saat ingin mengutarakan ide tersebut yang terjadi adalah KOSONG. Berikut kiat-kiat untuk menjaga ide tetap ada.

 

1. Muncul IDE? Langsung Tulis !!

Seringkali kita menunda-nunda untuk menuliskan ide dan akibatnya seperti pada paragraf pembuka tersebut, yakni lupa. Otak manusia memiliki kemampuan mengingat terbatas, apalagi terhadap hal-hal yang hanya sekedar lewat seperti ide. 

Biasakan mencatat ide tersebut baik di gadget, buku agenda, ataupun hanya secarik kertas kecil.

2. Ide akan muncul disaat keadaan rileks

Seringkali saat membutuhkan ide, kita memaksa otak untuk mencari ide. Memang ada ide yang muncul, namun tidak banyak. Tetapi bandingkan saat kita sedang duduk manis sambil menyeduh kopi atau teh. Tiba-tiba banyak ide yang muncul di benak. Isaac Newton menemukan gaya gravitasi saat sedang duduk di bawah pohon. Archimedes menemukan hukum Archimedes saat sedang mandi. 

Lebih enak mendapatkan ide saat sedang rileks bukan?

3. Banyak bertukar pikiran dengan orang lain

Pernahkah kita sedang berbicara dengan orang lain, tiba-tiba muncul ide dari pembicaraan tersebut? 

Ide bisa muncul karena suatu umpan kecil. Saat lawan bicara mengutarakan sebuah kalimat, bisa saja kalimat tersebut menjadi ide dalam benak kita. Apalagi bila lawan bicara kita merupakan seseorang yang berpikiran luas dan kreatif. Dijamin bakal banyak ide muncul disana.

4. Banyaklah membaca buku karangan orang yang sukses

Membaca Buku

Membaca Buku via http://www.alphanista.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca buku sangat banyak manfaatnya. Selain menambah ilmu, bisa juga mendapatkan ide dan inspirasi dari buku tersebut. apalagi bila penulis dari buku tersebut merupakan orang-orang yang sukses. Bakal banyak manfaatnya apabila kita sering membaca buku. Ide-ide yang muncul pun akan lebih berkualitas, karena sudah ada tambahan ilmu dari buku yang sudah pernah dibaca.

5. Jangan lupa untuk selalu andalkan Tuhan

Seringkali dalam hal berpikir manusia hanya mengandalkan dirinya sendiri. Tetapi lupa bahwa dirinya memiliki Tuhan Yang Maha Esa. Selalu memohon pencerahan agar banyak ide yang mampir ke dalam kehidupan kita, supaya nantinya kita dapat memberi manfaat bagi sekitar kita nantinya.