Tidak diragukan lagi kalau Indonesia terkenal dengan kelezatan kopi dan ada banyak jenis kopi berkualitas yang dapat ditemui di Indonesia. Selain kopi Luwak yang sudah cukup dikenal tidak hanya di Indonesia tapi juga di Negara Negara lain seperti Amerika Serikat dan Inggris. Berikut adalah beberapa daftar kopi-kopi terbaik di Indonesia dan layak untuk anda coba.

 

1. Kopi Lanang

kopi lanang

kopi lanang via https://www.google.co.id

Kopi Lanang : Didaftar pertama kita punya kopi Lanang, salah satu kopi terbaik di Indonesia yang diproduksi di jawa. Seperti namanya Lanang yang berarti pria, kopi ini memang ditujukan bagi kaum laki laki. Kopi ini berasal dari biji tunggal atau biasa disebut Peaberry yang konon berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas kaum pria.

2. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani : Jenis kopi lain yang juga layak untuk dicoba adalah kopi kintamani. Seperti namanya, kopi kintamani berasal dari Bali dan terkenal dengan cita rasanya yang khas, lembut dan manis. Berbeda dengan jenis kopi lain, kopi Kintamani ini diproduksi dengan menggunakan system subak. Selain system pembuatannya yang cukup unik, kopi kintamani ini juga telah mendapat sertifikasi dari CIRAD.

3. Kopi Wamena

kopi wamena

kopi wamena via https://www.google.co.id

Kopi Wamena: Jenis kopi lain yang juga perlu anda coba adalah kopi Wamena. Salah satu jenis kopi yang paling terkenal selain kopi luwak, ada beberapa alasan mengapa kopi Wamena layak untuk mendapat predikat sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Dilihat dari segi pengolahan, proses produksi kopi Wamena boleh dibilang masih sangat tradisional dan alami tanpa mengesampingkan kualitas sehingga menghasilkan kopi dengan aroma yang khas dan cita rasa terbaik.

4. Kopi Arang

Kopi Arang : Dipulai Jawa, kita punya kopi Arang, kopi yang diproduksi di daerah jember. Dikenal sebagai salah satu kopi terbaik di Pulau Jawa dan melalui proses yang sangat unik dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Berbicara soal proses, kopi Arang diproduksi dengan digosongkan terlebih dahulu. Soal aroma, kopi Arang ini sedikit memiliki bau cabe ketika diseduh dengan air panas.

5. Kopi Toraja

kopi toraja

kopi toraja via https://www.google.co.id

Kopi Toraja : Di pulai Sumatera, kita punya Kopi toraja kopi yang terkenal dengan kelezatan dan cita rasa yang luar biasa unik. Kopi Toraja sendiri ternyata dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kopi Toraja Robusta dan Kopi Toraja Arabika. Kedua jenis ini memiliki kandungan asam yang cukup rendah. Yang membedakan dari kedua jenis kopi Toraja ini adalah kandungan kafein yang terkandung.  Jika anda belum pernah mencoba kopi Toraja maka ini bisa menjadi kesempatan terbaik untuk mencoba cita rasa yang khas. Berbeda dengan kopi jenis lainnya, Kopi Toraja ini tidak meninggalkan rasa pahit, sensasi rasa pahit langsung hilang seketika ketika diminum pertama kali.

6. Kopi Sindikalang

kopi sindikalang

kopi sindikalang via https://www.google.co.id

Kopi Sidikalang : Selain kopi Toraja, kita masih punya kopi Sidikalang, salah satu kopi yang juga terkenal di pulau Sumatera. Ditanam di daerah datarang tinggi sehingga menghasilkan biji kopi berkualitas. Cita rasanya yang khas ini disebabkan karena lokasi penanaman yang berada di daerah dataran tinggi vulkanis.